Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

ISAT dan TLKM Kolaborasi Proyek Data Center, Cek Prospeknya di Sini!

9 Feb 2024, 16:40 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

PT Indosat Tbk (ISAT) baru saja mengumumkan kerja sama selanjutnya di bidang pusat data atau data center. Mengutip informasi dari Bisnis, ISAT akan memperkuat data center melalui kolaborasi dengan PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM). Kerja sama ini juga bertujuan untuk membantu Indonesia menjadi pemimpin dalam teknologi kecerdasan buatan (AI) dan cloud di dunia. 


Kedua perusahaan telekomunikasi ini telah memulai kerja sama strategis melalui anak perusahaan mereka di bidang data center, yaitu BDx Indonesia dan NeutraDC. 


BDx Indonesia, yang merupakan joint venture antara ISAT dengan PT Aplikanusa Lintasarta dan BDX Asia Data Center Holdings Pte. Ltd, didirikan pada tahun 2022. Di awal tahun 2024, BDx Indonesia mengakuisisi sekitar 40 data center milik ISAT yang terletak di berbagai kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Batam, Medan, Makassar, Bandung, dan Semarang.


Melalui kerja sama ini, ISAT dan TLKM setuju untuk berbagi infrastruktur data center untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan kolokasi. Mereka juga berencana membentuk ekosistem pertukaran antarjaringan internet yang memungkinkan pengguna mengakses berbagai layanan melalui satu arsitektur. 


Kedua perusahaan telah menentukan lokasi-lokasi prioritas untuk ekosistem ini yang memenuhi standar Tier 3 di berbagai kota besar Indonesia. NeutraDC dan BDx Indonesia akan mengelola beberapa pertukaran antarjaringan internet yang independen tapi saling menyediakan bantuan dan dukungan teknis. 


NeutraDC, anak perusahaan TLKM, memiliki data center hyperscale di Cikarang dan Batam serta data center enterprise di berbagai lokasi di Indonesia. NeutraDC dikenal sebagai penyedia data center hyperscale dengan standar global dan bersertifikasi Uptime Tier III & IV, melayani pelanggan global. 


Dengan adanya kemitraan strategis ini, TLKM berharap bisa memiliki kapasitas data center hingga lebih dari 1.256 megawatt pada tahun 2031, yang menandakan pertumbuhan tahunan rata-rata sebesar 33% dari tahun 2022 hingga 2031.

Dampak ke Kinerja Keuangan

Kerja sama strategis antara ISAT dan TLKM dapat memiliki beberapa dampak positif terhadap kinerja keuangan kedua perusahaan. Sebab, dengan menggabungkan sumber daya dan infrastruktur mereka, ISAT dan TLKM dapat meningkatkan kapasitas layanan data center mereka, yang dapat menarik lebih banyak pelanggan korporat dan ritel.


Pada akhirnya hal ini dapat meningkatkan pendapatan dari layanan data center terutama mengingat pertumbuhan permintaan untuk layanan cloud dan AI di Indonesia dan regional.


Di samping itu, kolaborasi ini memungkinkan kedua pihak untuk berbagi biaya operasional dan investasi infrastruktur, yang dapat meningkatkan efisiensi biaya dan margin keuntungan. Mengelola dan memelihara pusat data berskala besar memerlukan investasi yang signifikan, sehingga kerja sama dapat meminimalkan redundansi dan memaksimalkan penggunaan aset.


Seiring harapan jangkauan layanan ISAT dan TLKM menjadi semakin luas, termasuk layanan cloud, AI, dan solusi berbasis internet. Ini tidak hanya meningkatkan daya saing mereka tetapi juga memperkaya portofolio layanan yang dapat menawarkan nilai tambah bagi pelanggan.


Dengan demikian, kedua perusahaan dapat memperkuat posisi mereka di pasar telekomunikasi dan TI (Teknologi Informasi) di Indonesia. 


Lalu, mana yang lebih potensial untuk trading? ISAT atau TLKM? Bagaimana strateginya? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Jelang Lebaran, Gimana Potensi dan Kinerja Emiten Poultry Secara Historis?

4 Apr 2024, 11:55 WIB
article
ArtikelInsight

BEI Terapkan Mekanisme Full Call Auction, Simak Dampaknya ke Investor

26 Mar 2024, 12:18 WIB
article
ArtikelInsight

ADRO Punya Proyek EBT Jumbo, Begini Prospeknya

22 Mar 2024, 13:35 WIB
article
ArtikelInsight

Skema Right Issue INCO dan Proyek Jumbo yang Sedang Berlangsung

21 Mar 2024, 13:25 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi