Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Sentimen Ini Dorong Harga Saham ASII?

10 Nov 2021, 15:19 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Saham ASII menjadi salah satu saham big caps yang melejit pada perdagangan 10 November 2021. Bahkan, saham ASII menjadi saham yang paling diburu investor asing. Kira-kira ada apa nih dengan salah satu saham big caps itu ya?


Sampai penutupan perdagangan 10 November 2021, saham ASII mencatatkan kenaikan 5,56 persen menjadi Rp6.175 per saham. Dengan kenaikan itu, ASII termasuk 10 saham dengan kenaikan tertinggi pada perdagangan periode tersebut. 


Bahkan, ASII mencatat aksi net buy atau beli bersih asing terbesar senilai Rp252,5 miliar pada perdagangan 10 November 2021. 


Kenapa Saham ASII Melejit?


Salah satu sentimen terkait ASII antara lain, anak usahanya di bidang otomotif AUTO mendapatkan tambahan potensi pendapatan dari kebijakan pemerintah provinsi DKI Jakarta. Jadi, pemprov DKI Jakarta menerapkan kewajiban uji emisi untuk kendaraan berusia di atas 3 tahun. 


Nah, salah satu tempat uji emisinya adalah bengkel-bengkel milik AUTO. Artinya, ada potensi pendapatan tambahan dari aktivitas uji emisi. Apalagi, periode aktif uji emisi hanya berlaku satu tahun, artinya bisa menjadi potensi pendapatan berulang untuk AUTO. 


Saham AUTO pada 10 November 2021 juga naik 6,81 persen menjadi Rp1.255 per saham.


Korelasi  Kuat Antara ASII dengan Sektor Otomotif


Kebijakan itu memang bakal mendorong pendapatan dari anak usaha ASII, yakni AUTO. Namun, sentimen positif itu juga cukup mempengaruhi ASII karena bisa makin memperkokoh pendapatan perseroan dari divisi otomotif. 


Apalagi, divisi otomotif adalah kontributor laba bersih terbesar ASII pada kuartal III/2021. Divisi otomotif berkontribusi untuk laba bersih ASII senilai Rp5,5 triliun dari total Rp14,97 triliun. Nilai itu menjadi yang terbesar dibandingkan divisi alat berat dan pertambangan senilai Rp4,65 triliun dan keuangan Rp3,38 triliun. 


Divisi otomotif ASII memang bangkit pada  2021 setelah kasus Covid-19 kian membaik ditambah ada insentif pajak untuk pembelian mobil baru. Kondisi itu membuat penjualan mobil ASII melonjak 79 persen pada kuartal III/2021, sedangkan penjualan motor naik 26 persen. 


Emtrade juga sudah mengoleksi ASII untuk jangka pendek sejak 28 Oktober 2021 dengan floating profit 1,7 persen 0 4,7 persen. Lalu, untuk jangka menengah hold sejak 18 Agustus 2021 dengan floating profit 18,1 persen sampai 22,7 persen. 


Lalu, bagaimana strategi trading ASII ke depannya? Yuk upgrade ke VIP user untuk bisa mendapatkan seluruh fitur lengkap Emtrade


Dengan menjadi VIP user, kamu bakal mendapatkan konten edukasi, analisis, research report, referensi saham, tanya-jawab saham intensif, day-morning briefing saham setiap hari perdagangan, crypto class, dan seminar rutin setiap akhir pekan. 


Klik di sini untuk upgrade ke VIP user Emtrade sekarang


-SR-


Emtrade.id/Disclaimer


Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi