Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconTeknikal

Tips Menentukan Perubahan Trend Dengan Moving Average

10 Feb 2022, 21:28 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Bagi seorang trader,  penting sekali untuk kita mengetahui perubahan dalam trend harga saham ataupun crypto. Kira-kira apakah trend akan lanjut naik/turun atau malah berubah arah. Nah ada salah satu indikator bernama Moving Average (MA) yang bisa kita pakai untuk menentukan perubahan dalam trend harga. Bagaimana caranya? Yuk kita pelajari di bawah ini.

Baca juga : Moving Average untuk Trading & Investasi

Trend Harga Lanjut Naik (Uptrend)

Dalam menentukan harga akan lanjut naik (uptrend) biasanya harga saham/crypto akan berada di atas garis MA. Fungsi garis MA yang berada dibawah harga ini akan menjadi support yang menahan harga turun. Jadi, ketika harga memantul kembali dari support garis MA tersebut, harga cenderung akan lanjut naik seperti contoh gambar dibawah ini.

 

Trend Harga Lanjut Turun (Downtrend)

Ketika harga akan lanjut turun (downtrend) biasanya harga saham/crypto posisinya berada di bawah garis MA. Fungsi garis MA yang berada di atas harga ini bisa menjadi resistance yang membatasi harga lanjut naik. Jadi, ketika harga tidak mampu menembus resistance maka harga akan cenderung turun seperti contoh dibawah ini.


Uptrend Berubah Jadi Downtrend

Dari masa uptrend berubah menjadi downtrend, biasanya harga mulai menunjukkan penguatan yang terbatas dan volume mulai mengecil yang menunjukkan tekanan beli mulai berkurang. Kemudian harga akan turun dari support garis MA (breakdown support) yang menunjukkan patah trend.

Ketika support garis MA berhasil tertembus, maka support tersebut akan menjadi resistance baru. Kemudian akan ada konfirmasi Deatch Cross yang terjadi ketika garis MA kecil memotong ke bawah garis MA besar, seperti yang terlihat pada contoh gambar dibawah ini. 

 

Downtrend Berubah Jadi Uptrend

Ketika harga dari downtrend akan berubah menjadi uptrend biasanya penurunan harga sudah mulai terbatas dan volumenya mulai mengecil, kemudian akan didahului dengan harga breakout diringin dengan volume tinggi yang menunjukkan akumulasi.

Baca juga : Siklus Harga Saham

Ketika harga naik tinggi dengan volume tinggi (breakout) biasanya akan menembus resistance support garis (MA). Resistance yang berhasil di tembus akan berubah menjadi support baru. Kemudian akan di konfirmasi dengan Golden Cross, yang terjadi ketika garis MA kecil menembus ke atas garis MA besar, seperti yang terlihat di contoh gambar berikut ini. 


Keterangan :

MA20   : Warna Merah

MA50   : Warna Biru

MA100 : Warna Hijau

MA200 : Warna Abu-abu

Jadi, itulah beberapa hal terkait bagaimana cara menentukan apakah trend harga saham/crypto bakal lanjut naik/turun, ataupun berubah arah. Ingin tahu lebih banyak tentang indikator teknikal lainnya? Yuk join VIP User Emtrade.

Dengan menjadi VIP user Emtrade. kamu bisa mendapatkan fasilitas konten edukasi, analisis report, tanya-jawab intensif, referensi saham, seminar rutin setiap hari. dll

Upgrade as VIP user untuk dapatkan full access. Klik disini

-TN-

Emtrade.id/disclaimer

Investasi saham dan crypto mengandung risiko yang wajib disadari dan diantisipasi masing2. Emtrade tidak bertanggungjawab atas risiko kerugian yang mungkin terjadi.

Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi