Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconPemula

Apa itu Trailing Stop dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

14 Mar 2022, 16:09 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Sebelum melakukan trading, idealnya kita harus membuat trading plan terlebih dahulu. Salah satu komponen yang harus masuk ke dalam trading plan tersebut adalah trailing stop. Memangnya apa itu trailing stop? Lalu gimana cara menggunakannya? Simak selengkapnya di artikel ini.

Apa itu Trailing Stop?

apa itu trailing stop

Trailing stop adalah strategi mengamankan profit ketika muncul konfirmasi bahwa harga saham berpotensi menurun dengan menentukan area tertentu sesuai pergerakan harga.  Jadi apabila harganya masih terus naik, saham masih bisa di-hold sambil terus menyesuaikan area jual saham. Tujuannya tentu supaya trader nggak ketinggalan momentum bullish.

Lalu kapan harus eksekusi penjualan? Trader bisa bersiap untuk mengamankan profit atau modal yang dimiliki ketika harga saham menunjukkan adanya tanda pembalikan arah menuju penurunan. Biasanya dilihat dari harga yang ter-breakdown atau menyentuh area support.

Baca juga: 5 Cara Manajemen Portofolio Saham yang Harus Kamu Tahu

Fungsi Trailing Stop

Setelah mengetahui apa itu trailing stop, penting buat paham fungsinya juga. Singkatnya strategi ini berfungsi untuk melindungi keuntungan milik trader. Merujuk pada penjelasan sebelumnya, strategi ini mampu membatasi risiko. Namun di saat yang bersamaan juga nggak membatasi potensi profit yang akan didapatkan.

Tentu hal tersebut sangat membantu sekaligus menguntungkan trader jika harganya terus bergerak naik. Dengan demikian persentase keuntungannya bisa terus bertumbuh menjadi lebih besar. Jadi selain mengunci profit, cara ini juga dapat memastikan terpenuhinya harga beli dan harga jual yang sudah ditentukan sebelumnya di trading plan.

Baca juga: Strategi Mengatasi Masalah Psikologi Trading

Cara Menggunakan Trailing Stop

Setelah memahami cari kerjanya, mungkin sebagian dari kalian ada yang bertanya-tanya, gimana cara pasang trailing stop? Mudah saja. Pertama-tama pastikan dulu harganya sudah ter-breakout. Perhatikan di mana breakout terjadi. Kemudian letakkan area stop loss yang sudah ditetapkan dalam trading plan ke bawah support baru. Di sini trailing stop berada di posisi yang lebih tinggi mengikuti kenaikan harga saham.

apa itu trailing stop

Cara menggunakan trailing stop dari contoh di atas menunjukkan saham ESSA yang terbeli di level 610-660. Pada saat itu titik jual ada di bawah support sekitar level 400. Setelah harganya mengalami penguatan dan breakout dari resisten, titik tersebut dinaikkan ke area 585 di bawah support baru 615. Sehingga apabila tersentuh, trader bisa langsung melakukan trailing stop saham agar profitnya aman.

Cara pasang trailing stop di beberapa sekuritas bisa dilakukan dengan fitur otomatis di mana saham akan otomatis terjual jika menyentuh area jual. Namun jika sekuritas yang digunakan nggak menyediakan fitur ini, trader dapat menjual manual dengan memantau pasar secara real time.

Baca juga: Cara Mudah Menentukan Stop Loss bagi Trader Pemula

Itu tadi penjelasan mengenai trailing stop yang penting untuk diketahui. Sekarang sudah paham kan tentang apa itu trailing stop? Nah, meskipun bisa mengamankan keuntungan, trader tetap harus memperhatikan faktor teknikal dan fundamental dari saham yang dimiliki guna memastikan performanya. 

Jika ingin belajar intensif tentang cara analisis teknikal dan fundamental, yuk upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi