Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconPemula

Mau Beli Saham IPO? Ketahui Hal-Hal ini Dulu!

16 Mar 2022, 16:15 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Masih dalam suasana menyambut startup raksasa GoTo di BEI, ada baiknya investor yang tertarik untuk beli saham IPO mempelajari beberapa hal terlebih dahulu terkait sistem pemesanan sahamnya. Mulai dari mekanisme penyampaian minat hingga beberapa istilah penting yang mungkin terdengar asing bagi investor yang baru pertama kali melakukan pembelian saham IPO. Apa saja? Berikut ulasannya

Alur Pemesanan E-IPO

E-IPO merupakan fasilitas penyelenggaraan IPO berbasis web di mana investor dapat mengakses seluruh informasi sekaligus melakukan pemesanan secara online. Dengan demikian prosesnya pun menjadi lebih mudah. Lingkup sistem e-IPO terdiri dari empat alur pemesanan, yaitu:

beli saham IPO

1.       Informasi Awal

Memuat informasi calon perusahaan tercatat yang akan melakukan penawaran umum saham. Informasi tersebut berupa prospektus awal, kisaran harga, book building, dan timeline masa penawaran. Dapat diakses dengan mengunjungi website e-ipo.co.id dan pilih perusahaan yang dimaksud.

2.       Penawaran Awal (Book Building)

Investor yang ingin membeli saham IPO bisa menyampaikan minatnya pada masa penawaran awal yang berlangsung sekitar 7 sampai 21 hari kerja.

3.       Penawaran Umum (Offering)

Selain book building, pemesanan juga dapat dilakukan selama offering yang berlangsung sekitar paling lama 5 hari kerja.

4.       Penjatahan (Allocation)

Seluruh pesanan yang masuk akan dialokasikan sesuai dengan aturan POJK 41 Tahun 2020.

Baca juga: Cara Membeli Saham IPO GoTo untuk Kamu yang Tertarik Dapat Jatah

Masa Pemesanan

Sempat disebutkan di poin sebelumnya bahwa investor bisa memesan saham IPO pada periode book building ataupun offering. Memangnya apa sih perbedaan keduanya?

·         Pemesanan Melalui Book Building

Perlu diketahui, harga saham yang ditawarkan pada masa book building masih berupa rentang harga. Jika investor melakukan pemesanan melalui book building, maka bisa tentukan sendiri harga beli IPO yang dinilai layak dari ketentuan rentang harga.

beli saham IPO

Contohnya saja book building IPO GoTo yang berlangsung mulai tanggal 15 Maret – 21 Maret 2022 memiliki range harga sekitar Rp316-346. Dengan begitu investor bisa mengisi harga sesuai keinginan mengikuti ketentuan tersebut.

Meskipun harga yang dipasang merupakan harga terendah, nantinya harga pembelian atas tetap akan mengikuti hasil final dari bookbuilding. Biasanya semakin tinggi minat investor, semakin tinggi pula harga saham perdananya, bahkan sampai tembus rentang teratas.

·         Pemesanan Melalui Offering

Di sini investor dapat memesan dengan harga final yang sudah ditentukan dari hasil book building sebelumnya. Untuk minat yang disampaikan pada book building akan diteruskan ke masa offering jika memenuhi harga final. Caranya dengan melakukan konfirmasi terlebih dahulu.

Namun bagi investor yang menginput harga lebih rendah daripada harga final saat masa book building, maka status pesanannya menjadi “dropped”. Pesanan baru tetap bisa dilakukan apabila investor masih berminat untuk membeli sahamnya.

Baca juga: Cara Menganalisis Saham IPO Agar Nggak Salah Pilih

Masa Penjatahan

Setelah periode penawaran, alur pemesanan saham e-IPO yang terakhir adalah masa penjatahan. Terdapat dua metode penjatahan yang paling umum.

·         Penjatahan Pasti (Fixed Allotment)

Jenis penjatahan saham IPO ini memberikan alokasi efek kepada pemesan dengan cara menyesuaikan jumlah pemesanan yang tertera di dalam formulir. Apabila ternyata ada kelebihan pemesanan, jumlah saham yang dialokasikan untuk penjatahan pasti akan disesuaikan kembali dengan jumlah saham yang tersedia.

·         Penjatahan Terpusat (Pooling Allotment)

Penjatahan terpusat adalah metode penjatahan di mana seluruh pesanan yang masuk akan dikumpulkan terlebih dahulu lalu dijatahkan secara seimbang dan berlaku jika investor membeli saham IPO melalui laman e-IPO. Biasanya penjatahan ini ditujukan untuk investor retail.

Baca juga: Contoh Corporate Action yang Bisa Mempengaruhi Harga Saham

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi