Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Investor Happy BBYB Naik 34% dalam Dua Hari, Masih Bisa Lanjut?

17 Nov 2021, 11:56 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Mata investor tertuju kepada saham PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB) yang cuan dalam sekejap. Pasalnya, harga saham yang terafiliasai dengan Alibaba Group tersebut naik 34% hanya dalam dua hari perdagangan Bursa.

Lonjakan harga saham yang signifikan tersebut dikaitkan dengan pertumbuhan nasabah yang fantastis sejauh ini.

Menurut manajemen, sampai saat ini BBYB sudah memiliki 11,5 juta nasabah. Fitur pembukaan rekening secara online yang dirilis tanggal 21 September 2021 dyakini jadi kunci pertumbuhan nasabah BBYB.

Aplikasi Neobank telah berkontribusi menambahkan 5,4 juta pelanggan sejak pertama kali diluncurkan. Bahkan, jumlahnya terus bertambah hingga 30-40 ribu nasabah setiap hari.

Selain pembukaan rekening online, aplikasi Neo juga mengandalkan fitur Neo World, Neo Journal, dan pembayaran via Virtual Account (VA) sebagai andalan untuk meningkatkan pengalaman nasabah.

Neo World adalah fitur perbankan interaktif yang memungkinkan penggunanya untuk menambahkan kontak mereka, melakukan pencarian harian, dan mendapatkan koin yang pada akhirnya akan menghadiahi mereka dengan berbagai program promosi BBYB. 

Neo World mengadopsi konsep permainan untuk berinteraksi dengan para nasabahnya. Ini merupakan terobosan, bahkan dalam perbankan digital di Indonesia dalam memberikan pengalaman baru kepada pelanggan.


Sedangkan Neo Jurnal dapat memberikan pengalaman kepada nasabah untuk dapat mencatat pendapatan/pengeluaran mereka setiap bulan, serta menetapkan anggaran untuk bulanan mereka pendapatan/beban. 

Aplikasi ini membantu untuk mengkompilasi semua transaksi yang diinput oleh pelanggan untuk membentuk jurnal bulanan, dan selain itu, untuk menyajikannya sebagai diagram lingkaran.


Selain itu, nasabah dapat melakukan transfer hanya membutuhkan nomor telepon penerima tanpa harus mmemasukan nomor rekening penerima. 

Aplikasi neobank juga telah mengembangkan kemampuan gateway pembayarannya, dengan bermitra dengan beberapa pemain e-commerce dan e-wallet. Hal ini untuk memfasilitasi pembayaran VA ke bank lain dan e-commerce seperti: Mandiri, BRI, BNI, Permata, CIMB, Akulaku, Shopee, Tokopedia, DANA,Bukalapak, Lazada, Blibli, JD.ID, OVO, LinkAja, dan Gojek

Fitur-fitur tersebut ini terbukti ampuh dan efektif meningkatkan interaksi dengan nasabah hingga 70%-80%, dari sebelumnya hanya 30%-40% dari total nasabah.

Nasabah BBYB sebagai bank digital bukanlah pepesan kosong. Dari total nasabah yang menggunakan aplikasi Neo, sejumlah 60% telah menyetor uang mereka ke rekening dengan saldo rata-rata Rp 250.000 per pengguna.

Hal ini dinilai jadi pondasi yang baik bagi BBYB untuk berselancar di dunia perbankan digital Indonesia.

Sebagai informasi, Bank Neo telah memperoleh izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memiliki produk pinjaman digital sendiri.

BBYB akan memiliki 3 produk digital utama:

1. Cicilan Tunai, tenor 1-15 bulan dengan jumlah tiket pinjaman Rp2-15jt dan pinjaman

imbal hasil 30-70%,

2. Instant Cash, pinjaman bayaran dengan tenor lebih pendek 2-4 minggu dengan

ukuran tiket pinjaman Rp500rb-IDR2mn dan hasil pinjaman 0,2%-0,4% per hari, dan

3.  Produk BNPL mereka sendiri. 

Pada tahap awal, semua produk pinjaman akan diperkenalkan di aplikasi Akulaku, dan akan diluncurkan di Neobank akhir tahun 2022.

Menurut perusahaan, porsi digital direct lending akan mencapai 50%-60% dari total lending, sedangkan channeling pinjaman akan mencapai kurang lebih 30% dari total pinjaman. 

Untuk mendukung pertumbuhan ke depan, BBYB berencana untuk mengumpulkan Rp2,5 triliun melalui right issue di kuartal keempat 2021 (4Q2021) dan Rp4-5 triliun tahun depan.

Rekomendasi BBYB

Kami merekomendasikan BBYB untuk trading jangka menengah karena melihat teknikal yang menarik. BBYB secara teknikal menarik karena breakout dari base sideways yang menunjukkan tanda kelanjutan kenaikan. Dalam jangka pendek berpotensi menguat menguji area resisten 2560 yang diperoleh dari proyeksi pola base.

Jika belum punya, di area support 1850 yang diperoleh dari High Ags 2021. Jika sudah punya, keep hold.


Bagaimana strategi selengkapnya?

Klik di sini analisis & strategi saham BBYB

Analisis dan strategi khusus user VIP. Klik di sini untuk upgrade ke VIP dan dapatkan full access.



-FR-

emtrade.id/disclaimer


Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi