Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

HKMU Si Saham yang Dimiliki 100 persen oleh Publik, Kok Bisa?

10 Feb 2022, 16:21 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Emtraders pernah dengar istilah free float? Free float adalah jumlah saham beredar sebuah perusahaan yang dimiliki oleh publik. BEI memberi batasan minimal free float sebesar 7,5%, artinya tiap emiten yang telah IPO wajib memberikan kepemilikan kepada masyarakat umum sebesar 7,5% dari seluruh saham beredar.

Sehingga jika free float dibawah ketentuan akan ada sanksi dari BEI seperti pengenaan denda bahkan hingga force delisting.

Baca juga : Free float: Pengertian Tujuan, Perhitungan, dan Dampak Penerapannya

Saham-saham apa yang free floatnya paling gede?

Tapi ngomong-ngomong soal free float, ada salah satu emiten yang punya free float paling besar di IHSG. Emitennya adalah HKMU yang saat ini free floatnya mencapai 100%, yap kamu nggak salah baca, 100%. Artinya seluruh sahamnya dimiliki oleh masyarakat.



Menurut data RTI, masih tersisa investor atas nama Andriani yang merupakan komisaris sekaligus pemegang 10.000 saham HKMU selain investor publik. Disamping itu, RTI juga menyebutkan per Januari 2022, terdapat 14.633 investor yang tercatat memiliki saham HKMU.

 

Perlahan Tapi Pasti, Investor Strategis Berguguran

Dari data yang Emtrade himpun dari Bloomberg, sejak puncak harga setelah kejatuhan karena Covid-19 pada bulan Desember 2021. Telah terdapat 9 kali transaksi insider tercatat atau transaksi yang dilakukan oleh pihak yang berafiliasi dengan HKMU.

Dari 9 transaksi tersebut, seluruhnya merupakan transaksi jual. Menjadi salah satu penyebab free float HKMU mencapai 100% pada awal Februari ini. Rincian transaksi tersebut sebagai berikut:

Dengan 9 transaksi tersebut, PT Hyamn Sukses Abadi yang sebelumnya menjadi pemegang saham pengendali sudah tidak lagi ada kepemilikan di HKMU per 3 Januari 2022. Aksi jual saham oleh investor pengendali tersebut merupakan buah dari pendiri sekaligus direktur saat itu, Achmad Ngasidjo yang mengajukan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) secara sukarela pada April 2021 hingga berujung putusan pailit.

Manajemen menyebutkan dengan kepemilikan yang seluruhnya dimiliki oleh publik, tidak ada perubahan pengendalian dan operasional perusahaan. Meski begitu, akan ada komunikasi lanjutan dengan OJK terkait kondisi tersebut.


Emtraders punya pengalaman dengan saham HKMU?

-AVV-

 

Mau tau strategi untuk trading dan investasi?

Temukan strateginya di VIP member Emtrade

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, cryptoclass, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

 

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli & jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi