Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconTeknikal

Sell on Strength Artinya: Strategi Jual yang Wajib Diketahui Swing Trader

31 Mar 2022, 16:26 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Seringkali trader mengeluh soal sahamnya yang turun setelah dibeli dan naik setelah dijual. Alih-alih jadi untung, yang ada malah harus menanggung kerugian. Bahkan nggak jarang trader memilih untuk mundur dari pasar saham dalam keadaan merugi karena sudah merasa kapok.

Ini alasannya mengapa FOMO sudah seharusnya dihindari oleh para pelaku pasar. Pasalnya kalau sudah terjebak FOMO, bisa jadi keputusan yang dibuat menjadi kurang rasional dan objektif. Alhasil sahamnya dijual dan dibeli di level manapun tanpa pertimbangan teknikal terlebih dahulu. Nah, ini jadi salah satu kesalahan yang kerap dilakukan trader.

Dalam melakukan penjualan saham, sell on strength artinya sangat penting bagi swing trader. Strategi ini menentukan level yang ideal untuk menjual suatu saham. Sehingga trader hanya akan take profit apabila saham yang dibeli sudah menunjukkan tanda-tanda penurunan.

Sell on Strength Artinya bagi Trader

Apa itu sell on strength? Sell on strength artinya adalah strategi menjual saham atau profit taking yang dilakukan ketika harga saham mengalami kenaikan dan mulai tertahan oleh resisten.

Seperti yang kita tahu, resisten mengacu pada level psikologis harga yang akan menahan supaya harga saham nggak naik terlalu tinggi. Dengan demikian saham yang mendekati resisten berpotensi berbalik arah menuju penurunan karena kenaikannya sudah tertahan resisten.

Maka dari itu trader harus tentukan dulu level resistennya sebelum mulai trading saham, terlepas dari apa pun strategi yang digunakan. Bagaimana cara mengetahui level resisten dan support? Tonton tutorialnya di link berikut ini

Baca juga: Case Study Cara Menentukan Support dan Resisten Sebelum Trading AKRA 10 Feb 2022

Penerapan sell on strength sangat bermanfaat untuk mengamankan profit yang didapat apabila ternyata harganya tertahan di area resisten dan mengalami penurunan. Namun kekurangan dari strategi ini adalah kemungkinan trader yang hilang barang jika harga saham melanjutkan penguatan.

Baca juga: Gap dalam Chart Saham: Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Contoh Sell on Strength

Setelah memahami tentang apa itu sell on strength, sekarang mari kita bahas cara menerapkan strateginya. Nah, karena sell on strength dieksekusi ketika harga mulai menyentuh area resisten, maka cermati dulu pergerakannya. 

Pertama-tama, gambar garis resisten di-chart supaya area jualnya menjadi lebih jelas terbaca. Jika harga mulai mendekati resisten, trader bisa bersiap untuk melakukan sell on strength. Perhatikan contoh chart di bawah ini.

sell on strength artinya

Pada contoh saham di atas, sell on strength dilakukan ketika harga menyentuh resisten 7750. Walaupun masih membentuk candle doji yang menunjukkan tanda ketidakpastian, namun area tersebut merupakan resisten yang menjadi area rawan profit taking. Sehingga berpotensi terjadi penurunan.

Baca juga: 4 Trik Melihat perubahan Tren Melalui Candlestick

Yang Perlu Dilakukan Sebelum Sell on Strength

Sell on strength artinya menjual saham di resisten. Sedangkan strategi membeli saham saat turun dan memantul dari area support biasa disebut dengan istilah buy on weakness. Dalam swing trading, support dinilai sebagai level best price untuk melakukan pembelian Alasannya karena harga saham berpotensi kembali memantul ke atas saat menyentuh area tersebut, sehingga akan ada banyak upside untuk meraup profit. 

sell on strength artinya

Bisa dilihat dari contoh gambar di atas bahwa harga saham mengalami penurunan. Selang beberapa waktu harganya memantul dari support dan muncul candle bullish hijau. Kondisi ini dapat dimanfaatkan trader untuk melakukan buy on weakness.

Baca juga: Perbedaan Strategi Buy on Weakness dan Retracement

Setelah baca penjelasannya, kalian jadi lebih paham kan tentang seberapa penting sell on strength artinya bagi swing trader? Ini jadi salah satu strategi yang wajib dipertimbangkan kalau kamu menggunakan swing trading. Mau belajar lebih banyak tentang swing trading? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade.

Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi