Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-icon

Tips Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik

10 Feb 2022, 16:56 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Tips Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik sebelum masuk dan berinvestasi di dunia saham, sudah pasti harus mengetahui ‘kendaraan’ apa yang akan dipakai. Nah perusahaan sekuritas diibaratkan seperti kendaraan yang akan dipakai dalam berinvestasi tentunya.

Investor bisa sukses Ketika kendaraan yang dipakainya bisa ngebut dan stabil walaupun kendali ada di tangan kita sendiri.

Sebelum masuk lebih jauh. Ada baiknya mengerti dahulu konsep dasar dari sekuritas.


Apa sih sekuritas?

Kamus Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menuliskan, sekuritas adalah bukti utang atau bukti kepemilikan modal dalam bentuk surat berharga yang dapat diperdagangkan. Misalnya, saham, wesel, sertifikat deposito, obligasi, sampai rights atau opsi.

Sekuritas sendiri terbagi ke dalam dua jenis yakni sekuritas utang dan ekuitas.

Sekuritas utang adalah bukti kepemilikan utang dalam bentuk surat berharga yang memiliki tenggat waktu pembayaran seperti obligasi, sertifikat deposito, sampai kepada medium term notes.

Sementara jenis kedua adalah ekuitas. Ekuitas sendiri adalah bukti pemilikan pemegang saham terhadap suatu entitas. Misalnya saja perusahaan yang tercatat dalam akta.


Lalu apa itu perusahaan sekuritas?

Perusahaan sekuritas tertuang dalam UU Nomor 8 Tahun 1995. Di mana perusahaan sekuritas adalah pihak yang melakukan kegiatan usaha sebagai penjamin emisi efek, perantara perdagangan efek, dan/atau manajer investasi.

Sementara kamus OJK juga menuliskan perusahaan sekuritas pihak yang telah memperoleh izin dari OJK untuk bertindak sebagai Perantara Perdagangan Efek (Broker/Dealer), Penjamin Emisi Efek (Underwriter), atau kegiatan lain sesuai ketentuan Pengawas Pasar Modal.

Nah perusahaan sekuritas ini masuk ke dalam anggota bursa efek yang berlisensi dan berizin resmi untuk menjual dan membelikan saham dan perantara langsung bagi para investor. Perusahaan sekuritas juga memberikan rekomendasi saham atau efek mana yang harus dibeli maupun dijual.

Di dalam perusahaan sekuritas, ada beberapa profesi khusus. Misalnya Wakil Perantara Pedagang Efek yakni biasa disebut broker alias dealer yang disingkat WPPE. Broker atau dealer ini akan bertindak sebagai pihak yang mewakili kepentingan dari perusahaan efek terkait perdagangan efek tersebut.

Kemudian ada juga Wakil Penjamin Emisi Efek yang disebut juga sebagai underwriter. Ia akan mewakili kepentingan perusahaan efek untuk kegiatan terkait penjaminan efek seperti IPO atau Initial Public Offering (penawaran saham perdana di lantai bursa).

Serta yang ketiga adalah profesi Wakil Manajer Investasi di mana bertugas untuk mengelola portfolio efek nasabah berdasarkan perjanjian bilateral maupun individual yang diatur khusus dalam aturan pasar modal. Selain itu Wakil Manajer Investasi ini mengelola produk seperti portfolio investasi kolektif sekelompok nasabah.



Tips Memilih Perusahaan Sekuritas

Simak beberapa tips yang mudah dilakukan ini yaitu:


    1. Cek di IDX

Tak lain tak bukan, syarat utama memilih sekuritas adalah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Kita bersama bisa melihat daftarnya di https://www.idx.co.id/investor/perusahaan-sekuritas-di-kota-anda/


    2. Screening

Screening ini lebih tepatnya memeriksa rekam jejak dari perusahaan sekuritas tersebut. Dengan kata lain, ‘googling’ dulu apakah memang direkomendasikan banyak pihak dan memiliki rekam jejak yang memang bersih dari kasus kejahatan pasar modal.


3. Cek Cara Pembukaan Rekening, Setoran Awal, dan Biaya Transaksi

Lihat dulu bagaimana cara membuka rekeningnya. Di masa pandemi seperti ini sudah banyak perusahaan sekuritas yang memberikan kemudahan seperti melalui skema online.

Selain itu, sudah banyak perusahaan sekuritas yang memberikan kemudahan dengan setoran dana awal yang murah. Misalnyanya saja deposit awal hanya dengan Rp200.000 maka sudah dapat membuka rekening saham.

Selain itu perlu dilihat juga berapa biaya transaksinya. Jual-beli saham pasti akan ada fee transaksi, untuk itu cari yang memang murah. Untuk mengukur biaya transaksi ini sedikit contoh, biasanya 0,15% dari total pembelian untuk transaksi beli dan 0,25% untuk sekali transaksi jual


4.    Pertimbangkan Platform yang User Friendly & Skema Transaksi yang Mudah

Perusahaan Sekuritas rata-rata sudah memiliki aplikasi trading saham sendiri melalui website maupun aplikasi di ponsel (Play Store/Android dan Appstore/iOS). Perusahaan sekuritas biasanya memberikan trial atau uji coba dulu, untuk itu cari yang termudah dan tersimple untuk bertransaksi.


5. Data, Data, dan Data

Perusahaan sekuritas yang baik, akan memberikan data yang lengkap dan pastinya realtime. Data ini akan menjadi tolak ukur dalam membeli dan menjual saham. Untuk itu cari yang memberikan data realtime dengan Cuma-cuma baik itu saham, obligasi, hingga investasi pasar modal lainnya.

Jika ingin buka rekening saham, silakan isi data di www.ellen-may.com/investart

Anda akan dibantu oleh teman-teman dari sekuritas yang bekerja sama dengan kami untuk pembukaan rekening saham.


Demikianlah konten kami yang berjudul Tips Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik

Selamat Berinvestasi Saham!


(HP)


emtrade.id/disclaimer 




Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi