Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Daftar Sektor Saham Berpotensi Cuan di Bulan Ramadan

28 Feb 2024, 16:49 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Tidak terasa, sudah kurang dari dua minggu menuju bulan Ramadan. Di momen ini biasanya dinamika pasar saham menawarkan peluang investasi yang menarik dengan sejumlah sektor yang berpotensi memberikan keuntungan. Perubahan pola konsumsi dan aktivitas ekonomi sering kali memberi dampak positif pada beberapa sektor tertentu. 


Dalam 3 tahun terakhir, bulan Ramadan banyak yang jatuh pada bulan April. Kemungkinan IHSG naik di bulan ini sebesar 100% dengan rata-rata kenaikan 1,34%.


Untuk itu, kali ini kita akan membahas deretan sektor saham yang berpotensi diuntungkan supaya bisa ambil ancang-ancang lebih awal. Ada apa saja? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Ritel

Sektor ritel biasanya mengalami peningkatan penjualan selama bulan Ramadan karena konsumen cenderung meningkatkan pembelian kebutuhan pokok dan barang konsumsi lainnya untuk persiapan bulan puasa dan hari raya Idul Fitri. 


Perusahaan seperti RALS, LPPF, MAPA, MAPI, AMRT, dan ERAA dapat diuntungkan karena peningkatan permintaan ini sering kali terakumulasi pada penjualan produk fesyen, makanan, dan barang kebutuhan sehari-hari.


Rata-rata pergerakan saham ritel selama bulan Ramadan 3 tahun terakhir:


Sumber: Berbagai sumber, data diolah

Consumer Goods

Perusahaan seperti INDF, ICBP, UNVR, dan MYOR berpotensi diuntungkan karena konsumen mencari berbagai produk untuk kebutuhan sahur, berbuka, dan persiapan makanan Lebaran. Produk-produk ini tidak hanya terbatas pada kebutuhan dasar tapi juga mencakup makanan siap saji, snack, dan minuman.


Perusahaan juga biasanya meningkatkan produksi dan distribusi mereka untuk memenuhi lonjakan permintaan. Adapun kampanye pemasaran dan promosi yang menarik menjelang Ramadan, termasuk penawaran khusus, bundling produk, dan aktivitas pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek dan loyalitas konsumen. 


Rata-rata pergerakan saham consumer goods selama bulan Ramadan 3 tahun terakhir:


Sumber: Berbagai sumber, data diolah

Poultry

Sektor poultry atau peternakan unggas termasuk JPFA, CPIN, dan MAIN, mendapat manfaat dari peningkatan konsumsi produk hewani, khususnya ayam, yang sering menjadi bagian penting dari menu berbuka puasa. 


Permintaan yang meningkat menjelang dan selama Ramadan sering kali mendorong harga produk unggas naik, yang dapat meningkatkan margin keuntungan bagi perusahaan-perusahaan ini.


Rata-rata pergerakan saham poultry selama bulan Ramadan 3 tahun terakhir:


Sumber: Berbagai sumber, data diolah

Perbankan

Perusahaan perbankan seperti BBCA, BBRI, BMRI, BBNI, dan BRIS dapat mengalami peningkatan aktivitas transaksi dan pembiayaan. Hal ini terjadi karena perusahaan dan masyarakat individu biasanya mempersiapkan kebutuhan modal untuk stok barang atau ekspansi ritel, serta meningkatnya transaksi konsumen selama bulan Ramadan.


Rata-rata pergerakan saham perbankan selama bulan Ramadan 3 tahun terakhir:


Sumber: Berbagai sumber, data diolah

Telekomunikasi

Sektor telekomunikasi, dengan perusahaan seperti TLKM, EXCL, dan ISAT, cenderung mendapat manfaat dari peningkatan traffic data. Selama Ramadan, penggunaan internet untuk streaming, sosial media, dan komunikasi sering kali meningkat, seiring dengan lebih banyak waktu yang dihabiskan orang di rumah atau dalam kegiatan sosial yang membutuhkan konektivitas digital.


Rata-rata pergerakan saham telekomunikasi selama bulan Ramadan 3 tahun terakhir:


Sumber: Berbagai sumber, data diolah

Lainnya

Selanjutnya ada saham-saham dari sektor lain seperti JSMR, BIRD, dan GOTO yang turut berpotensi diuntungkan selama bulan Ramadan. JSMR yang beroperasi di sektor jalan tol mungkin melihat peningkatan volume lalu lintas karena mudik Lebaran. BIRD yang bergerak di sektor transportasi online dan GOTO yang memiliki berbagai layanan, termasuk e-commerce dan transportasi, dapat mengalami peningkatan permintaan karena kebutuhan transportasi dan pembelian online yang meningkat selama bulan ini.


Rata-rata pergerakan saham telekomunikasi selama bulan Ramadan 3 tahun terakhir:


Sumber: Berbagai sumber, data diolah


Itu tadi adalah daftar sektor saham yang berpotensi cuan selama bulan Ramadan, beserta ulasan harganya secara historis. Perlu dicatat bahwa pergerakan harga saham di masa lalu tidak selalu mencerminkan pergerakan di masa mendatang.


Maka dari itu, jika kamu mau tahu saham apa saja yang saat ini cukup potensial, upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

BBRI Masih Nyaman di Level 4000-an, Apa yang Mesti Dilakukan Holder?

29 Apr 2024, 14:20 WIB
article
ArtikelInsight

Harga Nikel Cetak Rekor, Sahamnya Menyala

22 Apr 2024, 16:23 WIB
article
ArtikelInsight

Rupiah Ambruk ke Level Terendah Empat Tahun, Begini Korelasinya ke IHSG Secara Historis

17 Apr 2024, 11:51 WIB
article
ArtikelInsight

Seberapa Besar Dampak Konflik Timur Tengah yang Kian Memanas ke Pasar Saham?

16 Apr 2024, 10:54 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi