Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Surprise! UNVR Naik 4% Sehari. Masih Bisa Lanjut?

22 Nov 2021, 08:05 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Harga saham PT Unilever Indonesia (UNVR) melonjak pada perdagangan akhir pekan kemarin. Tentu saja hal ini membuat saham yang menjual kebutuhan sehari-hari tersebut menjadi menarik secara teknikal.

Selain menarik secara teknikal, UNVR saat ini memiliki valuasi relatif yang bisa dibilang terdiskon. Hal ini yang kemudain membuat Emtrade merekomendasikan UNVR untuk trading dalam jangka pendek (<1 bulan) atau jangka menengah (<6 bulan).

Sejauh mana UNVR bisa melaju?

UNVR secara teknikal menarik karena memantul support MA100  daily di 4480. Dalam jangka pendek berpotensi menguat menguji area resisten 4880 yang diperoleh dari High 8 Okt 2021. Dalam jangka menengah berpotensi menguat menguji area resisten 5330 yang diperoleh dari High Okt 2021.


Valuasi Terdiskon

UNVR sat ini memiliki valuasi yang terdiskon dengan (Price to Earnings) PE 25,7x lebih rendah 37,32% dibandingkan PE rata-rata 5 tahun sebesar 41,0x.

Sumber: Bloomberg

Mobilitas Meningkat, Peluang Bagi UNVR

Berdasarkan Google Mobility Index, trend mobilitas di ritel & rekreasi dan perkantoran Indonesia semakin meningkat sejak awal September 2021. Diharapkan trend ini terus membaik seiring dengan vaksinasi yang terus dikebut oleh pemerintah.


Sumber: Google Mobility Index, Emtrade

Meningkatnya aktivitas perkantoran menjadi keuntungan bagi UNVR terutama untuk segmen perawatan tubuh. Aktivitas yang banyak di luar rumah akan merangsang pertumbuhan penggunaan produk shampo, sabun, dan doedorant lebih banyak ketimbang aktivitas di rumah.

Hal ini baik untuk pertumbuhan segmen home and care UNVR pada kuartal keempat 2021. Sebagi informasi, segmen ini berkontribusi 66,78% terhadap total penjualan UNVR.

Sementara itu, meningkatnya aktivitas di tempat ritel & rekreasi yang mencakup restoran dan cafe juga memberikan keuntungan bagi UNVR untuk segmen makanan dan minuman.

Marjin Tergerus Harga Komoditas

Pada kuartal ketiga 2021 (3Q2021), marjin laba kotor UNVR tercatat 49%, turun dari 53% pada periode yang sama tahun 2020. Hal ini karena biaya produksi yang stabil di tengah penurunan penjualan 3Q2021  sebesar 7,8% (year-on-year/yoy) dibanding kuartal ketiga 2020 (3Q2020).

Pertumbuhan biaya produksi cenderung stagnan karena kenaikan pada biaya bahan baku. Bahan baku UNVR pada 3Q2021 sebesar 8,3% yoy dibandingkan dengan 3Q2020. Penyebabnya adalah kenaikan harga komoditas yang melonjak. Naiknya harga komoditas ini jadi risiko bagi UNVR.

Mengutip riset Ciptadana Sekuritas Asia, manajemen UNVR mengungkapkan bahwa mereka telah menaikkan harga produk sekitar 2% di awal Oktober untuk mengimbangi pertumbuhan inflasi karena kenaikan harga komoditas.

Namun, kenaikan harga lebih lanjut akan bergantung pada pemulihan ekonomi dan daya beli konsumen. Manajemen mengambil sikap hati-hati terhadap penetapan harga ke depan.

Mereka sekarang lebih fokus pada strategi portofolio untuk melayani lebih banyak permintaan di segmen menengah ke atas dan menghadirkan lebih banyak produk. 

Selain itu, E-commerce juga tetap jadi fokus karena mampu tumbuh >100% selama 2 tahun terakhir dan sekarang memberikan kontribusi kepada pendapatan perusahaan hingga mencapai 5%. UNVR menargetkan e-commerce dapat berkontribusi sekitar 9% dalam 5 tahun ke depan.


Bagaimana strategi selengkapnya?

Klik di sini analisis & strategi saham UNVR

Analisis dan strategi khusus user VIP. Klik di sini untuk upgrade ke VIP dan dapatkan full access.


-FR-

emtrade.id/disclaimer

Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi