Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconPemula

Kenapa SIDO Bagi Saham Bonus? Berikut Penjelasannya

2 Agu 2021, 10:37 WIB
Bagikan s
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image
PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. (SIDO) berencana membagikan saham bonus pada Oktober 2021. Rencananya, setiap pemegang 131 lembar saham SIDO bakal mendapatkan 1 lembar saham bonus. Kira-kira apa sih saham bonus ini dan apa dampaknya kepada kinerja SIDO? 

Saham bonus adalah salah satu bentuk pembagian saham kepada pemegang saham secara cuma-cuma. Namun, saham bonus berbeda dengan dividen saham. 



Perbedaan antara saham bonus dan dividen saham adalah sumber dana yang dikeluarkan untuk memberikan saham kepada pemegang saham. 

Dividen saham memberikan saham kepada pemegang saham dengan sumber dari laba ditahan saja, sedangkan saham bonus mengambil dari laba ditahan atau agio saham seperti saham treasuri. 

Pembagian saham bonus ini tidak memberikan dampak apapun kepada kinerja emiten. Soalnya, saham yang dibagikan berasal dari saham yang sudah ada sebelumnya bukan penerbitan saham baru. 

Kenapa SIDO Bagi Saham Bonus?


Dalam keterbukaan informasi SIDO, perseroan menjelaskan pembagian saham bonus ini sejalan dengan komitmen perseroan untuk meningkatkan likuiditas perdagangan saham di bursa. Untuk itu, perseroan akan mengembalikan saham treasuri yang dimilikinya kembali ke pemegang saham. 

Jadi, saham treasuri milik SIDO itu adalah hasil dari aksi buyback perseroan pada September 2015 sampai Februari 2016. Total, perseroan melakukan buyback sebnayak 519,75 juta lembar saham dengan harga Rp256,3 per saham. 

Waktu itu, SIDO melakukan buyback demi menstabilkan saat kondisi pasar saham sangat fluktuatif. 

Nantinya, SIDO bakal membagikan 227,25 juta lembar saham ke pemegang sahamnya dari total saham treasuri yang tersisa sebanyak 229,77 juta lembar saham. 


Buat kamu yang mau belajar saham lebih intensif lagi, yuk gabung menjadi VIP user Emtrade. Dengan menjadi VIP user Emtrade, kamu bakal mendapatkan konten edukasi, konten analisis, research report, tanya-jawab intensif, referensi saham, seminar rutin, dan morning serta day briefing setiap hari. 


-S-

Bagikan s
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi