Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconTeknikal

Pola Cup and Handle Pattern, Apa Indikasinya?

2 Mar 2022, 09:57 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Pola Cup and handle pattern merupakan salah satu jenis pola chart yang mungkin pernah kamu temukan selama tren naik berlangsung. Seperti chart pattern pada umumnya, pola tersebut juga mencerminkan kondisi psikologi pelaku pasar pada waktu tertentu.

Dengan begitu hal ini memungkinkan trader untuk memperkirakan timing yang tepat dalam melakukan perdagangan jika bisa mendeteksi polanya dengan baik. Lantas, seperti apa pola tersebut terbentuk? Simak selengkapnya di artikel ini.

Mengenal Cup and Handle Pattern

Merupakan pola chart bullish continuation atau kelanjutan tren naik yang biasanya berada di stage 2 siklus saham atau fase partisipasi. Oleh karenanya pola ini menjadi tanda yang positif bagi trader karena harga saham berpotensi terus bergerak naik.

Seperti namanya, memiliki dua bagian, yaitu cup (cangkir) dan handle (gagang). Harga yang membentuk cup terbentuk oleh tren turun yang diikuti tren naik dan kemudian terlihat seperti mangkuk.Jika kita tarik mundur lebih jauh, sebelum formasi harga membentuk cup, tren harga diawali dengan uptrend.

Pola Cup and Handle Pattern

Sedangkan pattern handle muncul setelah cup selesai terbentuk di mana volume transaksi tinggi ketika harga saham naik dan volume turun ketika harga saham turun. Sehingga volume pun akan membentuk seperti cup and handle pattern mengikuti harga.

Baca juga: Belajar Membaca Chart Saham untuk Pemula

Konfirmasi Cup and Handle Pattern

Pola ini dikonfirmasi apabila harga menembus titik resisten (breakout) dengan volume tinggi. Akurasi akan sangat bagus jika breakout dibarengi oleh volume yang konvergen. Artinya pergerakan volume sesuai dengan pergerakan harga.

Dan ketika harga berhasil breakout dari cup and handle pattern, selanjutnya saham tersebut akan bergerak mencapai titik harga tertinggi baru.

Pola Cup and Handle Pattern

Baca juga: Cara Prediksi Saham Mau Bearish Lewat Candlestick

Cup and Handle Pattern Target Price

Dari pola tersebut, kita bisa tentukan targetnya dengan mengukur kedalaman cup. Nah, selanjutnya tinggi kedalaman diletakkan pada titik terjadinya breakout atau support yang baru. 

Pola Cup and Handle Pattern target price

Contohnya formasi harga saham ARTO yang membentuk Pola cup and handle pattern. Terlihat cup besar sebagai tolok ukur target harga yang menunjukkan ada di level 16525. Dan setelah terjadi breakout sekitar level 15000, harga saham ARTO bergerak menyentuh level target 16525.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai pola cup and handle. Jika kamu tertarik untuk baca lebih banyak tentang chart pattern, kamu bisa akses artikel premium di bawah ini. Artikel tersebut membahas berbagai macam jenis pattern mulai dari bullish continuation, bearish continuation, bullish reversal, hingga bearish reversal.

Baca juga: Chart Pattern

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi