Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

ACES Catat Gross Sales Rp6,7 T per November 2023, Didorong Pertumbuhan SSSG

29 Des 2023, 13:17 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Hingga November 2023, emiten ritel PT Ace Hardware Tbk (ACES) melaporkan gross sales atau penjualan bruto sebesar Rp649 miliar yang didukung oleh kenaikan same store sales growth (SSSG) sebesar 7,6% YoY. Angka ini melebihi melebihi ekspektasi karena biasanya penjualan cenderung flat atau menurun pada November karena minimnya sentimen dan promosi. Namun, promosi ulang tahun selama 4 Oktober - 7 November 2023 berhasil menarik pelanggan. 


Pada bulan November, SSSG tumbuh 10%, melampaui kinerja Oktober 2023 sebesar 5,4% YoY. Kenaikan SSSG tertinggi tercatat di luar Jawa sebesar 12,8% YoY, diikuti oleh Jawa di luar Jakarta 11,3% YoY, sementara Jakarta mencatat SSSG terendah sebesar 2,7% YoY. 


Sekadar informasi, SSSG merupakan indikator untuk melihat prospek gerai apakah membawa dampak positif atau tidak terhadap penjualan perusahaan. SSSG kerap digunakan para analis dan investor untuk mengevaluasi jumlah total penjualan di suatu cabang toko yang telah beroperasi pada periode tertentu. 


Sehingga SSSG yang tumbuh positif menjadi tanda yang bagus karena itu artinya ada pertumbuhan penjualan dari cabang toko yang sudah ada maupun cabang toko baru yang sudah diperhitungkan.


Baca juga: Saham Ritel Unjuk Gigi, yang Mana Favorit Kamu?


Pertumbuhan gross sales dan SSSG ACES terjadi seiring dengan Indeks Penjualan Ritel (RSI) awal yang juga mencatat pertumbuhan positif pada November 2023, sebesar 5,2% YoY untuk komponen peralatan rumah tangga, pertama kalinya di tahun ini. 


Di sisi lain ACES baru saja meresmikan kembali cabang Ace Hardware terbesar di Indonesia, tepatnya di Plaza IBCC Bandung pada 12 Desember 2023. Toko ini juga sempat menawarkan berbagai promosi menarik hingga 25 Desember 2023, termasuk diskon hingga 70%. Dengan demikian bisa semakin menopang profitabilitas perusahaan.


Untuk Desember 2023, ACES mengklaim akan melampaui panduan penjualan tahunan 2023 yang ditetapkan sebesar 6,5% YoY. Untuk memberikan konteks, sebelum terjadinya pandemi (2017–2019), SSSG ACES di bulan Desember selalu mengalami pertumbuhan dua digit, dengan rata-rata pertumbuhan tahunan sebesar 12,5% YoY. Kenaikan SSSG yang signifikan ini berpotensi berkontribusi positif terhadap peningkatan penjualan dan laba bersih ACES.


Baca juga: Bocoran Saham Ritel yang Valuasinya Terdiskon, Kamu Harus Tahu!


Lalu, apakah saham ACES saat ini cukup menarik untuk buy? Cari tahu jawabannya dengan upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi