Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

ENRG Siapkan Capex Rp2,32 T untuk Akuisisi di 2024, Simak Potensinya di Sini

3 Jan 2024, 13:42 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Emiten migas yang tergabung dalam Grup Bakrie, PT Energi Mega Persada Tbk. (ENRG), terbuka tentang rencana besar mereka untuk akuisisi di tahun 2024. Dalam rangka rencana ini, ENRG telah menyiapkan belanja modal (capital expenditure/capex), yakni US$150 juta atau sekitar Rp2,32 triliun (nilai tukar Rp15.493 per dolar AS). 


Perseroan mungkin akan kembali membeli berbagai aset di bidang migas di tahun ini sebagai bagian dari strategi pengembangan perusahaan baik secara organik maupun anorganik. Akuisisi akan dilakukan apabila aset yang dimaksud sesuai dengan target dan strategi mereka, dengan tetap mempertimbangkan rencana dan kemampuan perusahaan.


Sepanjang tahun 2023, ENRG telah aktif melakukan akuisisi. Contohnya, pada bulan Juli 2023, melalui PT EMP Daya Nusantara (EDN) dan PT EMP Tunas Persada (ETP), ENRG berhasil mengambil alih 100% saham PT Sulawesi Regas Satu (SRGS). 


Selain itu, di tahun yang sama, ENRG juga mengakuisisi dua blok migas milik PT Pertamina Hulu Energi (PHE), yang mampu memproduksi sekitar 2.200 hingga 2.600 barel minyak setiap hari.


Per September 2023, ENRG sudah menggunakan sekitar US$93 juta dari anggaran belanja modalnya. Diperkirakan, hingga akhir tahun 2023, total belanja modal yang akan digunakan mencapai US$124 juta. 


Adapun capex yang disiapkan pada tahun 2024 difokuskan untuk kegiatan pengeboran. Hal ini dapat meningkatkan cadangan migas, yang pada gilirannya bisa meningkatkan output produksi. Hal ini dapat berkontribusi pada peningkatan pendapatan dan keuntungan jangka panjang.


Selain itu, akuisisi aset-aset baru di sektor migas dapat memperluas portofolio ENRG dan membantu dalam diversifikasi operasional. Sehingga dapat mengurangi risiko terkait dengan ketergantungan pada satu segmen atau area geografis tertentu.


ENRG juga bisa menjadi lebih kompetitif di industri migas, baik secara nasional maupun internasional.


Dari segi keuangan, hingga September 2023 penjualan ENRG turun 13,84% YoY menjadi US$296,39 juta. Namun, laba bersih masih mampu naik 3,52% YoY mencapai US$45,69 juta. Hal ini didorong oleh efisiensi beban pokok penjualan 4,02% YoY dan beban lain-lain 24,23% YoY.


Mau tahu prospek saham ENRG selengkapnya? Bagaimana strategi tradingnya agar profit semakin maksimal? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi