Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconFundamental

Cara Menghitung Rasio Profitabilitas Untuk Mengukur Kinerja Emiten

23 Feb 2022, 11:04 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Cara Menghitung Rasio Profitabilitas Untuk Mengukur Kinerja Emiten yang memiliki profitabilitas paling oke bukan cuma pakai pertumbuhan laba bersih, tapi ada rasio-rasio profitabilitas yang bisa digunakan untuk menilai emiten mana yang paling menarik secara profitabilitas. 

Secara umum, rasio profitabilitas menggambarkan seberapa efektif perusahaan dalam memperoleh laba dengan memanfaatkan aset dan operasional yang mereka miliki pada periode tertentu. Dalam hal penggunaan, semakin besar nilai rasio profitabilitas menunjukan kondisi yang semakin baik dengan kemampuan perusahaan menghasilkan return lebih tinggi.

Baca juga: 5 Rasio Penting dalam Analisis Fundamental

Contoh Rasio Profitabilitas

Cara Menghitung Rasio Profitabilitas setidaknya dibagi menjadi 2 kategori, yaitu rasio margin dan rasio return. Dimana keduanya memiliki sisi penilaian yang berbeda.

Rasio Margin

Rasio Margin digunakan untuk mengukur profitabilitas perusahaan atas pendapatan yang diperoleh perusahaan pada periode tertentu. Rasio margin juga dapat menggambarkan efisiensi perusahaan dalam menghasilkan laba.

   -      Gross Profit Margin (GPM)

Cara Menghitung Rasio Profitabilitas Untuk Mengukur Kinerja Emiten

Gross Profit Margin atau Margin Laba Kotor diperoleh dari laba kotor dibagi pendapatan. Laba kotor didapat dari pendapatan dikurangi beban pokok penjualan (COGS), dimana rasio ini seberapa efektif perusahaan dalam menggunakan COGS untuk memperoleh pendapatan.

   -      Net Profit Margin (NPM)

Cara Menghitung Rasio Profitabilitas Untuk Mengukur Kinerja Emiten

Berbeda dengan GPM yang hanya mempertimbangkan beban pokok penjualan (COGS), NPM juga memasukkan seluruh pendapatan dan beban, baik operasional maupun non-operasional. Sehingga NPM menilai seberapa besar laba bersih yang dapat dihasilkan dari pendapatan perusahaan di periode tertentu.

Namun, NPM memiliki kelemahan berupa diakuinya pendapatan atau beban perusahaan seperti penjualan aset atau kerugian investasi yang tidak menggambarkan operasional perusahaan.

Rasio Return

Return ratio adalah rasio untuk menilai seberapa baik perusahaan menghasilkan pengembalian (return) bagi pemegang sahamnya.

   -      Return on Equity (ROE)

Cara Menghitung Rasio Profitabilitas Untuk Mengukur Kinerja Emiten

Digunakan oleh pemegang saham sebagai salah satu acuan untuk mengukur seberapa besar kemampuan perusahaan dalam mengembalikan investasi ekuitasnya berupa laba bersih.

   -      Return on Asset (ROA)

Cara Menghitung Rasio Profitabilitas Untuk Mengukur Kinerja Emiten

Digunakan untuk mengukur seberapa produktif perusahaan dalam menghasilkan laba dari total aset yang dimiliki.

   -      Earnings per Share (EPS)

Cara Menghitung Rasio Profitabilitas Untuk Mengukur Kinerja Emiten

EPS merupakan rasio yang menggambarkan nilai laba bersih perusahaan yang terkandung dalam tiap lembar saham perusahaan. Selain sebagai acuan profitabilitas, EPS juga bisa menunjukan value dari sebuah perusahaan.

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi (mengetahui cara menghitung rasio profitabilitas lebih lanjut,), analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.


-AVV-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.




Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi