Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Ramadhan Stock: PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO)

7 Apr 2022, 23:53 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Saham ADRO

Ramadhan Stock Syariah Review Bulan Suci Ramadhan telah tiba. Untuk menyambut Ramadhan Emtrade akan mengulas 30 saham yang merupakan saham syariah dan tergabung dengan Jakarta Islamic Index (JII). Mengenai saham syariah sendiri diulas di artikel terpisah yang bisa kamu baca di bawah sini:

Baca: Investasi Saham Syariah, Begini Pengertian dan Cara Cari Sahamnya

Saham pertama yang akan diulas adalah PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO).

Siapa ADRO?

ADRO IPO pada 16 Juli 2008 dan menjadi yang terbesar hingga 2021. Serapan dana Rp 12,25 triliun.

ADRO adalah perusahaan pertambangan dan energi dengan delapan pilar bisnis yang dibangun. Segmen bisnis ADRO saling terhubung dan membangun rantai bisnis dari pertambangan - logistik - hingga pembangkit listrik

Bisnis ADRO didominasi oleh pertambangan batu bara dengan kontribusi pendapatan 96% pada 2021.

Pertambangan dan perdagangan batu bara jadi sumber pendaptan terbesar ADRO. Kontribusi 96%.

Diikuti oleh jasa tambang (17%) dan logistik (8%). Lainnya ADRO bergerak di bidang pembangkit listrik yang merupakan bisnis utama selain tiga di atas.

Selain itu, ADRO juga memiliki 4 pilar bisnis lainnya yaitu bidang aset pertanahan dan infrastruktur, pengolahan air minum dan distribusi, investasi dan permodalan, dan CSR.

sumber pendapatan saham ADRO

Batu Masih Membara, Optimis ADRO Panen Laba

Pergerakan harga batu bara dunia

Harga batu bara dunia meningkat lebih dari 70% sepanjang tahun 2022 karena adanya gap antara permintaan dan penawaran. Ditambah dengan sanksi yang diterima Rusia, salah satu pemasok utama batu bara dunia, membuat pasokan dikhawatirkan kian ketat sehingga membuat harga batu bara melesat.

Padahal, permintaan batu bara dunia yang diproyeksi masih akan tinggi. Setidaknya hingga tahun 2024. Pada saat itu, permintaan batu bara global diprediksi mencapai 8 miliar ton, memecahkan rekor 2013.

Begitu juga dengan kebutuhan batu bara untuk listrik akan meningkat didorong permintaan dari Asia karena pemulihan ekonomi.

konsumsi batu bara dunia

Kami cukup optimis bahwa kinerja pendapatan ADRO pada tahun 2022 dapat bertumbuh. Harga jual rata-rata (ASP) yang masih akan berpotensi tumbuh dari harga batubara global yang naik di kuartal I-2022. Ditambah target produksi batubara manajemen sebesar 58-60 juta ton pada 2022. Angka itu naik 12% dibandingkan dengan 2021..

Selain itu, ADRO pun akan diuntungkan dari pangsa pasarnya di Asia dan produknya yang banyak digunakan untuk pembangkit listrik. Hal ini akan mendorong volume penjualan batu bara ADRO.

ADRO banyak menjual batu baranya ke luar negeri dibanding dijual untuk pasar Indonesia. Perbandingannya 78% untuk pasar ekspor dan 22% untuk pasar domestik. China jadi pangsa pasar ekspor terbesar ADRO dengan posri 22% dari total penjualan batu bara.

Disusul Malaysia dan India dengan porsi 14% dan 10%. Kemudian Jepang dan Korea masing-masing memiliki kontribusi 9% dan 5% dari total penjualan batu bara ADRO.

Batu bara yang di jual ADRO 90%-nya digunakan untuk pembangkit listrik. Sementara sisanya untuk kebutuhan industri seperti semen, pulp and paper, dan lainnya.

ADRO pun akan diuntungkan dari pangsa pasarnya di Asia dan produknya yang banyak digunakan untuk pembangkit listrik. Hal ini akan mendorong volume penjualan batu bara ADRO.

Para produsen batu bara dunia


Ulasan Kinerja Singkat 2021 Vs 2020 Vs 2022F



Pos20212020%
PendapatanUS$3,99 jutaUS$2,53 juta57,7%
Laba kotorUS$1,77 jutaUS$577.000+296,8%
Laba bersihUS$934.000US$147.000+535,4$
Volume Jual51,58 juta ton
-3%
Volume Bersih52,7 juta ton
-5%


Kinerja ADRO tahun 2022 kami nilai masih berpotensi melanjutkan pertumbuhannya dengan konsensus yang memperkirakan pendapatan dan laba bersih meningkat 16,9% dan 12,8% YoY.

Selain itu inisiatif diversifikasi bisnis ke industri metal juga menjadi poin yang diperhatikan perkembangannya, mengingat potensi pasar dan posisi Indonesia yang memiliki keunggulan kompetitif yang cukup menarik.

Secara valuasi, saat ini ADRO diperdagangkan pada valuasi yang cukup terdiskon di 6,3x P/E (vs rata-rata P/E 5 tahun di 7,9x serta rata-rata industri di 5,7x).

Meski demikian, terdapat beberapa risiko yang perlu diperhatikan oleh investor, yaitu 1) fluktuasi harga batubara yang lebih rendah dibanding perkiraan, 2) kenaikan royalti ekspor batubara, 3) inisiatif diversifikasi yang membutuhkan waktu lebih lama.


Mau tau valuasi dan rekomendasi untuk saham ADRO? 

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, cryptoclass, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-FR-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.






Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi