Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconPemula

Cara Menentukan Waktu Terbaik Membeli Saham

12 Mar 2022, 12:05 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Cara menentukan waktu terbaik membeli saham menjadi tantangan bagi setiap trader maupun investor. Soalnya, jika salah menentukan waktu beli saham, bisa jadi akan memengaruhi potensi keuntungan. 


Salah satu cara untuk menentukan waktu terbaik membeli saham adalah melihat momentum di pasar saham. Soalnya, setiap saham pasti punya momentumnya masing-masing. 


Begini cara beli saham dengan memperhatikan momentum: 




Momentum di Pasar Saham


Di bulan Desember ada momen yang disebut window dressing. Soalnya, pada bulan tersebut para institusi ‘mempercantik’ portofolionya agar terlihat bagus saat penutupan akhir tahun & IHSG pada bulan Desember pun cenderung naik.


Setelah itu, muncullah January effect, dimana pas awal tahun, harga saham juga naik. Dimana investor bersemangat investasi dan optimis ekonomi akan membaik di tahun baru. 


Ini juga efek dari window dressing saat bulan Desember, saat investor menjual saham-saham yang masih rugi supaya portofolionya bagus. Nah, di bulan Januari, mereka membeli kembali saham tersebut.


Lalu, setelah beberapa bulan biasanya keadaan pasar sesungguhnya akan mulai terlihat dan mulai menjual sahamnya di bulan Mei, bahasa kerennya ‘Sell in May & and Go Away’ dan akan masuk lagi di bulan November untuk menyambut window dressing.


Jadi, untuk investor, kamu bisa mulai membeli saham di bulan Agustus-Oktober ketika market cenderung turun untuk dapat harga yang paling murah.


Nah, kalau kamu seorang trader, bisa manfaatkan waktu tersebut untuk beli saham. Caranya adalah beli sahamnya ketika masuk fase breakout, dimana pergerakan harga sahamnya berhasil melewati area resistance.


BACA JUGA: Awas False Breakout, Berharap Untung Berujung Buntung 


Atau bisa juga buy dengan strategi buy on weakness (BOW), beli saham ketika harganya di bawah level support. Dengan catatan, pahami dulu analisis fundamental dan teknikal perusahaannya, jadi kamu bisa tahu apakah harganya akan berbalik menguat dalam jangka pendek atau malah jatuh semakin dalam. 


Solusi lainnya, supaya kamu enggak kelewatan timing beli yang pas, gabung aja jadi user premium Emtrade.id agar kamu tau cara menentukan waktu terbaik membeli saham.


Kamu bisa dapat analisis saham, report research saham, tanya jawab intensif, referensi saham, event khusus user premium, sampai webinar rutin morning dan day briefing interaktif. 


Yuk join sekarang, langsung saja klik emtrade.id/Whatsapp

 

-C-

 

Emtrade.id/Disclaimer





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi