Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Pantai Indah Kapuk 2 Diresmikan Menjadi Proyek Strategis Nasional

25 Mar 2024, 11:18 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Pemerintah Indonesia secara resmi menetapkan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN). Pengumuman ini dibuat oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. PIK 2 yang dikembangkan oleh Agung Sedayu Group dan Salim Group, bersama dengan Bumi Serpong Damai (BSD) City dan 12 proyek lainnya, menjadi bagian dari Proyek Strategis Nasional 2024.


PSN sendiri adalah proyek-proyek infrastruktur prioritas yang ditetapkan pemerintah dengan tujuan mendorong pertumbuhan ekonomi dan infrastruktur yang inklusif dan berkelanjutan. Proyek-proyek ini mencakup berbagai sektor, mulai dari transportasi, energi, pariwisata, pendidikan, hingga teknologi. Dikutip dari website DJKN Kemenkeu, perbedaan utama proyek PSN dan proyek biasa adalah pada urgensi pengadaan proyek tersebut oleh Pemerintah. PSN akan mendapat perhatian lebih dari pemerintah agar proyek tersebut dapat segera diselesaikan dalam waktu yang lebih cepat.


Melalui PSN, pemerintah dapat memprioritaskan alokasi sumber daya dan investasi di area-area kritikal untuk mendukung visi pembangunan jangka panjang negara. Emiten atau perusahaan yang masuk ke dalam PSN berpotensi mendapatkan berbagai insentif, seperti akses pembiayaan yang lebih mudah, insentif pajak, dan prioritas pembangunan serta perizinan.


Figure 1. Lokasi Development PANI


Source : Google Earth


Luas area pengembangan PIK 2 mencapai lebih dari 6.000 hektar, terletak di bagian utara Jakarta-Banten dan menghadap langsung ke pantai. Proyek ini dimulai sejak tahun 2018 dan dikenal sebagai Kota Baru Jakarta. Dengan lebih dari 55.000 unit properti yang sedang dibangun area ini terdiri dari berbagai proyek seperti Manhattan, San Antonio, Bukit Danau Indah, Pantai Bukit Villa, Permata Golf, CBD PIK2, Osaka Residence, Tokyo Riverside Apartment, Menara Syariah, Aloha Pasir Putih, IDD, EDC, hingga Rumah Millennial.


Figure 2. Konektivitas PANI


Source : Company Presentation 


Proyek PIK 2 ini hanya berjarak 3 menit dari PIK 1 via jembatan, 7 menit ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta, 15 menit ke Pondok Indah, dan 30 menit menuju Sudirman dan Serpong & South Tangerang. Akses ini dipastikan akan menjadi lebih mudah dengan adanya rencana pembangunan jalan tol yang menghubungkan PIK 2 dan bandara dengan panjang sekitar 18 kilometer.


Selain itu, PIK 2 juga akan terhubung dengan jalur MRT fase 1 yang memiliki panjang 27.8 kilometer dan stasiun di Kota Tua yang berjarak 11 kilometer dari PIK.


Pengembangan "Tropical Coastland" menjadi salah satu destinasi utama di PIK 2 memberikan keindahan alami kawasan pantai yang dilengkapi dengan Kawasan Wisata Mangrove sebagai mekanisme tanggul pesisir secara alami. Proyek ini tidak hanya menargetkan untuk menjadi magnet bagi wisatawan, namun juga membuka peluang usaha dan investasi baru, menciptakan ribuan lapangan kerja, dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal serta nasional.


Investasi proyek diperkirakan mencapai Rp65 triliun dan diharapkan mampu menyerap tenaga kerja langsung sekitar 6.235 orang serta memberikan efek pengganda kepada 13.550 tenaga kerja lainnya. Keberadaan PIK 2 juga akan terintegrasi dengan Jalan Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg, yang pembangunannya telah dimulai pada tahun 2023.


Lalu, gimana potensi dan strategi trading saham Pantai Indah Kapuk? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.


-MNF-

Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi