Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconPemula

Cara Membaca Bid Offer Saham

22 Feb 2022, 13:40 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Cara Membaca Bid Offer Saham merupakan hal sangat penting bagi trader. Namun pengertian bid offer pada saham masih terdengar asing bagi investor pemula. Sebelum mulai bertransaksi, ada baiknya untuk memahami istilah-istilah tersebut agar aktivitas trading tidak terhambat. Keduanya sangat penting untuk dipahami terutama kalau kamu ingin mulai melakukan transaksi jual dan beli saham. Lalu, apa arti dari istilah bid dan offer? Mari simak penjelasannya di artikel ini.

Bid

Cara Membaca Bid Offer Saham

Apa itu bid? Bid adalah harga permintaan saham yang ditentukan oleh pihak pembeli dan biasanya terletak di kolom sebelah kiri order book pada platform atau aplikasi saham. Selain nominal harga, ada juga bid volume atau bid lots yang menampilkan jumlah lot saham yang ingin dibeli.

Saat ingin melakukan transaksi, pembeli akan memasang harga yang bisa jadi lebih tinggi atau lebih rendah dari harga sebelumnya. Namun umumnya mereka menginginkan harga saham yang lebih rendah.

Misalnya, kamu ingin membeli saham INDF yang harga pasar saat itu adalah Rp6.375. Investor saham bisa mengajukan harga beli lebih rendah dari harga pasar. Namun, investor belum tentu bakal dapat sahamnya karena harus menunggu ada penjual yang memasang harga sama. 

Jika sampai penutupan pasar, harga bid tidak ada yang cocok dengan offer, transaksi batal terjadi dan saldo di rekening saham tidak akan berkurang. 

Di sisi lain, ketika  investor atau trader yakin harga saham bakal menguat. Biasanya mereka akan menggunakan strategi Haka atau hajar kanan agar bisa dapat saham tanpa perlu mengantre. Haka adalah cara investor beli saham dengan memasang bid sesuai dengan harga pasar. Dengan begitu, proses transaksi bisa diselesaikan dengan cepat karena penjual yang offer di harga pasar juga banyak.  


Baca juga: First Liner, Second Liner, danThird Liner, Begini Perbedaannya

Offer

Setelah memahami bid, tentu kamu akan jadi lebih mudah memahami istilah offer atau biasa disebut ask. Offer adalah penawaran harga jual yang biasanya terletak di kolom sebelah kanan orderbook. Sama seperti bid, jumlah lot yang ditawarkan pihak penjual tertera pada kolom offer volume atau offer lots.

Mekanisme transaksinya mirip dengan bid. Intinya baik itu bid atau offer, kedua harga permintaan dan penawaran harus cocok guna merealisasikan transaksi jual beli.  

Sebagai contoh, investor ingin menjual saham INDF yang harga pasarnya Rp6.375 per saham. Jika dalam posisi jualan, pastinya ingin jual setinggi mungkin. Investor bisa pasang offer saham INDF di harga Rp7.000 per saham. 

Namun, proses penjualan bakal menunggu, ada pembeli yang mau ambil di harga tinggi itu tidak? Kalau tidak harus mengantre dan jika sampai penutupan pasar tidak ada yang cocok, transaksi dibatalkan.

Di sisi lain, ketika investor harga saham berpotensi turun ke depannya sehingga ingin mengamankan keuntungan. Biasanya, investor akan menggunakan strategi Haki atau hajar kiri. Haki adalah cara investor jual saham dengan memasang  offer di harga pasar. Dengan begitu, transaksi bakal cepat terselesaikan karena banyak pembeli yang nge-bid di harga pasar juga. 

Baca juga: Dividen Trap, Contoh dan Cara Mengatasinya

Cara Baca Bid dan Offer

Supaya lebih paham lagi cara membaca Bid Offer saham , perhatikan orderbook dari saham BBRI di bawah ini.

Cara Membaca Bid Offer Saham

Kolom bid yang tertera menampung pesanan pembelian. Sedangkan untuk pesanan penjualan akan masuk ke kolom offer. Terlihat sebanyak 11.528 lot saham yang melakukan pembelian (bid) di harga 4.200 dan seterusnya sampai total jumlah lot sebanyak 451.858 yang bisa kamu lihat di bagian paling bawah.

Pada kolom offer, ada 71.495 lot saham yang melakukan penjualan (offer) di harga 4.210 dan seterusnya. Pesanan tersebut nantinya akan berhasil ditransaksikan seiring dengan pergerakan harga serta mekanisme price and time priority yang terjadi.

Mau tahu Cara Membaca Bid Offer Saham di orderbook lebih jauh? Baca selengkapnya melalui artikel di bawah ini.

Baca juga: Cara Membaca Bid-Offer (Orderbook)

Demikian pengertian bid offer pada saham. Mau belajar strategi trading dan cara jual beli saham biar bisa untung maksimal?  

Upgrade ke VIP user untuk menikmati fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP user, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan

Klik di sini untuk upgrade VIP user Emtrade

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.

-RE-




Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelPemula

Cara Mengetahui Saham yang Lagi Aktif Diperjualbelikan

7 Nov 2022, 15:54 WIB
article
ArtikelPemula

Berapa Minimal Cuan dari Trading Saham?

2 Nov 2022, 15:48 WIB
article
ArtikelPemula

Mau Buka Rekening Saham? Begini Ciri-Ciri Sekuritas yang Bagus

26 Sep 2022, 15:54 WIB
sekuritas yang bagus
ArtikelPemula

Tips Memilih Saham dan Menyusun Portofolio untuk Pemula

23 Sep 2022, 16:06 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi