Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconPemula

Free Float Saham Maksudnya Apa?

22 Feb 2022, 17:39 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Free Float Saham Maksudnya apa sih? Pada dasarnya free float merujuk pada saham-saham yang bisa dibeli oleh masyarakat umum di luar pemegang saham mayoritas. Supaya transaksi saham berjalan dengan lancar, penting untuk memahami istilah free float lebih jauh. Mari simak penjelasannya di artikel ini.

Pengertian dan Tujuan Free Float

Apa itu free float? Free float adalah jumlah total saham beredar milik publik yang diperdagangkan setiap hari di pasar reguler. Ciri-ciri saham free float adalah saham yang dimiliki oleh investor dengan porsi kepemilikan kurang dari 5 persen. 

Bursa Efek Indonesia (BEI) mewajibkan emiten minimal memiliki rasio free float sebesar 7,5 persen dari total lembar sahamnya. Bagi emiten yang belum memenuhi jumlah minimum, bakal berupaya memenuhinya dengan rights issue. Jika tidak mampu memenuhi, emiten itu akan delisting sukarela dari bursa. 

Free float saham maksudnya seringkali mencerminkan tingkat volatilitas harga saham. Perusahaan yang memiliki free float rendah bisa diartikan sahamnya kurang aktif diperdagangkan dan pergerakan harga yang liar mungkin saja terjadi.

Free Float Saham Maksudnya

Untuk itu, BEI mengubah formula perhitungan indeks dari kapitalisasi pasar menjadi dengan free float. Perubahan itu sudah dilakukan BEI secara bertahap termasuk ke indeks IHSG sejak 2021. 

Dengan menggunakan formula free float, BEI menilai bisa mengurangi gejolak pasar. Lalu, saham-saham yang memiliki free float besar, tapi market cap menengah bisa bersaing dengan saham free float kecil dari kelompok big bank

Sebelumnya, pembobotan IHSG menggunakan formula kapitalisasi pasar. Namun, skema kapitalisasi pasar dianggap kurang menggambarkan kondisi pasar. Terlebih, banyak saham big caps yang hanya memiliki free float kecil. 

Baca juga: Mengenal Saham Multibagger yang Bisa Bikin Untung Berkali-Kali Lipat

Perhitungan Free Float

Proses penyesuaian bobot menjadi free float sudah dilakukan secara bertahap sejak Juni 2021 dan diperkirakan akan rampung pada Mei 2022. Metode ini memiliki batasan pembobotan untuk setiap sahamnya maksimal 9% yang mampu memberikan dampak positif mengingat pembagian bobot saham ke indeks menjadi lebih rata. Seiring berjalannya waktu, saham dengan free float tinggi akan bertambah lebih banyak dan likuiditas pasar pun otomatis ikut meningkat.

Saham-saham big cap dengan komposisi publik yang kecil diperkirakan akan mengalami penurunan bobot.  Misalnya saham BBCA yang akan menyusut sebesar 2,3% dari persentase sebelumnya 11,3%. Atau UNVR, HMSP, dan ICBP dengan free float masing-masing 15%, 7,5%, dan 19,47%.

Sedangkan saham lain yang diuntungkan karena bobotnya bertambah di antaranya adalah TLKM, BMRI, ASII, dan ARTO karena bobot free float mencapai 30%-40%.

Ke depannya, sektor teknologi berpotensi menjadi pendorong IHSG dengan porsi mencapai 16,7%. Sebab beberapa pemainnya menyumbangkan free float yang besar, seperti BUKA 53,57%, EMTK 22,9%, dan DCII 22,36%. Terlebih lagi ada rencana GoTo yang akan listing dengan free float besar dan berpeluang menjadi pesaing saham-saham blue chip saat ini.

Baca juga: Cara Menganalisis Saham IPO Agar Nggak Salah Pilih

Dampak Penerapan Free Float

·         Terjadi penyesuaian terhadap bobot saham.

·         Indeks saham akan menjadi lebih menarik sebagai underlying asset dari produk investasi.

·         Penyesuaian bobot memberi investor gambaran yang jelas mengenai nilai saham yang mereka beli dengan mengecualikan nilai saham yang dimiliki pemegang saham pengendali.

·         Manajer investasi kemungkinan akan melepas emiten dengan jumlah saham beredar yang rendah karena terlalu berisiko.

·         Meningkatkan efisiensi portofolio.

·         Emiten-emiten kecil akan lebih terdorong untuk meningkatkan free float-nya.

Baca juga: Value Trap: Apa dan Bagaimana Cara Menghindarinya?

Itu tadi ulasan mengenai Free Float Saham Maksudnya Apa sih?. Memahami setiap istilah yang ada di pasar saham memang diperlukan, khususnya bagi investor pemula. Namun penting juga untuk mempelajari lebih jauh tentang saham hingga teknik analisisnya supaya investor bisa mengoptimalkan profit sekaligus memitigasi risiko.

Maka dari itu, yuk upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.

 -RE-




Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi