Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Cara Membeli Saham IPO GoTo untuk Kamu yang Tertarik Dapat Jatah

16 Mar 2022, 14:39 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Setelah lama dinantikan, akhirnya GoTo secara resmi mengumumkan rencana IPO di BEI. Disebutkan dalam prospektus ada sebanyak 52 miliar lembar saham atau 520 juta lot saham baru yang dilepas ke publik. Jumlah ini setara dengan 4,35% saham yang disetor penuh. 

Harga saham IPO GoTo ditetapkan sekitar Rp316-Rp346. Dengan demikian serapan dana melalui aksi korporasi terhitung sebesar Rp17,99 triliun dan sekurang-kurangnya Rp16,43 triliun. Jika kamu tertarik untuk beli sahamnya, simak cara membeli saham IPO GoTo pada artikel ini.

Namun sebelum itu perlu diingatkan lagi untuk selalu membaca prospektus secara menyeluruh sebelum beli sahamnya. Cari tahu gimana kinerja perusahaan dan prospek ke depannya. Ini untuk memastikan bahwa kamu berinvestasi di "tempat" yang tepat. Sebab kalau prospeknya menjanjikan, tentu hal ini akan menguntungkan para pemegang saham.

Rencana Jadwal IPO GoTo

Berikut adalah jadwal IPO PT Gojek Tokopedia GoTo Tbk.

cara membeli saham IPO GoTo

Penjamin pelaksana emisi efek untuk IPO GoTo di antaranya adalah Indo Premier Sekuritas, Mandiri Sekuritas, dan Trimegah Sekuritas Indonesia. Sedangkan CIMB Niaga Sekuritas dan Nilai Inti Sekuritas bertindak sebagai penjamin efek.

Baca juga: Cara Menganalisis Saham IPO Agar Nggak Salah Pilih

Begini Cara Membeli Saham IPO GoTo yang Harus Diketahui

Berdasarkan prospektus, calon emiten berencana untuk melakukan penawaran umum perdana saham menggunakan sistem e-IPO. Investor dapat menyampaikan minat pada masa penawaran awal (book building) atau masa penawaran umum dengan mengunjungi laman e-ipo.co.id

1.       Lakukan Registrasi

cara membeli saham IPO GoTo

Pertama-tama, investor harus melalui proses registrasi di situs resmi e-IPO. Nantinya investor diminta untuk menuliskan email aktif. Lalu pilih tipe investor sebagai individual dan klik Send. Setelah itu isi data diri pada formulir yang tertera berdasarkan tipe investor yang sudah dipilih.

Masukkan OTP yang dikirimkan melalui email atau nomor telepon terdaftar untuk proses autentifikasi. Pilih broker dan buat password sesuai dengan ketentuan. Jika sudah, login menggunakan SID atau Single Investor Identification yang sudah dimiliki.

2.       Lakukan Pemesanan

Saham-saham dari emiten yang berencana listing akan langsung muncul di halaman utama website e-IPO, termasuk GoTo. Untuk melakukan pembelian klik More Info. Baca dan cermati beberapa informasi penting seperti company overview dan prospektus supaya bisa lebih yakin lagi dengan prospek kinerjanya.

cara membeli saham IPO GoTo

Setelah selesai membaca dengan seksama, klik Place Order. Isi nama sekuritas yang digunakan serta jumlah saham yang ingin dibeli pada form pemesanan lalu klik Send. Sistem kemudian akan mengirimkan kode OTP yang harus dikonfirmasi oleh investor.

3.       Cek Status Penerimaan Saham

Cara membeli saham IPO GoTo selanjutnya adalah dengan melihat status pada menu History. Ada empat keterangan status, yaitu Alloted (mendapatkan penjatahan), Alloted with Scale Book (mendapatkan penjatahan yang disesuaikan), Not Alloted (tidak mendapatkan penjatahan), dan Not Carried Over (pesanan tidak diteruskan ke proses penjatahan).

Untuk investor yang merupakan nasabah dari penjamin pelaksana emisi efek IPO GoTo, dalam hal ini Indo Premier Sekuritas, Mandiri Sekuritas, dan Trimegah Sekuritas Indonesia dapat menyampaikan pesanannya melalui email perusahaan sekuritas. Caranya dengan memuat informasi sebagai berikut:

  • Identitas nasabah (nama sesuai KTP, nomor SID, nomor SRE, dan RDN)

  • Jumlah pesanan dengan mengonfirmasi satuan yang dipesan (dalam lot/saham)

  • Salinan kartu identitas

  • Informasi kontak yang dapat dihubungi (email atau nomor telepon)

Sedangkan pemesanan melalui sekuritas yang bukan merupakan partisipan sistem wajib diverifikasi oleh perusahaan sekuritas dan selanjutnya disampaikan kepada partisipan sistem untuk diteruskan ke sistem e-IPO. Minat disampaikan dengan mengisi formulir dari pihak sekuritas.

Baca juga: Cara Menentukan Waktu terbaik Membeli Saham

Catatan Tambahan

Pemesanan melalui sistem e-IPO dilakukan pada masa penawaran awal atau book building. Investor bisa mengubah atau membatalkan minat yang sebelumnya telah disampaikan selama bookbuilding melalui partisipan sistem. Perubahan dan pembatalan minat dinyatakan sah apabila mendapatkan konfirmasi dari sistem e-IPO.

Cara membeli saham IPO GoTo dalam hal pada akhir masa book building harga saham yang disampaikan pada saat penyampaian minat investor sama dengan atau lebih tinggi dari harga penawaran, maka pemesanan akan diteruskan menjadi pesanan saham pada harga penawaran setelah terlebih dahulu dikonfirmasi oleh investor pada masa penawaran umum.

Baca juga: Siklus Psikologi Investor yang Wajib Kamu Tahu

Demikian adalah cara membeli saham IPO GoTo yang wajib kamu tahu jika tertarik untuk mendapatkan bagian dari penawaran perdananya. Kira-kira bagaimana prospek GoTo kedepannya?

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi