Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconTeknikal

Cara Screening Saham Uptrend

14 Feb 2022, 10:42 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Cara Screening Saham Uptrend merupakan hal yang penting karena dalam trading saham/crypto pasti berharap dapat untung. Keuntungan dari saham/crypto tidak lepas karena dari kenaikan harganya. Nah kira-kira gimana cara identifikasi suatu saham/crypto yang harganya mau naik (uptrend)? Apa saja ciri-cirinya? Yuk kita bahas di sini. 


Siklus Harga 


Sebelum membahas Cara Screening Saham Uptrend, kita harus ketahui dulu yang namanya Siklus Harga, karena suatu saham maupun crypto selalu bergerak dalam suatu siklus yang terus berulang. Ada 4 stage dalam siklus harga saham/crypto yang harus kita kenali, bisa lihat secara lebih jelas di gambar berikut ini : 

Cara Screening Saham Uptrend

Baca juga : Siklus Harga Saham 

 

Kalau kita sudah memahami siklus harga, dalam mengidentifikasi pergerakan harga yang mau uptrend ini kita harus bisa cari tahu kenapa sih harga bisa berpindah dari stage 1 menuju ke stage 2, atau bisa dibilang berubah dari masa akumulasi menuju uptrend. Ada beberapa ciri-ciri nya sebagai berikut : 

 


1. Konfirmasi Candle Bullish


Ketika harga mulai memasuki fase akumulasi (stage 1) harga akan cenderung turun dengan volume mengecil atau akan bergerak sideways karena tekanan jualnya sudah mulai berkurang. Untuk mencari harga yang potensi bisa naik ketika penurunan harga sudah terbatas ini biasanya akan mulai terbentuk suatu candle bullish seperti berikut ini :

 

Candle Bullish


Sebagai contoh study case, ada saham UNVR di bawah ini yang sudah mengalami downtrend panjang, namun volumenya mulai mengecil kemudian terkonfirmasi candle bullish three stars in the south dan bullish engulfing yang menunjukkan harga berbalik menguat.


Cara Screening Saham Uptrend

2. Konfirmasi Pattern Bullish Reversal

 

Ketika harga sudah masuk ke fase akumulasi (stage 1) ada potensi terbentuk pola bullish reversal. Nah, kita bisa identifikasi bentuk pola-pola bullish reversal yang kemungkinan terjadi seperti berikut : 

 

Pattern Bullish Reversal

Cara Screening Saham Uptrend

Baca juga : Chart Pattern 

 

Contoh cara menentukan pola bullish reversal ada study case saham UNVR berikut ini melanjutkan dari konfirmasi candle bullish sebelumnya. Ada pola bullish reversal double bottom yang terbentuk. 

Cara Screening Saham Uptrend

Dalam penggunaan chart pattern ini sifatnya subjektif jadi kadang tiap orang bisa melihat pola yang berbeda. Namun, pada intinya dengan mengidentifikasi bentuk pola bisa membantu kita menentukan harga saham/crypto akan berbalik arah dari downtrend ke uptrend. 

3. Breakout dari Resistance 

Ciri lainnya untuk Cara Screening Saham Uptrend adalah berhasil breakout dari resistance. Ketika harga sudah terakumulasi dan berhasil breakout dari resistance artinya tekanan beli saham/crypto tersebut sudah mulai meningkat.

 

Contoh melanjutkan dari study case UNVR sebelumnya. Dari gambar dibawah ini UNVR mampu breakout dari resistance nya neckline pola double bottom. Hal ini juga mengkonfirmasi target kenaikan dari chart pattern bullish reversal yang terbentuk. Dengan terjadi breakout ini posisi resistance sebelumnya berubah menjadi support. 


Cara Screening Saham Uptrend

4. Higher High dan Higher Low

Ketika harga sudah mulai keluar dari masa akumulasi baik diikuti dengan breakout atau tidak. Untuk menuju uptrend pergerakan harga harus membentuk higher high dan higher low. 

Contohnya pada study case UNVR sebelumnya juga sudah membentuk higher high low sebagai berikut :

Cara Screening Saham Uptrend

Melihat dari saham UNVR diatas memang belum membentuk adanya higher high. Namun tren sudah lebih baik karena sudah membentuk higher low. Jadi masih ada potensi untuk bergerak uptrend. 

Contoh Cara Screening Saham Uptrend yang lebih terlihat ada higher high dan higher low dari saham INKP sebagai berikut. Uptrend akan tetap terjaga selama pergerakan harga tidak breakdown dari support uptrend line-nya. 


Itulah beberapa hal yang harus kita perhatikan tips dan cara Cara Screening Saham Uptrend yang potensial. Mau tahu lebih lanjut strategi beli dan jual saham? Yuk join VIP User Emtrade.

 

Dengan menjadi VIP user Emtrade. kamu bisa mendapatkan fasilitas konten edukasi, analisis report, tanya-jawab intensif, referensi saham, seminar rutin setiap hari. dll 

 

Upgrade as VIP user untuk dapatkan full access. Klik disini


-TN- 

Emtrade.id/disclaimer 

Investasi saham dan crypto mengandung risiko yang wajib disadari dan diantisipasi masing2. Emtrade tidak bertanggungjawab atas risiko kerugian yang mungkin terjadi.




Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi