Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconFundamental

Cara Hitung EV to Sales

2 Agu 2021, 10:34 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Valuasi saham new economy lebih condong melihat sales atau user dibanding laba karena erat kaitannya dengan ekosistem. Salah satunya adalah EV to sales (EV/S). EV/S juga bisa digunakan untuk menghitung saham ritel. Bagaimana cara menghitungnya dan bagaimana menilai saham tersebut murah atau mahal?

EV to Sales

EV to sales (EV/S) adalah valuasi yang membandingkan enterprise value saham dengan pendapatan atau penjualan perusahaan. Selain memperhitungkan pasar, EV juga memasukan utang untuk memvaluasi perusahaan.

Rumus EV to Sales adalah:

Menghitung EV/S

Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk menghitung EV to Sales adalah:

Kamu perlu menyiapkan data-data yang diperlukan seperti kapitalisasi pasar, utang, kas dan setra kas, dan jumlah saham beredar. Kamu bisa download laporan keuangan perusahaan di www.idx.co.id atau web perusahaan untuk mendapatkan penjualan dan jumlah saham beredar.

Sebagai contoh, kami menggunakan MPPA sebagai peritel dan juga masuk ke dalam ekosistem GoTo.

Pertama kita cari harga pasar MPPA terakhir. Pada contoh kasus ini, kita akan menggunakan harga penutupan saham MPPA tanggal 9 Juli 2021 sebesar 1210/lembar dengan kapitalisasi pasar Rp 9110.3 miliar.

Kedua kita harus meghitung EV MPPA. EV didapatkan dari kapitalisasi pasar saat ini ditambah posisi utang dikurang kas saat ini (kuartal 1 2021). Utang yang digunakan adalah utang yang memiliki bunga atau serupa bunga.



Utang MPPA di kuartal 1 2021 yang bisa kita gunakan adalah pinjaman bank, liabilitas sewa jangka pendek, dan liabilitas sewa jangka panjang. Kemudian 3 akun tersebut dijumlahkan menghasilkan Rp 2431.2 miliar.  Sementara itu cash sebesar Rp 223.8 miliar.

Maka dari itu EV dari MPPA sebesar:


Kedua kita harus meghitung sales per shares­ dari penjualan MPPA dan jumlah saham beredar. Setelah itu, kita bagi antara penjualan dan jumlah saham beredarnya.



 

 MPPA sudah mengeluarkan laporan penjualannya pada kuartal 1 2021. Kita perlu menyetahunkan penjualan MPPA pada kuartal-I dengan cara forecasting atau membuat perkiraan untuk penjualan tahun penuh 2021 agar valuasi kita forward looking. Angka forecast bisa kamu dapatkan di riset-riset analisis saham yang diterbitkan oleh sekuritas atau melihat di menu analisis emtrade.

Pada kasus ini, ditemukan forecast untuk penjualan MPPA di tahun 2021 sebesar Rp 7274 miliar. Sehingga EV/ Sales MPPA sebesar:


Kita bisa membandingkan EV/Sales MPPA dengan pesaingnya yaitu AMRT sebesar 0.65x yang artinya MPPA memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan dengan AMRT yang berarti sudah cukup mahal valuasi dari MPPA.


Nah, buat kamu yang mau belajar cara menghitung valuasi seperti ini serta belajar saham lebih intensif bisa gabung menjadi VIP user Emtrade.


Dengan menjadi user VIP Emtrade, kamu bakal mendapatkan konten edukasi, analisis saham, research report, event khusus member premium, referensi saham, tanya jawab intensif, sampai webinar khusus setiap pagi dan siang saat pasar saham dibuka. 


Klik di sini untuk langsung join user VIP Emtrade


-R-

emtrade.id/disclaimer 

Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi