Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-icon

Tips Trading Hadapi Volatilitas Crypto yang Tinggi

26 Jan 2022, 17:42 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Pernahkan kalian mengalami pergerakan harga yang sangat volatil saat trading suatu crypto, bisa dibilang gerakan harganya cepat naik dan juga cepat turun. Sebenarnya apa itu Volatilitas? Kira-kira bagaimana cara menghadapi volatilitas harga yang tinggi ini? 


Apa Itu Volatilitas?


Volatilitas, merupakan selisih jarak antara fluktuasi atau naik turunnya harga crypto dalam suatu periode waktu tertentu. Semakin tinggi selisih yang terjadi maka volatilitas harga semakin tinggi. Hal ini terjadi ketika harga crypto naik cepat dan tiba-tiba turun cepat. Akibatnya akan ada selisih harga yang cukup tinggi dari harga terendah dan harga tertinggi dalam suatu waktu. 


Contohnya lihat pada grafik crypto OMG berikut ini : 


Volatilitas harga yang tinggi bisa menunjukkan risiko saham/crypto tersebut tinggi, namun disisi lain, dapat memberikan keuntungan yang tinggi juga. Karena pada dasarnya pergerakan saham/crypto “High Risk, High Return”.


Lalu, Bagaimana Caranya Trading Ketika Dihadapkan pada Crypto yang Volatilitasnya Tinggi?


Dalam menghadapi pasar yang cepat berfluktuasi atau bisa dibilang risiko volatilitasnya tinggi ada beberapa tips yang bisa kita praktekan : . 


  1. Tentukan gaya trading yang mau dipakai

Dalam trading suatu crypto ada baiknya kita ketahui dulu gaya trading yang mau dipakai itu seperti apa. Gaya ini bisa disesuaikan dengan profil risiko kita,  jenis crypto yang mau kita beli, lalu tujuan kita beli crypto ini untuk apa mau trading atau investasi. Jangan sampai, kita salah menentukan crypto yang sebenarnya buat trading malah jadi crypto untuk investasi. 


  1. Pahami risk management

Kita bisa mulai menentukan money management untuk aset alokasi keuangan kita, trading crypto mulai dari modal kecil dulu, dan jangan terlalu agresif dalam tambah modal. Jangan lupa berikan level stop loss untuk amankan modal kita, Jika kena level stop loss, jangan ragu untuk lakukan cut loss. 


Baca juga : Modal kecil cuan, tambah modal rugi, Gimana dong?


  1. Pahami bahwa pasar selalu benar 

Kita harus memahami bahwa pasar selalu bergerak fluktuatif, dan segala hal yang terjadi selalu dicerminkan pada pergerakan harganya. Jadi, bisa kita bilang kalau pasar itu selalu benar, jadi kitalah yang harus beradaptasi. 


Ketika terjadi volatilitas tinggi, ini juga bisa menggambarkan mood market atau kondisi pasar saat ini. Kita harus siap beradaptasi dengan cara membuat trading plan yang sesuai dengan kondisi pasar. 


  1. Wajib membuat Trading Plan 

Kita harus membuat trading plan dulu sebelum beli crypto. Buatlah trading plan sesuai dengan kondisi pasar dan gaya trading/investasi yang mau dipakai, serta analisis dulu crypto berdasarkan analisis teknikal maupun fundamental. 


  1. Jika salah, akui dan evaluasi 

Kadangkala trading plan kita tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Jadi, kita harus fleksibel ketika ada kesalahan dan berakhir rugi, kita bisa coba evaluasi kesalahannya dimana agar kedepannya kita tidak mengulangi kesalahannya yang sama, namun jangan berkecil hati, karena kesempatan akan selalu datang setiap hati, dan kita bisa perbaiki dari sedikit-sedikit, sembari terus belajar. 


Nah, jadi itu beberapa hal tentang volatilitas dan bagaimana cara kita menghadapinya. Untuk belajar strategi trading crypto lainnya bisa klik di sini


Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi