Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconFundamental

Rasio Likuiditas dan Rumusnya, Si Pengukur Kemampuan Bayar Utang

8 Feb 2022, 15:48 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Ketika melakukan analisis fundamental untuk mencari perusahaan yang sehat. Salah satu yang dilihat adalah suatu perusahaan punya kemampuan bagus untuk bayar hutang. Nah, rasio likuiditas jadi satu indikator keuangan yang bisa kita pakai. Kira-kira apa sebenarnya rasio likuiditas itu dan bagaimana cara pakainya? Mari kita ulas bersama.

 

Baca juga : 5 Rasio Penting Dalam Analisis Fundamental

 

Apa itu Rasio Likuiditas?

Sederhananya, rasio likuditas merupakan rasio yang bisa kita gunakan untuk mengetahui seberapa likuid suatu perusahaan. Artinya likuid disini adalah perusahaan mampu bayar hutang ketika jatuh tempo atau dalam jangka pendeknya (kurang dari 1 tahun).


Jenis Rasio Likuiditas 

Rasio likuiditas dibagi menjadi beberapa jenis yaitu, sebagai berikut :

  1. Rasio Lancar (Current Ratio)

Rasio Lancar (current ratio), merupakan rasio yang digunakan untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam bayar hutang jangka pendek menggunakan total aset lancar yang dimiliki.

 

  1. Rasio Cepat (Quick Ratio)

Rasio Cepat (Quick Ratio) merupakan rasio untuk mengukur seberapa likuid perusahaan menggunakan asetnya yang sangat lancar di luar dari persediaan untuk memenuhi hutang jangka pendeknya yang segera jatuh tempo.

 

  1. Rasio Kas (Cash Ratio)

Rasio Kas (Cash Ratio) merupakan rasio yang menunjukkan kemampuan perusahaan sebenarnya dalam melunasi hutang jangka pendek yang akan jatuh tempo menggunakan uang kas atau setara kas yang dimiliki perusahaan.

Secara keseluruhan, nilai rasio likuiditas lebih dari >1 biasanya menggambarkan perusahaan sudah cukup likuid. Namun, semakin tinggi nilai rasio likuiditas akan semakin bagus untuk perusahaan, karena cash perusahaan lebih tinggi dibanding hutang jangka pendek nya.

Selain itu, untuk mengatakan perusahaan punya likuiditas yang baik atau tidak, kita juga bisa menentukan standar rasio likuiditas dengan menghitung rata-rata industri rasio likuiditas dari sektor yang sama.dan membandingkan dengan rasio likuiditas perusahaan yang kita inginkan.

Mau tahu lebih lanjut saham apa saja yang likuid? Yuk Join VIP user emtrade.

Dengan menjadi VIP user Emtrade. kamu bisa mendapatkan fasilitas konten edukasi, analisis report, tanya-jawab intensif, referensi saham, seminar rutin setiap hari, dll

Upgrade as VIP user untuk dapatkan full access. Klik disini

-TN-

Emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli & jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.







Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi