Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconPemula

Jenis Pasar Modal di Indonesia , Ada Apa Saja?

15 Feb 2022, 16:08 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Jenis Pasar Modal di Indonesia saat ini beraneka ragam untuk masyarakat yang ingin melipatgandakan nilai uangnya. Kamu yang mulai tertarik mungkin sudah sering dengar istilah pasar modal. Memang apa itu pasar modal? Dan di mana transaksi pasar modal dilakukan?

Dilansir dari laman resmi IDX, pasar modal adalah sarana bertemunya perusahaan maupun institusi lain (misalnya pemerintah) yang membutuhkan dana dari masyarakat untuk pengembangan usaha, ekspansi, penambahan modal kerja dan lain-lain, dengan masyarakat yang hendak menginvestasikan dana mereka.

Pasar modal ibaratnya seperti pasar tradisional yang menjual berbagai jenis kebutuhan dapur. Masyarakat atau investor berperan sebagai pembeli, sedangkan pihak perusahaan sebagai pedagangnya. Maka tak heran kalau ada banyak sekali instrumen investasi di pasar modal, seperti saham, obligasi, reksa dana, ETF, waran, dan masih banyak lagi.

Dalam pasar modal, ada beberapa jenis pasar yang diperuntukan untuk kegiatan investasi dan pendanaan perusahaan. Jenis Pasar Modal di Indonesia ada 4 yaitu:

  1. Pasar Perdana

Pasar perdana atau pasar primer adalah jenis pasar yang memperdagangkan saham atau surat berharga lainnya untuk pertama kalinya ke masyarakat umum, contoh untuk pasar perdana dalam saham adalah initial public offering (IPO). Dengan IPO, saham perusahaan bisa diperjual-belikan di lantai bursa oleh investor. 

Jenis Pasar Modal di Indonesia

Di pasar perdana, harga saham bersifat tetap sesuai dengan penilaian dari hasil bookbuilding saat IPO. Lalu, transaksi yang bisa dilakukan hanyalah pembelian saham yang dilepas oleh calon emiten. 

Investor yang tertarik dapat menyampaikan minatnya melalui sekuritas atau laman e-ipo.co.id. Apabila permintaan atas saham tersebut cukup tinggi, mungkin saja investor tidak mendapatkan saham sesuai dengan jumlah yang diharapkan mengingat saham yang ditawarkan di pasar perdana terbatas.

Tonton juga: Cara Beli Saham E-IPO

  1. Pasar Sekunder

Pasar sekunder adalah tempat di mana investor bisa transaksi jual-beli instrumen pasar modal yang sudah melalui tahap pasar perdana. Misalnya, ada investor yang tidak dapat jatah saham saat IPO, maka pembelian bisa dilakukan di pasar sekunder. 

Khusus untuk saham, pasar sekunder adalah tempat bertransaksi sehari-hari setiap hari perdagangan bursa.  Artinya, di pasar sekunder inilah investor dan trader saling bertemu untuk melakukan jual-beli saham. Untuk itu, harga saham di pasar sekunder cenderung berfluktuasi mengikuti supply dan demand di pasar.

Jenis Pasar Modal di Indonesia

Pasar sekunder dibagi menjadi tiga jenis:

·         Pasar Reguler

Transaksi di pasar reguler dilaksanakan dengan mekanisme continuous auction market atau proses tawar-menawar yang terus terjadi berdasarkan kekuatan pasar selama jam perdagangan melalui sistem bernama JATS (Jakarta Automated Trading System).

Saham diperdagangkan dengan satuan lot atau sama dengan 100 lembar saham yang kemudian menjadi jumlah minimal pembelian. Harga minimum di pasar reguler adalah Rp50 per lembar saham. Kecuali, saham di papan akselerasi, yang harga sahamnya bisa di bawah Rp50 per saham

Investor dapat memasukkan penawaran jual serta permintaan beli ke sistem sesuai dengan fraksi harga dan ketentuan auto rejection. Transaksi penarikan atau penerimaan uang saat jual-beli saham selesai pada H+2 hari perdagangan bursa Namun, meski transaksi belum selesai, trader bisa langsung memperdagangkan kembali sahamnya untuk jangka pendek maupun scalping. 

·         Pasar Negosiasi

Sama seperti pasar reguler, tawar-menawar juga terjadi di pasar negosiasi. Namun yang membedakan adalah aktivitas tersebut tidak berlangsung di BEI, melainkan secara individual. Meski begitu, transaksi harus tetap dilakukan melalui sekuritas dan berada di bawah pengawasan pihak bursa.

Jenis pasar ini lebih menekankan pada kesepakatan antara kedua belah pihak. Sehingga perdagangan di pasar negosiasi tidak mempunyai batas minimum harga dan satuannya boleh dalam hitungan lembar. Dari segi harga sahamnya pun juga bisa berbeda dengan pasar reguler.

Biasanya, pasar negosiasi menjadi tempat transaksi saham-saham yang kurang likuid maupun saham gocap. Namun, masalah utamanya adalah orang yang mau transaksi di pasar negosiasi harus mencari siapa yang mau beli dan jualnya sendiri. 

·         Pasar Tunai

Pasar tunai adalah jenis pasar yang biasanya diadakan untuk menyelesaikan kegagalan perusahaan sekuritas dalam melaksanakan kewajibannya di pasar reguler dan pasar negosiasi. Misalnya saja penyelesaian transaksi short selling bisa dilakukan menggunakan prinsip cash and carry (pembayaran dan penyerahan seketika) di pasar tunai.

Selain itu pasar tunai juga digunakan sebagai tempat transaksi rights issue saham, warran, dan obligasi dengan pembayaran tunai. Mekanisme perdagangannya tidak jauh berbeda dengan pasar reguler. Hanya saja pembayarannya cukup cepat, yaitu di hari H transaksi terjadi.

Baca juga: Bid dan Offer di Pasar Saham, Apa Maksudnya?

  1. Pasar Ketiga

Dalam jenis pasar modal ketiga ini, proses jual beli terjadi antara anggota bursa dan investor yang harganya sudah ditetapkan sebelumnya oleh anggota bursa. Pasar ketiga sering disebut bursa paralel karena transaksinya terjadi di luar bursa (over the counter market). Umumnya perdagangan di pasar ketiga dilakukan oleh investor besar saja.

  1. Pasar Keempat

Jenis pasar modal di Indonesia yang terakhir adalah pasar keempat. Pasar keempat merujuk pada jenis pasar yang aktivitas jual belinya terjadi antara sesama investor dan tidak melalui sekuritas. Pasar keempat hanya bisa dijalankan oleh big fund yang ingin bertransaksi dalam jumlah besar.

Tonton juga: Cara Memilih Saham untuk Investasi

Demikian jenis - jenis pasar modal di Indonesia yang terdiri dari pasar perdana, pasar sekunder, pasar ketiga, dan pasar keempat. Jika kamu mulai tertarik untuk berkecimpung di dunia saham, maka ini merupakan ilmu dasar yang wajib dijadikan bekal saat berinvestasi.

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.

-RE-




Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi