Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconPemula

Pahami Bedanya Analisis Fundamental dan Teknikal, Kamu Lebih Suka yang Mana?

1 Okt 2021, 19:01 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image
Kamu termasuk yang mana, in fundamental we trust atau in chart we trust? dua kalimat itu memang menggambarkan dua kelompok berbeda, yakni kelompok analisis fundamental dan teknikal. Memang apa sih beda  keduanya?

1. Analisis Fundamental

Analisis fundamental itu adalah cara analisis saham dengan melihat bisnis model perusahaan, manajemen, kemampuan perusahaan menghasilkan laba, serta valuasi saham. 
Tipe analisis fundamental sangat berguna untuk kamu yang ingin mengetahui prospek ke depan sebuah saham dalam jangka panjang seperti lebih dari 1 tahun. 
Lalu, kamu juga bisa mengantisipasi disrupsi yang bisa menganggu bisnis saham yang ingin kamu koleksi. 
Dengan analisis fundamental, kamu juga bisa menilai bagauaman strategi manajeme perusahaan dalam mengelola bisnisnya. Apakah inovatif dan tergolong perusahaan sehat atau tidak. 
Kemudian, kamu juga bisa menilai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba hingga bisa membagikan dividen ke pemegang sahamnya. 
Terakhir, kamu bisa melihat apakah saham yang mau dibeli itu berada di bawah harga wajar alias diskon atau tidak. Memang, harga saham murah tidak menjamin bakal naik, tapi dengan membeli saham yang lagi diskon bisa meminimalisir risiko growth trap. 

2. Analisis Teknikal

Analisis teknikal adalah cara untuk menganalisis pergerakan harga saham dengan menggunakan grafik harga saham secara historis dan memperhatikan volume transaksi beli dan jual. 
Analisis teknikal digunakan untuk memperlihatkan kondisi harga saham dari kejadian yang terjadi. 
Harga saham banyak digerakkan oleh peristiwa makro sampai aksi korporasi. Namun, investor pemula sering merasakan kewalahan kalau harus mengolah semua informasi tersebut. Belum lagi ada faktor implisit yang tidak diketahui publik. 
Untuk itu, analisis teknikal bakal membantu untuk mengantisipasi berbagai pergerakan harga saham, 
Selain itu, dalam investasi saham ada yang namanya history repeats itself. Maksudnya, semua yang terjadi saat ini sudah pernah terjadi sebelumnya. 
History repeats itself terjadi karena respons manusia yang selalu sama dalam mengambil keputusan akibat dorongan fear and greed. 
Selain itu, pola pelaku pasar dalam memaknai kejadian makro dan mikro juga cenderung sama dalam jangka pendek maupun panjang. 
Jadi, peran analisis teknikal yang melihat harga dan volume transaksi secara historis bisa memberikan petunjuk berdasarkan pergerakan harga historis tersebut. 
Nah, dalam investasi saham, investor tidak harus memilih salah satu tipe analisis, tetapi bisa mengombinasikan keduanya. Soalnya, setiap analisis memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 
Ingin mempelajari cara analisis teknikal dan fundamental yang lengkap? kamu bisa mulai dari konten edukasi Emtrade.id berjudul TA 1: Apa dan Mengapa Analisis Teknikal? dan FA1. What & Why Fundamental Analysis
-N-
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi