Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Seberapa Besar Pengaruh Momen Imlek ke Kinerja Keuangan ANTM?

12 Jan 2024, 14:10 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) menargetkan penjualan emas sebanyak 35-37 ton pada tahun 2024. ANTM berharap akan ada peningkatan penjualan emas dari awal tahun hingga Februari 2024, sejalan dengan perayaan Imlek. 


Dalam rangka menyambut Imlek, beberapa produk emas batangan dengan tema Imlek untuk tahun 2024 diluncurkan. Contohnya seperti produk emas batangan Imlek Shio Naga, yang menjadi produk emas pertama dengan desain tiga dimensi di Indonesia. 


Meski harga emas sedang tinggi, ANTM tidak terlalu khawatir akan penurunan penjualan. Perseroan optimis emas adalah pilihan investasi yang aman dan bisa dijadikan alat perlindungan nilai atau hedging, yang artinya dapat dijual kembali dengan mudah bila dibutuhkan. Sehingga permintaan di pasar bisa tetap terjaga.


Sebagai informasi, harga emas dunia melonjak 6% YoY ke level harga saat ini di US$2.034 per troy ons. Sedangkan harga emas Antam hari ini naik Rp5.000 menjadi Rp1.124.000 per gram menurut data Antaranews.


Baca juga: Prospek Sektor Metals: Harga Emas Berpotensi Lanjut Reli, Gimana Nikel dan Tembaga?


Pertanyaannya adalah seberapa besar pengaruh Imlek terhadap keuangan perseroan pada kuartal pertama secara historis?


Sumber: Laporan keuangan perusahaan


Dalam lima tahun terakhir, hasil penjualan pada kuartal pertama justru kurang memuaskan. ANTM sering kali mencetak penurunan dari sisi penjualan mereka. Sehingga bisa disimpulkan bahwa katalis dari Imlek sebenarnya tidak berpengaruh signifikan ke penjualan perusahaan.


Meski begitu, rata-rata laba bersih menunjukkan peningkatan selama periode ini. Hal ini menandakan bahwa ANTM kerap melakukan sejumlah strategi seperti efisiensi, meningkatkan pendapatan non-operasional, dan sebagainya.


Kondisi laba bersih yang naik di kala penjualan menurun bisa menjadi sinyal positif jika laba bersih naik karena pengurangan biaya yang berkelanjutan dan tidak mengorbankan kualitas produk. Ataupun perusahaan beralih dari produk dengan margin rendah ke yang memiliki margin lebih tinggi serta melakukan efisiensi. 


Namun, apabila peningkatan laba bersih disebabkan oleh pendapatan non-operasional (seperti penjualan aset atau keuntungan dari investasi), ini mungkin tidak mencerminkan kesehatan operasional sebenarnya dari perusahaan.


Di sisi lain, per tanggal 31 Desember 2023, perusahaan telah menghabiskan dana sekitar Rp278,03 miliar untuk kegiatan eksplorasi ini. Fokus utama dari eksplorasi tersebut adalah pada pencarian dan pengembangan sumber daya emas, nikel, dan bauksit.


Kegiatan eksplorasi ANTM bertujuan untuk memastikan sumber daya dan cadangan mineral yang cukup guna mendukung strategi bisnis jangka panjang mereka. Khususnya, kegiatan eksplorasi nikel diarahkan untuk mendukung operasi yang berkelanjutan dan inisiatif pengembangan hilirisasi nikel oleh perusahaan. 


Jika eksplorasi berhasil menemukan cadangan baru atau memperluas cadangan yang ada, ini bisa meningkatkan nilai aset. Aset tambahan ini dapat meningkatkan daya saing dan posisi pasar ANTM. Adapun fokus khusus pada nikel memungkinkan ANTM untuk mengambil keuntungan dari tren hilirisasi, yang dapat meningkatkan nilai tambah dan margin keuntungan di masa depan.


Baca juga: Transaksi ANTM dan CBL untuk Megaproyek Baterai EV Selesai, Begini Prospeknya

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Laba Bersih ICBP Terkoreksi Efek Pembengkakan Beban Keuangan

2 Mei 2024, 17:20 WIB
article
ArtikelInsight

Performa Keuangan ASII di Kuartal I/2024 Menurun, Ini Penyebabnya

30 Apr 2024, 16:18 WIB
article
ArtikelInsight

BBRI Masih Nyaman di Level 4000-an, Apa yang Mesti Dilakukan Holder?

29 Apr 2024, 14:20 WIB
article
ArtikelInsight

Performa Keuangan UNVR Membaik, Gimana Efek Penarikan Es Krim?

26 Apr 2024, 15:09 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi