Apa Itu Binary Option dan Bedanya dengan Saham

Blog - 17 February 2022, 09.02 WIB 901 x dibaca . 3 mins read

Apa Itu Binary Option ? Sebelum itu pasti kalian sudah pernah dengar dari iklan atau dari social media. Ya, Binary option sering dianggap aktivitas trading, layaknya trading saham. Apalagi, platform itu juga menggunakan chart untuk melakukan analisis teknikal. Namun, faktanya binary option bukanlah trading dan jauh berbeda dengan aksi trading saham. 


Berikut 5 perbedaan antara trading saham dengan binary option: 


Instrumen yang Ditransaksikan


Dalam trading saham, instrumen yang diperjualbelikan adalah saham perusahaan yang sudah listing di bursa efek, seperti BEI. 


BACA JUGA: Apa itu Saham?


Lalu apa itu Binary Option? Binary Option adalah salah satu bentuk instrumen trading online di mana para trader memprediksi atau menebak harga sebuah aset itu naik atau turun pada jangka waktu tertentu. Sedangkan instrumen dalam didalam binary option tidak melakukan transaksi jual-beli apapun. Soalnya, para pemain di binary option hanya melakukan tebak-tebakan bagaimana arah harga aset yang jadi acuan ke depannya. Apakah naik atau turun, tapi tidak melakukan transaksi jual-beli. Dengan begitu, tidak ada aset yang ditransaksikan dalam binary option.


Tujuan Analisis Teknikal


Dalam trading saham, analisis teknikal digunakan untuk menentukan waktu beli-jual dan juga stoploss sebagai strategi manajemen risiko. Dengan analisis teknikal, seorang trader bisa menentukan waktu beli dan jual terbaik sesuai dengan kondisi pasar. 


BACA JUGA: Apa itu Stoploss


Binary option memang terlihat menggunakan analisis teknikal. Namun, analisis teknikal digunakan untuk alasan menebak harga naik atau turun saja. 


Keuntungan Trading Saham vs Binary Option


Apa Itu Binary Option dan Bedanya dengan Saham



Salah satu keuntungan trading saham adalah bisa mendapatkan keuntungan dari capital gain atau kenaikan harga saham. Keuntungan bisa didapatkan langsung dengan menjual saham di harga lebih tinggi daripada modal yang dikeluarkan kepada pihak lainnya. 


Binary option bisa mendapatkan keuntungan dari uang yang dipertaruhkan dalam tebak-tebakan harga aset yang dijadikan acuan. Jika tebakan benar, pemain Binary Option akan mendapatkan keuntungan setara hingga 90 persen dari modal yang dipertaruhkan. Sisanya akan dihitung menjadi komisi ke penyedia platform. 


Kerugian Trading Saham vs Binary Option


Dalam trading saham, ada beberapa risiko yang harus dihadapi. Pertama, capital loss atau penurunan harga saham. Kedua, saham tidak likuid sehingga tidak bisa dijual, terutama untuk saham-saham third liner yang jarang aktif. Ketiga, delisting paksa dari bursa yang biasanya diakibatkan faktor seperti masalah utang dan lainnya. 

BACA JUGA: Begini Perbedaannya First Liner, Second Liner, dan Third Liner



Binary option juga memiliki risiko, yakni jika tebakan pemainnya salah. Dengan begitu, 100 persen modal yang dipertaruhkan bisa hilang begitu saja. 


Regulator


Trading saham sudah memiliki regulator yang jelas, yakni diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan difasilitasi oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Dengan begitu, secara hukum sudah jelas aktivitas ini berada di bawah pengawasan OJK


Untuk seluruh platform binary option saat ini masih belum memiliki izin resmi di Indonesia. Jadi, operasinya masih dilakukan secara ilegal, bahkan sudah beberapa kali masuk dalam list investasi bodong yang dikeluarkan satgas waspada investasi. 


Nah, sudah taukan Apa Itu Binary Option dan Bedanya dengan Trading Saham. Mau belajar trading saham lebih dalam lagi? 


Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, cryptoclass, dan seminar rutin setiap akhir pekan.


Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.


-SR-


Emtrade.id/disclaimer


Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli & jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.


Login untuk mendapatkan akses tak terbatas


Share :
Follow us :