Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconTeknikal

4 Tips Strategi Super Trader Saham

25 Feb 2022, 16:33 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Super trader saham adalah strategi trading yang memanfaatkan masa kenaikan harga saham atau sering disebut trend following. Fokus super trader ada pada pergerakan jangka menengah yang biasanya berkisar selama beberapa bulan.

Strategi ini seringkali dijadikan pilihan para trader dengan profil risiko konservatif. Pasalnya, super trading tergolong lebih rendah risiko jika dibandingkan strategi trading lainnya. Kendati demikian, trader harus tahu 4 tips strategi super trader saham berikut ini agar dapat mengoptimalkan keuntungan sekaligus meminimalisir risiko.

Entry Ketika Masuk Stage 2

Berbicara soal tips trading nggak akan lepas dari siklus harga saham yang wajib dipahami untuk analisis teknikal. Siklus tersebut diawali stage 1 atau fase akumulasi dan kemudian masuk ke stage 2 atau fase partisipasi.

Fase akumulasi merupakan fase sideways panjang yang sebelumnya didahului masa downtrend. Ketika harga saham di stage 1 akhirnya ter-breakout dan disertai volume besar, super trader bisa langsung melakukan pembelian pada kondisi tersebut. Sebab saham yang berhasil menembus resisten biasanya akan lanjut bergerak naik.

super trader saham

Nah, pada saat inilah stage 2 akan dimulai, di mana harga saham memasuki tren naik. Fase partisipasi disebut juga sebagai siklus bullish continuation. Artinya selama stage 2 berlangsung, saham akan terus mengalami penguatan.

Lalu gimana kalau harga saham sudah naik tinggi dari masa sideways? Apakah layak untuk dikejar? Perlu diketahui bahwa kenaikan yang signifikan membuat risikonya menjadi semakin tinggi. Alasannya karena sudah sangat rawan terjadi profit taking jangka pendek. Dengan begitu trader sebaiknya menunggu retracement dulu untuk melakukan buy on weakness.

Sekarang sudah paham kan seberapa pentingnya mempelajari siklus harga saham? Untuk selengkapnya, baca di artikel berikut ini.

Baca juga: 4 Siklus Harga Saham: Akumulasi, Partisipasi, Distribusi, dan Kapitulasi

Hold Selama Tren Naik Berlanjut

Tips untuk super trader berikutnya adalah hold saham selama tren naik masih berlanjut. Tujuannya tentu agar trader dapat mengoptimalkan keuntungan dari capital gain. Jadi selama chart belum menunjukkan adanya reversal atau harga menembus level support, simpan saham yang dimiliki sambil tetap mencermati pergerakan pasar untuk mengantisipasi.

Pakai Trailing Stop untuk Amankan Profit

Sebelum melakukan trading saham, idealnya trader harus membuat trading plan terlebih dahulu. Trading plan digunakan untuk menentukan area beli, area resisten, dan area stop loss. Sehingga ketika harganya bergerak naik atau turun, trader sudah tahu langkah apa yang harus dilakukan. Dalam konteks harga saham naik, maka trader bisa menentukan trailing stop-nya.

Trailing stop adalah area yang ditentukan trader untuk mengamankan profit atau modal yang dimiliki ketika muncul konfirmasi harga saham berpotensi melanjutkan penurunan. Caranya dengan menaikkan area stop loss dari trading plan yang telah ditentukan sebelumnya.

super trader saham

Contoh chart di atas menunjukkan saham ESSA terbeli di level 610-660. Trailing stop pada saat itu berada di bawah support sekitar level 400. Setelah harganya mengalami penguatan dan breakout dari resisten, trailing stop dinaikkan ke area 585 di bawah support baru 615.

Tonton juga: Contoh Menentukan Trailing Stop EXCL, ASSA 16 Sept 2021

Batasi Risiko Ketika Breakdown Support

Tips strategi super trader saham yang terakhir adalah segera lakukan pembatasan risiko apabila saham menyentuh stop loss atau breakdown area support dari tren kenaikannya. 

Saham yang menunjukkan ciri-ciri seperti ini akan mulai memasuki stage 3 atau fase distribusi. Sideways menjadi tren besar dari siklus ini sebelum akhirnya harga mengalami tren turun di stage 4 atau fase kapitulasi. Inilah alasannya mengapa trader harus jeli dalam membatasi risiko di pasar saham.

super trader saham

Contohnya saham AGII yang sudah breakdown support dari indikator MA20 daily. Trader yang sebelumnya melakukan pembelian dengan strategi super trading perlu mengeksekusi profit taking di titik yang diberi tanda panah. Hal ini dikarenakan secara teknikal harga saham AGII sudah mulai sulit untuk lanjut naik dan uptrend akan segera berakhir.

Baca juga: Belajar Trading dari Nol

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.






Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2023, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi