Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Strike! Saham Kesehatan Melesat, Masih Bisa Beli?

1 Des 2021, 08:45 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Saham-saham sektor kesehatan jadi jawara ketika IHSG rontok pada perdagangan hari ini (30/11/2021). Penyebabnya varian virus Covid-19, Omicron, yang makin menyebar dan membuat investor ketar-ketir.

Melihat lonjakan tersebut, kami memutuskan membeli saham KAEF dan DGNS untuk jangka pendek dengan strategi scalping. Dengan strategi tersebut, kami berhasil take profit 3,9%-4,3% untuk KAEF dan 5,7%-6,4% untuk DGNS.

Apakah sektor kesehatan masih akan diuntungkan dari penyebaran Omicron? Apakah ada peluang buyback atau beli saham-saham sektor kesehatan?

Omricon Datang, Saham Kesehatan Jadi Harapan

Kita semua pastinya berarap varian baru Covid-19 tidak meledak seperti varian pertama dan varian Delta kemarin. Ekonomi dan keshatan sangat keras terpukul oleh hantaman virus asal Wuhan tersebut.

Namun, saat ini berita kemunculan Omicron sudah membuat investor cemas. Dampaknya pasar finansial sejak berita tersebut keluar menjadi lebih bumpy dan mudah terbawa sentimen.

Ini karena ketidak pastian di pasar mengenai dampak dan seberapa kuatnya Omicron yang saat ini masih diteliti. Namun ini jadi celah berita simpang siur bertebaran yang membuat investor cemas dan panik.

Melihat kejadian saat varian Delta mengobrak-abrik Indonesia, sektor kesehatan jadi salah satu primadona selain sektor teknologi.

Produk kesehatan jadi banyak digunakan saat COVID-19 menyerang seperti obat,alat diagnosa, dan peralatan kesehatan termasuk kapasitas Rumah Sakit jadi penuh.

Maka dari itu, saham-saham kesehatan sperti DGNS dan KAEF biasanya melejit ketika berita COVID-19 kembali tersebar.

DGNS adalah perusahaan yang berfokus pada layanan laboratorium baik klinis maupun genomic, serta layanan homecare diagnos yang merupakan layanan untuk pemeriksaan COVID.

Selain melayani pelanggan individu, DGNS juga memiliki pelanggan korporasi. Pada tahun 2020 pendapatan dari pelanggan korporasi berkontribusi 55% terhadap pendapatan pihak ketiga DGNS.

Sementara itu KAEF yang menjadi distributor vaksin dikaitkan dengan isu mengenai vaksin booster. Jika memang vaksin booster jadi dilaksanakan, maka KAEF akan diuntungkan. Selain dari produk kesehatan lainnya. DGNS berfokus pada layanan laboratorium baik klinis maupun genomic, serta layanan homecare diagnos yang merupakan layanan homecare servis untuk pemeriksaan Covid-19 maupun umum. Di samping itu, secara khusus DGNS memiliki paket pemeriksaan Covid-19 untuk memenuhi kebutuhan pemeriksaan pada masa pandemi.

Dalam hal pelanggan, selain melayani pelanggan individu DGNS juga memiliki pelanggan korporasi dimana pada FY20 pendapatan dari klien korporasi berkontribusi 55% terhadap pendapatan pihak ketiga DGNS.

Panen dari DGNS dan KAEF

DGNS secara teknikal mengalami trend sideways. Dalam jangka pendek berpotensi terkonsolidasi di support 745 yang diperoleh dari low November 2021 hingga resisten 840 yang diperoleh dari high November 2021.

Melihat ekor panjang di atas, masih belum tepat rasanya jika melakukan pembelian karena terlihat masih terdapat tekanan jual yang besar.

Jika ingin beli, lebih baik tunggu breakout di resisten 840 terkonfirmasi, sehingga menggunakan strategi buy on breakout.


Sementara itu, KAEF secara teknikal menarik karena menguat dengan volume tinggi sehingga menunjukkan potensi kelanjutan kenaikan.

Namun terdapat resisten di garis Moving Average (MA) 200 daily di area harga saat ini yang rawan menjadi area profit taking.

Dalam jangka pendek berpotensi terkonsolidasi di support 2540 yang diperoleh dari high 5 November 2021 hingga resisten 3020 yang diperoleh dari high 26 Juli 2021.

Apabila terjadi retracement ke area support 2.540 bisa dimanfaatkan untuk buy on retracement.



Bagaimana dengan strategi dan analisis kinerja keuangan lainnya?

Analisis dan strategi khusus user VIP. Klik di sini untuk upgrade ke VIP dan dapatkan full access.


-FR-

emtrade.id/disclaimer

Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi