Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconPemula

Apa itu Volume Saham dan Mengapa Penting Diperhatikan Trader?

18 Apr 2022, 16:40 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
apa itu volume saham

Apa itu volume saham? Mungkin ini menjadi salah satu pertanyaan yang paling sering dilontarkan oleh trader maupun investor pemula. Istilah ini biasanya ditemukan di dalam analisis saham maupun artikel market update dari media massa.  

Jika kamu tertarik untuk memperoleh keuntungan di pasar saham, penting untuk mempelajari volume saham supaya bisa mendeteksi “tekanan” yang terjadi. Nah, dari sini, kamu dapat membaca kondisi atau psikologi pasar yang nantinya dijadikan pertimbangan dalam melakukan jual dan beli. Untuk lebih lengkapnya, mari simak pembahasan berikut ini.

Apa itu Volume Saham?

Volume saham adalah jumlah saham yang diperdagangkan selama periode waktu tertentu. Sehingga besarnya permintaan dan penawaran akan tercermin melalui volume. Ketika penawaran lebih besar dibandingkan permintaan, harga saham akan cenderung turun. Sebaliknya, ketika permintaan lebih besar dibandingkan penawaran, maka harga saham akan cenderung naik.

Baca juga: Cara Cek Saham Syariah, Ketahui Langkah-Langkahnya di Sini!

Cara Baca Volume Saham

apa itu volume saham

Setelah memahami apa itu volume saham, pelajari pula cara bacanya. Biasanya volume saham terletak di bawah chart harga yang disebut dengan volume bar. Cara bacanya dilakukan dengan membandingkan volume perdagangan pada hari-hari sebelumnya. Bar berukuran tinggi menandakan aktivitas perdagangan sedang ramai. Namun jika kecil, artinya pasar sedang sepi karena jarang yang minat untuk melakukan transaksi. Atau bisa juga pakai indikator MA 20 di mana volume dikatakan besar kalau lebih tinggi daripada garis MA20.

Baca juga: 3 Mindset Trading Saham Agar Profit Lebih Maksimal

Fungsi Mencermati Volume Saham

apa itu volume saham

1.       Mengonfirmasi kekuatan pergerakan

Sebelumnya sudah disebutkan juga bahwa volume yang tinggi atau besar menunjukkan aktivitas pasar yang sedang ramai dan sebaliknya. Untuk itu trader dapat memastikan kekuatan pergerakan harga dengan melihat volumenya. Apabila harga turun disertai volume besar, itu artinya penurunannya cukup kuat. Di sisi lain kenaikan harga yang disertai volume besar menunjukkan adanya kenaikan yang kuat.

Sementara itu fluktuasi harga dengan volume kecil menandakan pergerakan yang terjadi masih lemah. Jadi kalau mau ambil keputusan trading, masih harus dipantau dan dianalisis lebih lanjut.

2.       Mengonfirmasi breakout

Fungsi yang kedua adalah mengonfirmasi saat terjadi breakout pada harga saham. Breakout merupakan kondisi ketika harganya menembus garis resisten. Biasanya breakout memberikan sinyal positif karena harga berpotensi akan lanjut bergerak naik.

Walaupun begitu trader tetap harus mengecek adanya konfirmasi dari volume saham. Idealnya breakout disertai tingkat transaksi yang tinggi untuk mengonfirmasi bahwa harga saham memang betul akan lanjut naik. Kalau ternyata volumenya kecil, bisa jadi false breakout, di mana harga saham kembali turun.

3.       Mengonfirmasi kekuatan tren

Kekuatan tren di sini biasanya berkaitan dengan istilah konvergen dan divergen. Volume yang meninggi mengindikasikan kelanjutan tren. Misalnya, harga naik disertai volume yang terus naik, maka ada potensi harga saham bakal terus naik (melanjutkan tren). Ketika volume dan harga bergerak dalam satu arah, inilah yang disebut konvergen.

Namun apabila pergerakannya berlawanan arah, maka disebut divergen. Sebagai contoh, harga naik, volume turun atau harga turun, volume naik. Jika hal ini terjadi, indikasinya harga saham berpotensi mengalami pembalikan arah. Dari naik menjadi turun dan sebaliknya.

Untuk baca lebih lengkap seputar analisis harga dan volume, kalian bisa baca artikel premium di bawah ini.

Baca juga: Price & Volume

Selain memahami apa itu volume saham, penting juga untuk mempelajari analisis teknikal secara menyeluruh. Mulai dari siklus, tren harga, support dan resisten, chart pattern, hingga candlestick. Semuanya bisa kamu dapatkan dengan upgrade menjadi VIP member Emtrade.

Nantinya kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.




Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi