Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconPemula

Apa itu Dividend Trap? Bagaimana Cara Menghindarinya?

8 Mar 2022, 17:30 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Apa itu dividend trap? Dividend trap artinya situasi di mana dividend yield dibuat tinggi sehingga saham terlihat menarik. Namun sebetulnya saham masih berada dalam tren sideways atau turun.


Biasanya harga akan terjadi penguatan hingga cum date, lalu mengalami pelemahan saat ex date bahkan hingga ARB beberapa hari. Alhasil, investor membeli di harga tinggi dan mengalami kerugian besar karena turunnya harga dan keuntungan dari dividend yield tidak bisa menutup rugi.


Kamus singkat:

  • Cum Date = Tanggal terakhir pemegang saham terdaftar untuk mendapatkan dividen.

  • Ex Date = Tanggal setelah Cum date. Jika beli pada tanggal ini, maka tidak dapat dividen.

  • ARB = Auto reject bawah, harga saham turun mencapai titik batas terendah dalam satu hari, sehingga kita tidak bisa jual.


Baca juga: Kamus Saham Untuk Pemula

Contoh Dividend Trap

Salah satu contohnya adalah dividend trap PTBA, di mana harga mengalami penguatan hingga cum date pada 18 Juni 2020 dengan close price 2580. Hal ini mungkin karena yield yang menggiurkan, yaitu sebesar 12.6%.


Akan tetapi saat ex date terjadi penurunan harga dan ARB selama 2 hari, sehingga kita tidak bisa jual. Baru pada tanggal 23 Juni 2020, kita bisa jual di harga 2080. Hasilnya rugi 19.4% karena turunnya harga, sementara untung 12.6% dari dividend yield tidak bisa menutup rugi.

apa itu dividen trap


Baca juga: 4 Cara Mendapatkan Dividen Saham

Cara Menghindari Dividend Trap

Secara prinsip, dividen adalah bonus. Jadi cara menghindari dividend trap yang harus dipahami oleh trader adalah dengan tidak membeli saham hanya karena emiten hendak membagikan dividen.


Keuntungan dividen lebih cocok untuk investor jangka panjang (dividend investing) karena bisa mengurangi risiko fluktuasi jangka pendek saat pembagian dividen berlangsung. Lalu tentunya saham yang dipilih harus memiliki fundamental dan historis pembagian dividen.


Baca juga: Strategi Investing Dividend


Lalu, bagaimana strategi trading saham saat ini? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.


Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.


-PA- 


emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.







Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi