Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Rilis Laporan Keuangan Grup ASTRA, Mana yang Paling Cuan?

11 Mei 2022, 13:30 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
astra internasional

Saham ASII atau PT Astra International Tbk. (ASII) memiliki lini bisnis yang beragam. Lini bisnis yang dimilikinya mulai dari otomotif , keuangan, pertambangan, agribisnis, infrastruktur, teknologi, sampai properti.


Nah, dari berbagai macam bisnis Grup Astra itu, mana yang berkontribusi paling besar ke laba ASII?

unit usaha astra

    source: Astra International

 

Astra Internasional Tbk(ASII)

Pergerakan saham ASII sedang menanjak sepanjang tahun ini. Sampai 9 Mei 2022, harga saham ASII sudah naik 26,2%. Kinerja itu membuat ASII menjadi saham ke-9 di LQ45 dengan kenaikan harga saham paling tinggi. 

Salah satu pendorong saham ASII adalah aksi akumulasi investor asing yang mencatatkan net buy senilai Rp3,9 triliun. 

kinerja asii kuartal 1 2022

Secara kinerja, ASII sebagaiinduk usaha dari seluruh konglomerasi, berhasil membukukan kinerja yang cukupmemuaskan sepanjang kuartal I/2022 dengan laba bersih sebesar Rp 6,9 triliun, naik 31,4% dibandingkan kuartal sebelumnya. Hal ini didukung oleh pendapatanyang naik 8,8% terutama dari segmen otomotif dan alat berat & tambang yangmasing-masing naik 25% dan 75%.

BACA JUGA: Apa Itu Siklus Ekonomi yang Disebut Menyebabkan Rotasi Sektoral di Pasar Saham?

Selain itu, bagi hasil dariventura bersama yang naik 28,8% dibanding kuartal I 2021 menjadi Rp 1,2 triliunjuga turut mendorong kinerjanya.

Secara umum, kinerja ASII masihberpotensi membaik di tahun ini dengan momentum dari tingginya harga komoditasserta insentif PPnBM hingga kuartal 3 tahun ini. Meskipun terdapat risikoberupa kelangkaan semi konduktor mobil serta kenaikan suku bunga.

Analisis Teknikal ASII

Klikdisini


Astra Otoparts Tbk(AUTO)

AUTO merupakan segmen bisnisAstra yang berfokus pada produksi dan perdagangan komponen otomotif roda 2 dan4 membukukan performa harga saham yang relatif flat dengan naik 0,46%.

kinerja AUTO kuratal 1 2022

Sejalan dengan kinerja segmenotomotif dari ASII, AUTO berhasil meningkatkan laba bersihnya sebesar 36%dibanding kuartal sebelumnya menjadi Rp225 miliar. Dimana pendapatan yangtumbuh 11,4% menjadi Rp4,6 triliun meskipun terdapat peningkatan beban operasionalsebesar 16%.

Kami menilai performa AUTO masihcenderung positif tahun ini sejalan dengan industri otomotif roda empat di Indonesia yangdiperkirakan tumbuh 1,4%.

Sedangkan, di kuartal 2tahun ini kami menilai ada dorongan positif dari kecenderungan konsumen untukmereparasi rutin kendaraan sebelum mudik lebaran. Meski demikian potensipenjualan mobil yang melemah ditengah tren kenaikan suku bunga di AS dan potensimobilitas yang kembali dibatasi menjadi risiko kinerja AUTO kedepan.

Analisis Teknikal AUTO

Klikdisini

 

United Tractor Tbk(UNTR)

Sejalan dengan sektor yangberkaitan dengan komoditas, performa harga saham UNTR tercatat naik sebesar 38,02%dari awal tahun hingga penutupan 10 Mei 2022. Bersamaan dengan kenaikan tersebutinvestor asing melakukan net buy senilai Rp 1,94 triliun. Dimana UNTR menjadisaham tercuan diantara saham Astra Grup dan tercuan ke-5 di indeks LQ45. 

kinerja untr kuartal 1 2022

Sejalan dengan performa hargasahamnya, UNTR mencatatkan laba bersih yang spektakuler menjadi Rp 4,3 triliun,naik 76% dibanding kuartal IV/2021 dan naik 131% dibanding kuartal I/2021.

Kinerja yang positif tersebutmenggambarkan penjualan alat berat UNTR yang naik 146% menjadi 1.694 unitsejalan dengan aktivitas pertambangan dan konstruksi yang melanjutkanpertumbuhannya di 2021. 

Ditambah, harga batu bara dan emas yang meningkatmendorong pertumbuhan pendapatan meskipun volume penjualan turun sekitar 20%dibanding kuartal yang sama tahun 2021.

Di sisi lain terdapat risikoberupa fluktuasi harga komoditas dan rendahnya belanja modal alat beratperusahaan tambang, konstruksi, dan forestry yang bisa memengaruhi kinerja UNTR.

Analisis Teknikal UNTR

Klikdisini

 

Astra Agro Lestari Tbk(AALI)

Saham AALI menjadi salah satu saham Astra Grup yang menanjak setelah mencatatkan kenaikan harga sebesar 27,85% sepanjang 2022. Investor asing mencatatkan aksi net buy saham AALI sepanjang tahun ini senilai Rp790 miliar.

kinerja aali kuratal 1 2022

Momentum naiknya harga CPO globalsebesar 21,5% di kuartal I/2022 mendorong pendapatan AALI naik 4,3% dibandingkuartal sebelumnya menjadi Rp 6,6 triliun. Meski demikian, laba bersih secarakuartalan turun 3,6% menjadi Rp 484 miliar.

Kami menilai penurunan laba bersih AALI disebabkan oleh kenaikan harga pupuk, serta kebijakan pembelian tandan buah segar (TBS) berdasarkan harga yang sudah diatur. Hal itu terlihat dari kenaikan biaya harga pokok penjualan sebesar 36,2% menjadi Rp5,6 triliun.

AALI masih menghadapi situasiyang cukup menantang kedepan karena adanya larangan ekspor CPO dari pemerintah sertaharga pupuk yang tinggi dapat menekan kinerja AALI.

Analisis Teknikal AALI

Klik disini

 

Astra Graphia Tbk(ASGR)

ASGR merupakan unit bisnis Astra yang bergerak pada bidang teknologiinformasi yang fokus pada bisnis printing dan digital services. Sepanjang 2022 sampai 10 Mei 2022, harga saham ASGR meningkat 12,4%. Namun, investor asing justru melakukan net sell senilai Rp373 miliar.

kinerja asgr kuratal 1 2022


Secara kinerja, pendapatan ASGR cenderung stagnan di level Rp618 miliar dibandingkan dengan kuartal I/2021. Secara kuartalan, pendapatan ASGR turun 53% dibandingkan dengan kuartal IV/2021. Namun, kinerja saham ASGR ini memang cenderung impulsif di setiap kuartal keempat.

Hal tersebut juga tercermin padalaba bersih perusahaan yang mengalami penurunan hampir 69% jika membandingkan kuartal I/2022 dengan kuartal IV/2021.

Secara tahunan, laba ASGR tumbuh atraktif sebesar 1.029% menjadi Rp1,4 miliar dibandingkan dengan kuartal I/2021. Hal itu didorong oleh penurunan beban administrasi dan tambahan pendapatan keuangan. 

Analisis Teknikal ASGR

Klikdisini

 

Ascet Indonusa Tbk(ACST)

Berbeda dengan unit bisnis AstraGroup lain yang mencatatkan kenaikan haga saham. Saham ACST justru mencatatkan penurunan harga saham sepanjang 2022. Sampai penutupan 10 Mei 2022, harga saham ACST sudah turun 19,05%. Hal ini sejalan dengan performa saham industrikonstruksi yang secara rata-rata turun 17,2% sepanjang periode tersebut.

kinerja ASCT kuratal 1 2022

Performa saham yang negatif tersebut juga menggambarkankinerja keuangan ACST yang masih merugi senilai Rp25 miliar. Dari segi pendapatan yang masih melemah sebesar 30% secarakuartalan dan 24% secara tahunan menjadi Rp290 miliar.

Kami nilai kinerja ACST itu disebabkan aktivitas konstruksi yang belumsepenuhnya pulih, masih 64% di bawah level sebelum Covid-19 serta meningkatnyabeban penjualan hingga 17 kali lipat menjadi Rp9,4 triliun.

Meski demikian segmen infrastruktur dan logistik hanyamenyumbang 2,5% dari total pendapatan ASII sepanjang kuartal I/2022.

Analisis Teknikal ACST

Klikdisini

Lalu, bagaimana strategi trading saham grup Astra? yuk upgrade ke VIP member Emtrade untuk dapat update signal trading real-time beserta strategi jual-belinya

Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.


emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.

 





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Update Data Makro: Inflasi AS & China dan IKK Indonesia, Apa Implikasinya?

13 Mar 2024, 15:55 WIB
article
ArtikelInsight

Keluar dari MSCI, Indeks FTSE Siap Tampung CUAN

19 Feb 2024, 14:10 WIB
article
ArtikelInsight

Kembangkan Bisnis FTTH, ISAT Akuisisi Pelanggan MNC Play

21 Nov 2023, 12:01 WIB
article
ArtikelInsight

Adu Kinerja Marketing Sales Emiten Properti di Kuartal III/2023, Siapa Juaranya?

24 Okt 2023, 17:14 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi