Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Masih Ada Kekhawatiran Perang Rusia Ukraina, Deretan Saham Ini Menarik Dilirik

24 Feb 2022, 14:49 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image



Tensi panas antara Rusia dan Ukraina yang menyeret sekutu mulai mendingin. Namun, presiden Amerika Serikat Joe Biden masih belum yakin bahwa bahaya perang benar-benar sudah usai. Ketegangan kemarin rupanya memberi efek positif kepada saham-saham. Apa saja itu?

Friksi Rusia dan Ukraina membawa narasi bahwa perang dunia III bisa meletus. Ini tak lepas dari fakta NATO dan Amerika Serikat (AS) berdiri di belakang Ukraina. Sementara Rusia ditemani oleh China. Selain itu, ratusan ribu militer sudah ditempatkan di perbatasan Rusia dan Ukraina menambah ketegangan.

Kabar terbaru, tentara Rusia telah kembali ke markasnya setelah dikatakan selesai latihan besar di perbatasan Ukraina.

Namun, presiden AS Joe Biden tetap siaga karena belum ada konfirmasi dari berita penarikan tersebut. 

"Para analis menunjukkan bahwa mereka tetap berada dalam posisi yang sangat mengancam. AS bersiap atas apapun yang terjadi," kata Biden seperti dilansir AFP, Rabu (16/2/2022).

Di tengah ketegangan geopolitik ini ternyata ada saham yang berpotensi menguat terutama dari sektor komoditas dan energi. Kenapa?

Baca: Perang Batal! Harga Komoditas Ini Rawan Longsor

Yuk cek ulasan singkat saham yang berpotensi diuntungkan dari ketegangan geopolitik.

Minyak: MEDC

Harga minyak mendidih akibat Rusia adalah salah satu produsen utama minyak dunia. Hal ini jadi sentimen positif terhadap saham-saham emas hitam tersebut.

Emtrade merekomendasikan MEDC untuk jangka menengah. Dalam jangka menengah MEDC berpotensi menguat ke Resistance 645 sekitar 6-12 bulan. Namun untuk jangka pendek MEDC berpotensi terkonsolidasi dari 560 hingga 610.


 

Batu Bara: ITMG ADRO, INDY


Harga batu bara yang melonjak ke level US$ 200-an per ton akan berdampak positif pada pendapatan saham-saham batu bara seperti ITMG ADRO dan INDY.

Emtrade merekomendasikan ITMG untuk jangka menengah dan jangka pendek. Ini karena secara historis cukup sensitif terhadap pergerakan harga batubara global.

Selain itu, ITMG secara teknikal breakout dari 21.875. Dalam jangka pendek ITMG berpotensi menguat ke reisiten 23.850 sekitar Februari. Dalam jangka menengah ITMG berpotensi menguat ke resiten 25.200.




Kemudian, ADRO juga menjadi salah satu rekomendasi Emtrade untuk jangka pendek. Ini karena ADRO secara teknikal menari. ADRO berhasil  memantul dari 2.150. Dalam jangka pendek ADRO berpotensi menguat ke resisten 2.320 sekitar Februari.

 

Selanjutnya adalah INDY yang Emtrade rekomendasikan untuk jangka menengah. Secara teknikal, INDY menarik karena dalam Dalam jangka menengah berpotensi menguat ke resisten 2.670. Sedangkan dalam jangka pendek berpotensi menguat ke resisten 2.350.

 

Emas: MDKA

Emas sebagai aset safe haven akan diburu oleh investor. Akhirnya permintaan melonjak, harga pun mengikuti. Ini akan menjadi sentimen positif bagi saham emas seperti MDKA.

Emtrade merekomendasikan MDKA untuk jangka pendek karena secara teknikal menarik setelah breakout dari MA 20 daily. Kami perkirakan dalam jangka pendek MDKA berpotensi menguat ke resisten 4.140.

 

CPO: AALI, LSIP

Tingginya harga minyak akan memicu kenaikan harga CPO. Maka dari itu Emtrade merekomendasikan saham AALI, LSIP, dan DSNG.

AALI secara teknikal menarik karena breakout dari 10500. Dalam jangka pendek AALI berpotensi menguat ke resisten 11.100 sekitar Februari. Dalam jangka menengah AALI berpotensi menguat ke resisten 11.575.



LSIP secara teknikal menarik karena breakout dari 1325. Dalam jangka pendek LSIP berpotensi menguat ke resisten 1.425 sekitar Februari. Dalam jangka menengah LSIP berpotensi menguat ke resisten 1.515.



Nikel: ANTM

Logam industri nikel terkena dampak positif dari ketegangan Rusia-Ukraina karena Rusia adalah salah satu produsen nikel terbesar di dunia.

ANTM adalah salah satu saham yang menarik karena secara teknikal breakout MA 20 daily. Dalam jangka pendek ANTM berpotensi menguat ke resisten 1.950. Untuk jangka menengah ANTM berpotensi menguat ke resisten 2.220.


Mau tau strategi dan analisis fundamental lengkap saham-saham tersebut? 

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-FR-

Emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli & jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi