Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Ada Katalis Positif, Akankah Sektor Unggas Mengepakkan Sayapnya di Tahun Ini?

21 Feb 2024, 16:05 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Sektor poultry (unggas) mulai melihat potensi perbaikan kinerja di tahun ini. Hal ini seiring dengan sentimen positif yang meliputi. Salah satunya adalah turunnya harga jagung dan kedelai global yang bisa memangkas biaya produksi. 


Berdasarkan data Trading Economics, dalam sebulan terakhir, harga jagung sudah turun 5,99% ke level harga US$419/bushel. Penurunan harga jagung akan lebih terlihat pada April 2024 jika kondisi cuaca mendukung, tidak terlalu kering maupun lembab. Sementara itu, harga kedelai turun 4% dalam sebulan terakhir ke level harga US$1.117/bushel. 


Jagung dan kedelai merupakan bahan baku utama untuk pakan unggas. Penurunan harga kedua komoditas ini secara langsung mengurangi biaya produksi pakan, yang merupakan salah satu pengeluaran terbesar dalam industri unggas.


Dengan biaya input yang lebih rendah, perusahaan bisa menikmati margin keuntungan yang lebih baik. Ini berarti bahwa perusahaan dapat menjual produknya dengan harga yang kompetitif sambil tetap mempertahankan atau bahkan meningkatkan keuntungan.


Sejak November 2023, pemerintah tidak lagi mengeluarkan perintah untuk program culling atau pemusnahan unggas. Dilansir dari BCAS, rata-rata harga DOC (Day Old Chicken) pada Januari 2024 dilaporkan sebesar Rp3.140 (+79% MoM; +66% YoY), sementara harga rata-rata ayam broiler Rp17.601 (+1% MoM; +6% YoY). Kenaikan ini  menunjukkan adanya pemulihan harga dari titik terendah dalam setahun terakhir pada Desember 2023.


Pemulihan ini bisa meningkatkan margin keuntungan untuk sektor poultry, khususnya jika perusahaan berhasil mengelola biaya produksinya dengan efisien. Selain itu, juga dapat mengkompensasi penjualan di bawah biaya produksi seperti yang terjadi sebelumnya pada PT Japfa Comfeed Tbk (JPFA).


Perbaikan harga DOC dan broiler diprediksi akan berlanjut hingga bulan-bulan mendatang. Adapun faktor pendorongnya antara lain permintaan yang berpotensi naik di bulan Ramadan, bantuan sosial pemerintah yang akan berlanjut hingga Juni 2024, serta dampak dari program culling pada 2023.


Terkait apakah ke depan pemerintah akan kembali mengeluarkan instruksi culling lebih lanjut atau tidak, tampaknya masih akan wait and see sampai hasil pemilihan umum. 


Secara historis, valuasi saham JPFA dan CPIN sudah cukup mahal. Namun, jika dibandingkan secara sektoral, JPFA masih lebih murah dibandingkan dengan CPIN.


Bagaimana strategi trading untuk menangkap peluang dari saham poultry? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

SIDO Siap Catat Perbaikan Kinerja, Simak Potensi Dividennya

5 Apr 2024, 14:26 WIB
article
ArtikelInsight

Jelang Lebaran, Gimana Potensi dan Kinerja Emiten Poultry Secara Historis?

4 Apr 2024, 11:55 WIB
article
ArtikelInsight

Menakar Arah IHSG Jelang Lebaran

2 Apr 2024, 12:02 WIB
article
ArtikelInsight

Tersandung Kasus Korupsi, Begini Kinerja TINS Secara Historis

1 Apr 2024, 15:57 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi