Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconPemula

Mengenal Saham Multibagger yang Bisa Bikin Untung Berkali-Kali Lipat

31 Jan 2022, 11:14 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Saham multibagger adalah saham yang berpotensi menghasilkan keuntungan hingga lebih dari 100 persen atau berkali-kali lipat. Mendengar hal ini mungkin kalian jadi tertarik mencari sahamnya untuk kemudian dibeli agar bisa memperoleh keuntungan tersebut. Untuk itu, mari pahami dulu sebenarnya apa sih saham multibagger itu?

Pengertian Saham Multibagger


Saham multibagger adalah saham yang nilainya naik dan menghasilkan profit berkali-kali lipat hingga lebih dari 100% dari harga perolehannya. Saham multibagger juga merupakan saham undervalue yang harganya lebih rendah dari nilai intrinsiknya.

Biasanya saham ini diterbitkan oleh perusahaan yang memiliki potensi pertumbuhan luar biasa, serta manajemen dan teknik produksi yang baik. Perusahaan dapat menciptakan permintaan besar atas produknya di pasar berkat kemampuan riset dan pengembangan yang berkualitas tinggi. Sehingga secara fundamental, perusahaan tersebut tergolong stabil.

Untuk memperoleh keuntungan dari saham multibagger, investor memerlukan perspektif investasi jangka panjang. Sebab bagaimanapun juga saham ini tetap berisiko mengalami penurunan yang tajam. Oleh karenanya penting untuk memiliki kesabaran demi mengoptimalkan profit saham multibagger.

Baca juga: Saham DCII Multibagger atau Gorengan? Cari Tahu Bedanya di Sini

Sejarah Awal Saham Multibagger

Istilah multibagger pertama kali muncul pada tahun 1988. Istilah ini diperkenalkan oleh investor sekaligus fund manager ulung, Peter Lynch dalam bukunya yang ditulis bersama jurnalis John Rothchild berjudul One Up of Wall Street

Ide di balik istilah ini diadaptasi dari permainan bisbol. Lynch yang merupakan penggemar bisbol meminjam istilah ‘bag’ yang merujuk pada ‘base’ yang dicapai runner sebagai pengukur keberhasilan permainan.

Lynch mencoba mengaitkan konsep ini di pasar saham dengan menyebut saham-saham tertentu sebagai multibagger. Jadi misalnya, ten bagger berarti saham yang memberikan return sebesar 10  kali lipat, sedangkan saham twenty bagger memberikan pengembalian 20 kali lipat.

Selama Peter Lynch mengelola reksa dana Fidelity Magellan Fund dari tahun 1977 hingga 1990, ia banyak berinvestasi pada saham ten bagger. Alhasil Magellan Fund bertumbuh dari $18 juta menjadi $14 miliar.

Lynch berhasil mencapai tingkat pengembalian tahunan rata-rata 29,2%. Itu artinya modal sebesar $1.000 yang diinvestasikan di tahun 1977 tumbuh menjadi $28.000 di tahun 1990. Selama masa jabatannya, Lynch telah membeli lebih dari seratus saham ten bagger, termasuk Fannie Mae, Ford Motor, Phillip Morris International, Taco Bell, Dunkin Donuts, dan General Electric.

Lynch mengandalkan dua kriteria wajib saat memilih saham. Pertama, saham dengan rasio P/E (Price to Earnings) di bawah rata-rata industri. Kedua, Lynch juga mempertimbangkan EPS (Earnings per Share) yang turun di bawah rata-rata.

Baca juga: Prospek Saham Blue Chip yang Katanya Cocok untuk Pemula

Contoh Saham Multibagger

Adakah saham dalam negeri yang pernah jadi multibagger? Tentu saja ada. Beberapa di antaranya adalah:

  1. ESSA

PT Surya Esa Perkasa Tbk atau ESSA naik hingga 315% dalam kurun waktu satu tahun. Pada bulan Desember 2020 ESSA ada di rentang harga Rp160, lalu melesat menjadi sekitar Rp560 di penghujung tahun 2021.

  1. SRTG


Perusahaan investasi besutan Sandiaga Uno PT Saratoga Investama Sedaya (SRTG) naik 361% dari Januari 2021 hingga Januari 2022.

  1. ASSA


PT Adi Sarana Armada (ASSA) mengalami kenaikan yang cukup fantastis sekitar 736% dalam jangka waktu setahun, mulai dari Oktober 2020 sampai Oktober 2021.

  1. BABP


Menyusul ASSA, saham perbankan PT Bank MNC International Tbk (BABP) juga menjadi salah satu saham yang dinobatkan sebagai multibagger. Pasalnya saham ini hanya butuh waktu 4 bulan saja untuk naik sebanyak 789% dari April 2021 hingga Agustus 2021.

  1. BBYB


Menyusul, PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB) juga naik secara signifikan sekitar 834% terhitung dari Februari 2021 hingga Desember 2021. Ada yang berhasil cuan besar dari saham ini?

Tonton Recording: Saham Calon Multibagger 2022

Demikian penjelasan tentang istilah saham multibagger. Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.

-RE-




Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi