Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconPemula

ESG Leader, Indeks Saham yang Bukan Sekadar Fokus di Lingkungan

2 Agu 2021, 10:36 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Saham teknologi memang menjadi tren terkini saat ini, tetapi selain itu juga muncul tren koleksi saham ESG. Bahkan, BEI sampai bikin indeks secara khusus. Memang apa sih ESG itu dan apa bedanya dengan Sri Kehati?


ESG sering disebut dengan sustainable investing dengan tujuan memberikan keuntungan jangka panjang yang lebih menarik dan dampak sosial yang lebih positif terhadap lingkungan. dan sosial 


Untuk mendukung penerapan ESG di Indonesia, Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan indeks baru, yaitu IDX ESG Leaders pada 14 Desember 2020. 


Memangnya, apa sih ESG Leader itu?


ESG itu singkatan dari Environmental, Social, Governance yang merupakan sebuah konsep perusahaan secara menyeluruh, enggak hanya fokus untuk keuntungan perusahaan semata tetapi juga enggak merugikan lingkungan dan sekitarnya seperti penggunaan energi ramah lingkungan dan pengelolaan limbah yang baik. 


Enggak cuma lingkungan aja lho, aspek sosial juga turut diperhatikan, terkait bagaimana kesejahteraan karyawan di perusahaan tersebut dan apakah perusahaan memiliki hubungan yang baik dengan stakeholder-nya. Bahkan, sampai bagaimana kesetaraan gender di perusahaan tersebut.


Nah, IDX ESG Leader ini mengukur kinerja saham yang memiliki penilaian ESG yang baik, enggak terlibat pada kontroversi dan memiliki likuiditas serta kinerja keuangan yang baik.


IDX ESGL ini dibentuk berdasarkan penilaian risiko ESG sebuah perusahaan, sejauh mana penerapan ESG yang dilakukan oleh perusahaan tersebut dan bebas dari kontroversi. Penilaian akan dilakukan melalui Sustainanalytics, yakni lembaga penelitian ESG dan tata kelola perusahaan.. 


Daftar Saham Indeks IDX ESG Leaders


Sepanjang tahun 2021, BEI telah merubah sebanyak 3 kali daftar IDX ESGL ini, berikut adalah daftar 30 saham yang masuk ke dalam indeks IDX ESGL yang berlaku 21 Juni hingga 14 September 2021.

Sumber: Bursa Efek Indonesia


Bagaimana Kinerja Saham Indeks IDX ESGL?

Hingga awal tahun 2021, pergerakan IDX ESGL memiliki return yang lebih tinggi dibandingkan LQ45. 

Sumber: Bursa Efek Indonesia

BACA JUGA: Apa itu ESG? Berikut Bocoran Saham-sahamnya


Nah, buat kamu yang penasaran mengenai penjelasan ESG lebih lanjut dan potensi saham-saham ESG, yuk tonton rekaman seminar online ESG: Trend Bola Salju Supporting Tech Stock di sini.


Supaya enggak ketinggalan acara seperti ini plus bisa belajar saham lebih intensif, kamu bisa bergabung menjadi VIP user Emtrade.


Enggak hanya itu, degan menjadi user VIP Emtrade, kamu bakal mendapatkan konten edukasi, konten analisis, research report, tanya jawab saham intensif, referensi saham, seminar rutin, bedah emiten dan webinar setiap pagi (morning & day briefing).


Klik di sini untuk langsung join user VIP Emtrade


-C- 


emtrade.id/disclaimer


Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi