Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Bos ARTO Masuk, BFIN Mau Tender Offer Rp1.200?

20 Jan 2022, 17:12 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Saham PT BFI Finance Tbk. bakal ditender offer oleh pemegang saham mayoritasnya Trinugraha Capital & Co SCA. Dengan harga penawaran tender offer senilai Rp1.200 per saham, kira-kira menarik atau tidak ya? 


Tender offer adalah aksi penawaran pembelian saham dari pihak tertentu ke pemegang saham suatu perusahaan. Umumnya, tender offer dilakukan untuk akuisisi atau delisting sukarela emiten. Soalnya, transaksi tender offer akan terkait pembelian mayoritas saham yang beredar. 


Nah, Trinugraha Capital & Co mengumumkan lewat media massa pada 20 Januari 2022 terkait rencana tender offer saham BFIN. Saat ini, Trinugraha memegang 42,81 persen saham BFIN. Nantinya, Trinugraha berencana tender offer saham BFIN sebanyak 57,19 persen. Jadi, total saham BFIN yang bakal dimiliki Trinugraha jika seluruh pemegang saham melaksanakan tender offer menjadi 100 persen. 


Lalu, apakah BFIN bakal delisting dari bursa karena seluruh sahamnya dimiliki satu pihak?


Dalam prospektusnya, Trinugraha sebagai pengendali BFIN memastikan emiten itu tetap listing di IDX. BFIN bakal berupaya memenuhi beberapa ketentuan perusahaan listing seperti, saham free float minimum 50 juta dan minimum 7,5 persen dari seluruh saham yang tercatat di bursa, serta memiliki minimal 300 pemegang saham dengan SID dari KSEI. 


Tujuan Trinugraha Tender Offer seluruh saham BFIN?


Trinugraha memutuskan untuk tender offer seluruh saham BFIN karena melihat prospek emiten itu punya potensi berkembang ke depannya. 


Beberapa rencana dari pengendali untuk BFIN antara lain, mengarahkan bisnis perseroan kembali ke level sebelum pandemi Covid-19 hingga berinvestasi dalam transformasi bisnis dan menerapkan teknologi digital dalam optimalkan operasional. 


Siapa Trinugraha Capital ini?


Trinugraha Capital adalah perusahaan yang saat ini dikendalikan oleh Northstar Advisors Pte. Ltd dan TPG Capital Management LP, dan Garibaldi Thohir. Nah, jelang tender offer, Bravo Investment Limited yang dikendalikan Jerry Ng bakal masuk sebagai pemegang saham Trinugraha Capital sebesar 57,12 persen. 


BACA JUGA: Ternyata Begini Ekosistem Saham Bank Jago


Menariknya, Jerry Ng juga menjadi salah satu pemegang saham dan komisaris di PT Bank Jago Tbk. (ARTO). Beberapa waktu terakhir, sempat tersiar kalau ARTO berencana akuisisi BFIN, tapi ternyata pemegang sahamnya Jerry Ng yang masuk ke perusahaan multifinance tersebut. 


Di sisi lain, BFIN sudah tergabung menjadi salah satu mitra ekosistem Bank Jago sejak kuartal III/2021. 




Dari mana angka penawaran harga tender offer BFIN senilai Rp1.200?


Harga penawaran tender offer sukarela BFIN senilai Rp1.200 diambil dari rata-rata harga tertinggi perdagangan harian selama 90 hari sebelum 20 Januari 2022, atau tanggal di mana pengumuman tender offer sukarela dilakukan. 


Terus apa yang harus dilakukan pemegang saham jika ada tender offer sukarela? 


Sebenarnya, pemegang saham bisa memilih mau ikut tender offer atau tidak. Apalagi, yang menarik aksi tender offer ini dilakukan karena Trinugraha ini berencana menambah porsi saham kepemilikannya. 


BACA JUGA: Jurus Valuasi Saham yang Paling Jitu Untuk Cari Saham Diskon


Jika merasa yakin prospek jangka panjang, bisa berani hold, tapi kalau mau ambil untung bisa ikut tender offer di harga Rp1.200 per saham. Namun, lihat juga dengan harga tender offer itu, apakah posisi kamu saat ini sudah untung atau malah belum. Soalnya, setelah tender offer, Trinugraha masih memastikan BFIN bakal tetap menjadi perusahaan terbuka dengan mengikuti ketentuan yang berlaku. 


Kalau dilihat secara teknikal, dalam jangka pendek BFIN berpotensi terkonsolidasi di area 1.200 dari low Januari 2022 hingga 1.465 dari proyeksi pola bullish base on base. 




Lalu. apakah saham BFIN masih menarik untuk dikoleksi?


Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, cryptoclass, dan seminar rutin setiap akhir pekan. Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.


-SR- & -AFA-


Emtrade.id/disclaimer





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi