Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

4 Tips Investasi ala Sandiaga Uno

23 Agu 2021, 08:53 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Sejak pandemi Covid-19 jumlah investor ritel meningkat pesat, 72%-nya merupakan investor ritel dan didominasi oleh usia milenial dan generasi Z. 


Dalam kesempatan mengisi acara Webinar: Pertumbuhan Ekonomi Kreatif & Peluang Berinvestasi pada 22 Agustus 2021, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberikan tips investasi untuk investor ritel yang baru menjajaki di pasar modal.


Manfaatkan Fear and Greed di Pasar


Pasar modal memang dikenal dengan tingkat volatilitasnya yang tinggi, harganya enggak bisa diprediksi, namun Sandiaga Uno berpesan volatilitas itu memang untuk menguji nyali kita, “Saya ada di grup atau mazhab fundamental investing, value investing, volatility ini selalu mengikuti mantra dia, yaitu adalah 'kombinasi antara greed and fear' jadi kita mesti greedy when everybody else is fearful, dan kita mestinya fearful when anyone else is greedy”. 


Pilih Saham yang Punya Valuasi Wajar


Salah satu cara untuk menentukan saham mana yang baiknya kamu investasikan adalah menilai valuasi dari perusahaan tersebut serta apakah memiliki prospek jangka panjang yang bagus. 


Nah, ketika ada volatilitas itu lah kamu bisa menerapkan tips nomer 1, apabila valuasinya tepat dan banyak investor khawatir menjadi waktu yang tepat untuk membeli sahamnya. “Jadi ketika ada volatility itu orang-orang biasanya takut, maybe that’s a good time to buy, tapi at what price itu yang harus kalian research dengan sangat jitu dan komprehensif” ujar Sandiaga Uno. 


Jangan Berspekulasi


Dengan meningkatnya jumlah investor ritel sejak awal pandemi Covid-19 tahun 2020, enggak sedikit yang menjadikan pasar modal sebagai ‘sarana hiburan’. Sandiaga Uno mengimbau investor ritel khususnya kaum milenial untuk berinvestasi jangka panjang supaya bisa menikmati hasil yang maksimal, dengan catatan perusahaan yang dipilih pun harus memiliki prospek jangka panjang yang baik.


Jangan Lupa Taking Profit


Ketika harga saham di portofolio kamu mengalami peningkatan di luar band valuasi disitu lah waktu yang tepat untuk take profit, “Satu nasehat dari Warren Buffett juga adalah, you never go wrong when you take profit, itu yang selalu saya tanamkan” Ujar Sandiaga Uno. 


Itu lah tips berinvestasi ala Sandiaga Uno, mau tahu penjelasan lengkapnya? Yuk tonton rekaman Webinar: Pertumbuhan Ekonomi Kreatif & Peluang Berinvestasi pada 22 Agustus 2021 bersama Pak Sandiaga Uno di sini.


Mau belajar saham lebih intensif dan praktis? Yuk gabung jadi user VIP Emtrade. Dengan menjadi user VIP Emtrade, kamu bisa mendapatkan konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab intensif, referensi saham, seminar rutin dan morning & day briefing. 


Klik di sini untuk gabung


-C-


Emtrade.id/Disclaimer


Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi