Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconTeknikal

3 Tanda Saham yang Akan Naik ke Fase Partisipasi

26 Apr 2022, 16:02 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
tanda saham yang akan naik

Jika sebelumnya tanda-tanda fase akumulasi sudah dibahas, artikel ini akan mengulas tanda saham yang akan naik ke fase partisipasi. Fase partisipasi yang disebut sebagai fase bullish continuation menunjukkan bahwa harga saham akan terus bergerak naik dan mengonfirmasi adanya uptrend. Hal ini tentu menjadi sinyal positif bagi trader maupun investor retail karena profit yang didapat menjadi lebih besar.

Supaya lebih paham, simak dulu penjelasan tentang siklus harga saham di bawah ini, ya!

Memahami Siklus Harga Saham

tanda saham yang akan naik

Berdasarkan urutannya, siklus harga saham terdiri dari fase akumulasi (stage 1), fase partisipasi (stage 2), fase distribusi (stage 3), dan fase kapitulasi (stage 4). Siklus tersebut akan terus berulang. Jadi dapat disimpulkan bahwa fase partisipasi atau uptrend merupakan siklus kedua yang akan muncul setelah saham mengalami sideways panjang pada fase akumulasi.

Ketika fase ini baru dimulai, pelaku pasar banyak yang cenderung skeptis karena kenaikan harga belum terlalu kuat dan masih tertahan oleh resisten sebelumnya. Namun seiring berjalannya waktu, saham menandakan penguatan dan psikologi pasar mulai berubah menjadi optimis. Aksi pembelian yang impulsif dari para retail kemudian mendorong harga saham naik ke atas.

Baca juga: 4 Siklus Pasar Saham: Akumulasi, Partisipasi, Distribusi, dan Kapitulasi

Apa Saja Tanda Saham yang Akan Naik?

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Breakout dari Sideways

Untuk bisa lanjut ke fase partisipasi, harga saham yang sebelumnya berada di fase akumulasi atau sideways harus ter-breakout terlebih dahulu dengan konfirmasi volume tinggi. Breakout terjadi ketika harga menembus area resisten atau atap harga yang berfungsi sebagai penahan agar saham tidak naik terlalu tinggi. 

Namun apabila berhasil tertembus, maka indikasinya harga saham akan lanjut naik. Maka dari itu seringkali breakout menjadi pertanda positif sekaligus sinyal untuk melakukan pembelian (buy on breakout).

tanda saham yang akan naik

Contoh gambar di atas menunjukkan adanya breakout dengan volume transaksi yang jauh lebih besar dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Baca juga: Indikator Oscillator: Pengertian dan Tips Trading Menggunakan Oscillator

  • Muncul Higher High dan Higher Low

Munculnya higher high dan higher low merupakan tanda saham yang akan naik selanjutnya. Jika setelah breakout higher high dan higher low terbentuk, ini menandakan bahwa harga saham benar-benar akan melanjutkan penguatan di mana false breakout (harga kembali turun) sudah tidak akan terjadi.

Apa itu higher high dan higher low? Higher high adalah titik puncak yang lebih tinggi dibandingkan titik puncak sebelumnya. Sedangkan higher low adalah jurang yang lebih tinggi dibandingkan jurang sebelumnya.

tanda saham yang akan naik

Saham di atas membentuk higher high dan higher low yang lambat laun akan tampak seperti anak tangga atau bullish continuation pattern. Apa saja pola chart yang akan terbentuk selama  fase partisipasi?

Baca juga: Cara Mengetahui False Breakout Pattern Pada Saham

  • Membentuk Pola Bullish Continuation

Terakhir, tanda saham yang akan naik ke fase partisipasi adalah chart pattern yang membentuk pola bullish continuation. Beberapa contoh polanya, yaitu bullish pennant, bullish flag, base on base, ascending scallop, channeling up, rectangle, ascending triangle, cup and handle, dan symmetrical triangle.

tanda saham yang akan naik

Baca lebih lengkap tentang cara identifikasi dan target harga dari bullish continuation pattern di artikel berikut ini.

Baca juga: Bullish Continuation Pattern: Apa dan Bagaimana Cara Identifikasinya?

Setelah mengetahui tanda saham yang akan naik ke fase partisipasi, kira-kira saham potensial apa ya yang menunjukkan ciri-ciri ini? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade.

Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelTeknikal

Strategi Trading Saham Saat Market Sideways

14 Jan 2023, 13:30 WIB
article
ArtikelTeknikal

Ciri-Ciri Saham yang Menarik untuk Trading Saat Market Turun

10 Jan 2023, 15:32 WIB
article
ArtikelTeknikal

Setting Moving Average Terbaik yang Wajib Kamu Tahu

2 Des 2022, 17:05 WIB
article
ArtikelTeknikal

Cara Kerja Big Fund Saat Jual-Beli di Pasar Saham

9 Nov 2022, 15:37 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2023, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi