Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconCrypto

4 Koin Metaverse yang Lagi Hits

26 Jan 2022, 16:43 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Sejak Facebook melakukan rebranding nama perusahaannya menjadi Meta pada Oktober 2021, kata “Metaverse” semakin sering dibahas di berbagai media sosial dan berita. Perubahan yang dilakukan Facebook mengikuti ambisi Mark Zuckerberg yang ingin mengembangkan platform yang tidak hanya berperan sebagai media sosial, namun juga membawa aktivitas sehari-hari lainnya ke dalam dunia virtual.

Mengenai Metaverse

Metaverse merupakan dunia digital di mana pengguna bisa saling berinteraksi secara real time dengan pengguna lain menggunakan avatar atau representasi grafis dari penggunanya. Dalam metaverse, kamu dapat melakukan berbagai aktivitas seperti mencari hiburan, aktivitas jual-beli, dan berbagai aktivitas sosial lainnya.

Sebuah dunia virtual bisa disebut metaverse yang lengkap apabila ia menawarkan banyak kegiatan berbeda dan tidak fokus dalam satu hal saja. Dalam hal ini, metaverse berperan layaknya perpanjangan dari dunia nyata dan aktivitas yang biasa kita lakukan.

Lalu apa hubungannya dengan cryptocurrency? Cryptocurrency dalam hal ini berfungsi untuk menjalankan aspek ekonomi dalam ekosistem sebuah metaverse. Di tengah semakin populernya metaverse, aset-aset kripto ini pun semakin meningkat nilainya. Berikut beberapa metaverse dengan aset kripto-nya yang tengah populer.

BACA JUGA: Apa Itu Altcoin?

4 Koin Metaverse yang Lagi Hits

1. Axie Infinity (AXS)

Axie Infinity, game mirip Pokemon yang berbasis blockchain. Sumber: Quartz

Game metaverse berbasis blockchain Ethereum ini memadukan berbagai elemen dalam dunia cryptocurrency seperti NFT, staking, dan konsep play to earn. Secara konsep dan permainan, Axie Infinity terinspirasi dari serial tv popular Pokemon tentang monster yang saling bertarung.

Dalam Axie Infinity kamu akan membeli, mengembangbiakkan, dan mempertarungkan hewan virtual yang disebut Axies. Semua aset dalam Axie Infinity memiliki format standar NFT Ethereum yang bisa diperjualbelikan pada berbagai pasar digital seperti OpenSea dan Rarible.

Pada 2022, Axie Infinity berencana membuka metaversenya dengan menambahkan fitur kingdom yang memungkinkan pemain membeli properti digital di dalam dunia Axie. Setiap pemain yang memiliki LAND dapat membuat berbagai acara sosial dan membentuk aliansi dengan pemain lain.

Axie Infinity merupakan salah satu game metaverse paling populer di dunia kripto dengan ratusan ribu pemain yang sudah bisa kamu mainkan dari sekarang.

2. Sandbox (SAND)

Sumber: The Sandbox

Sandbox sendiri merupakan sebuah metaverse dengan ekosistem yang menitikberatkan pada game, NFT, dan konten yang dibuat oleh penggunanya (user-generated content). Sandbox memiliki mata uangnya sendiri yang disimbolkan sebagai SAND yang bisa kamu gunakan untuk membeli berbagai objek di dalam Sandbox. Pada 2021, SAND mengalami kenaikan sebesar 1000%.

Salah satu hal unik dari Sandbox adalah ia memberikan kebebasan kepada pemainnya untuk menciptakan apapun yang mereka mau melalui berbagai aplikasi dari Sandbox.

Sekarang, Sandbox bahkan sudah menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan besar seperti Atari dan Adidas. Beberapa perusahaan lain juga mulai melihat potensi Sandbox sebagai tempat pemasaran digital. Sementara itu, seniman dan pembuat konten melihat Sandbox sebagai sarana menciptakan aset digital yang bisa mereka jual.

Sandbox bisa menjadi salah satu pemain besar dalam industri metaverse kripto dengan berbagai macam kerja sama yang terus gencar dilakukan oleh pengembangnya.

3. Decentraland (MANA)

Sumber: Decentraland

Ini merupakan sebuah metaverse di mana penggunanya dapat membeli dan menjual aset berbentuk NFT seperti properti digital yang disebut LAND. Selain itu, dunia Decentraland memfasilitasi penjelajahan, interaksi, dan berbagai macam game virtual yang dibuat oleh penggunanya. Mata uang Decentraland disimbolkan sebagai MANA yang kamu gunakan untuk membeli berbagai objek properti di dalam game.

Decentraland membagi wilayahnya menjadi ratusan LAND yang bisa dibeli pemain. Banyak bagian dari Metaverse Decentraland sudah dibagi menjadi beberapa distrik dengan tema tertentu. Saat ini, distrik terbesar adalah distrik Cyberpunk.

Banyak pemain Decentraland memonetisasi LAND mereka melalui penyewaan, periklanan, dan pengalaman berbayar menggunakan token MANA. Selain itu, banyak perusahaan dan komunitas menggunakan Decentraland untuk mengadakan konferensi dan acara virtual dengan memanfaatkan ruang sosial di dalam game.

Dengan dunianya yang sudah berjalan, MANA merupakan salah satu platform metaverse yang sudah bisa dimainkan dan dapat diakses dengan mudah.

4. My Neighbor Alice (ALICE)

Sumber: My Neighbor Alice

Pada game metaverse yang satu ini, semua pemainnya berada dalam sebuah pulau. Di dalamnya, pemain dapat menjelajhi pulau dan memiliki properti sendiri. Setelah membeli sebidang tanah, pemain dapat mendesain dan mendekorasi properti mereka untuk membuatnya seunik dan seistimewa yang mereka inginkan.

My Neighbor Alice (MNA) memiliki pengalaman yang lebih berfokus cerita dan naratifnya sendiri dengan elemen aktivitas sosial. Hal ini membuat MNA lebih memiliki bersifat game daripada metaverse lainnya. Namun, pengembang MNA mengatakan bahwa ke depannya semua pemain akan memiliki kemampuan untuk menciptakan aktivitas dan pengalamannya masing-masing.

Di mana membeli aset-aset kripto metaverse?

Kamu dapat membeli semua koin metaverse di atas melalui aplikasi Pintu. Di Pintu, kamu bisa membeli berbagai macam aset kripto dengan cara yang mudah dan tentu saja aman. Pintu juga kompatibel dengan dompet digital populer seperti Metamask sehingga kamu bisa memindahkan aset kriptomu dengan mudah!

Download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.




022


Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi