Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

IPO ENAK: Omicron Bisa Ganggu Mobilitas, IPO Emiten Resto Harap-harap Cemas

31 Jan 2022, 10:47 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

IHSG kembali akan kedatangan anggota baru, kali ini emiten industri restoran berkode ENAK akan melantai di bursa. PT Champ Resto Indonesia (ENAK) akan melaksanakan IPO dengan menerbitkan 666 juta saham baru, atau setara dengan 30% saham beredar. Melalui IPO tersebut ENAK berpotensi akan mendapatkan dana segar maksimal senilai Rp 422,2 miliar, dengan beberapa informasi lain sebagai berikut:

Harga Penawaran                : Rp 800 – Rp 950/lembar

Jumlah Saham Ditawarkan : 666.666.000 lembar

Jadwal (potensial)

               Periode Book Building   : 12-20 Januari 2022

Tanggal Efektif                 : 27 Januari 2022

Periode Offering             : 31 Januari -3 Februari 2022

Tanggal Penjatahan        : 3 Februari 2022

Tanggal Distribusi           : 4 Februari 2022

Tanggal Listing             : 7 Februari 2022

 

Model Bisnis: Bisnis Restoran Terdiversifikasi

PT Champ Resto Indonesia Tbk (ENAK) merupakan emiten yang bergerak di industri restoran yang telah berdiri sejak tahun 2010 dengan brand 6 milik sendiri seperti Raa Cha (Suki and BBQ), Gokana (masakan Jepang), BMK (masakan Indonesia), Platinum (masakan barat dan fusion), Chopstix (masakan Asia) dan Monsieur Spoon (bakery dan café).

Secara keseluruhan, per 31 Desember 2021 ENAK telah mengoperasikan 276 outlet yang tersebar di kota-kota besar di Pulau Jawa, bali, Sumatera, dan Sulawesi.

Dalam hal kepemilikan, Ali Gunawan Budiman tercatat sebagai pemegang saham pengendali dengan kepemilikan sebesar 13,9% dan Barokah Melayu Food Pte Ltd sebagai pemegang saham mayoritas dengan porsi kepemilikan sebesar 29,7% pasca IPO. Sedangkan masyarakat memiliki porsi 30% dari saham beredar.

 

Sebagian Besar Dana IPO untuk Modal Kerja dan Bayar Utang

Dari Rp 355,6-422,2 miliar dana yang potensi didapatkan dari IPO ini. ENAK akan mengalokasikan dana tersebut ke beberapa aktifitas, seperti belanja modal, pembayaran utang, dan modal kerja.

 

Sehingga kami menilai penggunaan dana tersebut cukup produktif dengan sebagian besar untuk belanja modal dan modal kerja, ditambah pembayaran utang bank akan mengurangi beban keuangan dan memperbaiki struktur modal ENAK.

 

Kapitalisasi Pasar & Jumlah Saham Beredar

Melalui harga potensi harga IPO sebesar Rp 800 – Rp 950/lembar, ENAK berpotensi memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rp 1,78 – 2,11 triliun dengan porsi saham beredar di masyarakat (free float) sebesar 30%. Sehingga kami menilai fluktuasi saat IPO tidak akan terlalu tinggi.


Terganggu Covid, Profitabilitas Sempat Negatif

Industri restoran adalah salah satu yang paling terdampak dari adanya Covid-19 dengan mobilitas yang rendah saat pembatasan aktivitas. Hal tersebut tercermin pada kinerja keuangan ENAK, dimana pada 2020 mengalami kerugian yang didorong oleh minimnya pendapatan.

Meski begitu, kinerja tampak membaik pada 2021 dengan pendapatan sepanjang 6M21 tumbuh 44,8% YoY dan telah mencapai 74% dari kinerja FY20. Begitu juga dengan bottom line yang rugi bersihnya membaik menjadi Rp 4,6 miliar (vs Rp 116 miliar pada 6M20).

Dalam hal kinerja, kami cukup optimis ENAK dapat melanjutkan trend pemulihannya mengingat base di 2H20 yang cukup rendah dan pelonggaran pembatasan mobilitas di 2H21 akan mendorong kinerja ENAK membaik.


Valuasi Terdiskon, Tapi Potensi Terbatas

Dalam perhitungan valuasi ENAK, kami menggunakan model valuasi price to book value (P/BV), mempertimbangkan earnings ENAK dan beberapa peers yang masih negatif. Melalui asumsi harga tengah (median) dari potensi harga IPO di Rp 800 – Rp 950/lembar, kami memperoleh P/BV sebesar 3,7x dibawah rata-rata industri yang sebesar 4,5x. Meski terdiskon, kami melihat potensi upside ENAK saat ini sudah terbatas.


Downside Risk

Kami melihat terdapat risiko ketidakpastian dari mobilitas masyarakat ditengah jumlah kasus Covid-19 di Indonesia yang meningkat dan berpotensi terjadi pembatasan mobilitas masyarakat. Hal ini dapat menjadi tekanan bagi kinerja top line ENAK dengan traffic ke restoran yang lebih rendah.

 

Jadi gimana? Apakah tertarik ikut IPO saham ENAK?

Temukan strateginya di VIP member Emtrade

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

-AVV-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli & jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi