Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconPemula

Prospek Saham Blue Chip yang Katanya Cocok untuk Pemula

31 Jan 2022, 11:11 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Jika kamu mulai tertarik untuk investasi saham, artinya kamu harus menentukan saham seperti apa yang akan dibeli. Beberapa analis menyarankan agar pemula memilih saham blue chip. Saham blue chip atau istilah lainnya first liner adalah kategori saham yang memiliki kapitalisasi besar dan fundamental yang kuat.

Jenis saham ini dianggap cocok untuk pemula karena orang yang notabene-nya baru berkenalan dengan dunia saham cenderung ingin bermain aman. Lantas, apa faktor lainnya yang dapat dipertimbangkan oleh pemula? Berikut ulasannya.

Karakter Kokoh Saham Blue Chip

Saham blue chip diterbitkan oleh perusahaan yang sudah mapan dan mempunyai rekam jejak stabilitas keuangan. Biasanya perusahaan tersebut menjalankan bisnis yang dipercaya oleh masyarakat luas dan tak lekang oleh waktu seperti misalnya perbankan, makanan, dan telekomunikasi.

Sebagian besar saham blue chip sudah melantai lebih lama di bursa dibandingkan jenis saham lainnya. Hal ini memperlihatkan track record terkait ketahanan kinerja sahamnya di berbagai kondisi ekonomi selama beberapa tahun terakhir.


Saham blue chip juga memiliki pergerakan yang cukup stabil. Sehingga para pemegang sahamnya berpotensi untuk mendapatkan imbal hasil yang stabil pula. Mengapa demikian?

Selain faktor fundamental yang kuat, sempat disebutkan pula bahwa nilai kapitalisasi saham blue chip paling besar di antara yang lain, yakni minimal Rp10 triliun.  Besarnya kapitalisasi pasar ini membuat harga sahamnya sulit untuk dimanipulasi.

Tidak berhenti sampai situ, daya tarik serta karakter kokoh saham blue chip selaras dengan permintaan dan penawaran yang cukup tinggi. Artinya, ada banyak sekali orang yang bertransaksi saham ini yang kemudian membuatnya menjadi sangat likuid. 

Hampir dapat dipastikan investor bisa dengan mudah melakukan penjualan dan pembelian. Alias tidak perlu menunggu waktu terlalu lama. Nah, beberapa faktor tersebut menjadi alasan mengapa saham blue chip dinilai aman untuk diinvestasikan oleh pemula.

Baca juga: Emtrade Research: Tahun Baru, Ekspektasi Baru! Bagaimana Tren Sektor Banking 2022?

Potensi Saham Blue Chip untuk Jangka Panjang

Emiten dari saham blue chip umumnya merupakan perusahaan yang berpengaruh terhadap tren industri. Produk-produk yang dihasilkan mempunyai tingkat kesuksesan yang baik karena sudah sangat dikenal oleh masyarakat luas. Kalaupun sebaliknya, peluang perusahaan akan pailit bisa dibilang kecil.

Dalam menghadapi persaingan yang kuat, perusahaan mengantisipasi kemajuan dalam industri dengan menyesuaikan diri terhadap perubahan kondisi serta teknologi. Hal inilah yang mendorong mereka untuk melakukan ekspansi bisnis secara masif yang pada gilirannya mampu mempertebal aset serta meningkatkan pertumbuhan finansial perusahaan.

Jadi tidak mengherankan kalau pada laporan keuangan, saham blue chip terlihat konsisten dalam mencetak keuntungan setiap tahunnya, bahkan mampu bertahan saat keadaan ekonomi sedang krisis. Karena bagaimanapun juga perusahaannya sudah bukan perusahaan bertumbuh, melainkan perusahaan yang mapan dan kuat.

Dengan historis kinerja yang terpercaya, perusahan-perusahaan besar ini mempunyai prospek akan bertahan cukup lama sekitar 10-20 tahun, sehingga cocok untuk investasi jangka panjang.

Namun bukan berarti harga saham blue chip tidak mengalami penurunan. Hanya saja saham-saham ini menjadi yang paling cepat pulih dibandingkan saham second liner atau third liner.

Baca juga: Cara Baca Laporan Keuangan Perusahaan, Apa yang Harus Diperhatikan?

Potensi Saham Blue Chip Sebagai Passive Income


Selagi mengharapkan capital gain dari kenaikan harga saham, investor juga berkesempatan untuk mendapatkan dividen sebagai bonus dari perusahaan yang mencetak laba besar. Termasuk di dalamnya adalah saham blue chip.

Performa laporan keuangan yang positif dan pertumbuhan laba yang konsisten setiap tahunnya sangat memungkinkan bagi perusahaan untuk membagikan dividen kepada pemegang saham secara rutin.  Sehingga investor jangka panjang sangat berpotensi untuk memperoleh passive income berupa dividen yang selanjutnya bisa dimanfaatkan untuk menambah aset masa depan.

Sementara itu perusahaan berskala kecil dan menengah cenderung tidak membagikan dividen karena pendapatan masuk ke laba ditahan sebagai simpanan modal agar dapat berkembang.

Baca juga: Dividen: Pengertian, Jenis, Metode Pembayaran, dan Tanggal Penting

Saham Blue Chip Menekan Emotional Investing

Investor pemula cukup rentan membuat kesalahan fatal yang bisa memengaruhi nilai investasi. Misalnya saja seperti melakukan transaksi berdasarkan sentimen pasar dan akhirnya membeli di posisi tinggi dan menjual di posisi rendah.

Pengambilan keputusan tersebut biasanya dipengaruhi oleh emosi sesaat dan kekhawatiran. Fokusnya hanya pada bagaimana caranya biar bisa untung untung cepat dan melupakan potensi pertumbuhan portofolio. Padahal kalau terus-terusan seperti ini, bukannya untung, tapi malah jadi buntung.

Maka dari itu sebenarnya cara investasi yang paling mudah dan simpel untuk pemula adalah dengan berinvestasi saham blue chip untuk jangka panjang. Strategi dollar-cost averaging dinilai sebagai strategi rendah risiko di mana investor menginvestasikan modal berjumlah tetap secara berkala terlepas dari kondisi harga sahamnya.

Bersamaan dengan kekuatan nilainya yang stabil, investor akan secara otomatis terhindar dari emotional investing selagi berinvestasi saham blue chip. Dengan demikian nilai portofolio dapat terus berkembang tanpa terhalang oleh dorongan emosional. Cukup beli, simpan, dan nilainya akan bertumbuh dalam jangka panjang.

Baca juga: Tertarik Investasi Saham? Hindari 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemula

Setelah mengetahui prospek saham blue chip, apakah kamu tertarik untuk koleksi sahamnya? Namun perlu diketahui bahwa saham ini kurang cocok buat kamu yang tujuannya untuk trading jangka pendek. Jadi keuntungan dari saham blue chip akan lebih optimal dengan time frame yang lebih panjang.

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.

-RE-



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Perusahaan
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi