Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconPemula

Prospek Saham Blue Chip yang Katanya Cocok untuk Pemula

31 Jan 2022, 11:11 WIB
Bagikan s
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Jika kamu mulai tertarik untuk investasi saham, artinya kamu harus menentukan saham seperti apa yang akan dibeli. Beberapa analis menyarankan agar pemula memilih saham blue chip. Saham blue chip atau istilah lainnya first liner adalah kategori saham yang memiliki kapitalisasi besar dan fundamental yang kuat.

Jenis saham ini dianggap cocok untuk pemula karena orang yang notabene-nya baru berkenalan dengan dunia saham cenderung ingin bermain aman. Lantas, apa faktor lainnya yang dapat dipertimbangkan oleh pemula? Berikut ulasannya.

Karakter Kokoh Saham Blue Chip

Saham blue chip diterbitkan oleh perusahaan yang sudah mapan dan mempunyai rekam jejak stabilitas keuangan. Biasanya perusahaan tersebut menjalankan bisnis yang dipercaya oleh masyarakat luas dan tak lekang oleh waktu seperti misalnya perbankan, makanan, dan telekomunikasi.

Sebagian besar saham blue chip sudah melantai lebih lama di bursa dibandingkan jenis saham lainnya. Hal ini memperlihatkan track record terkait ketahanan kinerja sahamnya di berbagai kondisi ekonomi selama beberapa tahun terakhir.


Saham blue chip juga memiliki pergerakan yang cukup stabil. Sehingga para pemegang sahamnya berpotensi untuk mendapatkan imbal hasil yang stabil pula. Mengapa demikian?

Selain faktor fundamental yang kuat, sempat disebutkan pula bahwa nilai kapitalisasi saham blue chip paling besar di antara yang lain, yakni minimal Rp10 triliun.  Besarnya kapitalisasi pasar ini membuat harga sahamnya sulit untuk dimanipulasi.

Tidak berhenti sampai situ, daya tarik serta karakter kokoh saham blue chip selaras dengan permintaan dan penawaran yang cukup tinggi. Artinya, ada banyak sekali orang yang bertransaksi saham ini yang kemudian membuatnya menjadi sangat likuid. 

Hampir dapat dipastikan investor bisa dengan mudah melakukan penjualan dan pembelian. Alias tidak perlu menunggu waktu terlalu lama. Nah, beberapa faktor tersebut menjadi alasan mengapa saham blue chip dinilai aman untuk diinvestasikan oleh pemula.

Baca juga: Emtrade Research: Tahun Baru, Ekspektasi Baru! Bagaimana Tren Sektor Banking 2022?

Potensi Saham Blue Chip untuk Jangka Panjang

Emiten dari saham blue chip umumnya merupakan perusahaan yang berpengaruh terhadap tren industri. Produk-produk yang dihasilkan mempunyai tingkat kesuksesan yang baik karena sudah sangat dikenal oleh masyarakat luas. Kalaupun sebaliknya, peluang perusahaan akan pailit bisa dibilang kecil.

Dalam menghadapi persaingan yang kuat, perusahaan mengantisipasi kemajuan dalam industri dengan menyesuaikan diri terhadap perubahan kondisi serta teknologi. Hal inilah yang mendorong mereka untuk melakukan ekspansi bisnis secara masif yang pada gilirannya mampu mempertebal aset serta meningkatkan pertumbuhan finansial perusahaan.

Jadi tidak mengherankan kalau pada laporan keuangan, saham blue chip terlihat konsisten dalam mencetak keuntungan setiap tahunnya, bahkan mampu bertahan saat keadaan ekonomi sedang krisis. Karena bagaimanapun juga perusahaannya sudah bukan perusahaan bertumbuh, melainkan perusahaan yang mapan dan kuat.

Dengan historis kinerja yang terpercaya, perusahan-perusahaan besar ini mempunyai prospek akan bertahan cukup lama sekitar 10-20 tahun, sehingga cocok untuk investasi jangka panjang.

Namun bukan berarti harga saham blue chip tidak mengalami penurunan. Hanya saja saham-saham ini menjadi yang paling cepat pulih dibandingkan saham second liner atau third liner.

Baca juga: Cara Baca Laporan Keuangan Perusahaan, Apa yang Harus Diperhatikan?

Potensi Saham Blue Chip Sebagai Passive Income