Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Ketegangan di Laut Merah, Rute Utama Perdagangan Global

21 Des 2023, 13:36 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Laut Merah adalah satu-satunya rute ke Terusan Suez yang menghubungkan Asia/China/India dan Eropa (figure 1), Sekitar 12% perdagangan global melewati Terusan Suez, mewakili 30% dari seluruh lalu lintas kontainer global, dan lebih dari $1 triliun barang per tahun, serta sekitar 7 juta barel minyak per hari melewati Laut Merah, ini menjadikan Laut Merah dan Terusan Suez sebagai rute utama perdagangan global. 


Figure 1. Lokasi Strategis Laut Merah


Source : Google Maps, Emtrade

Serangan di Laut Merah dilakukan oleh kelompok Houthi yang berada di Yaman, ini merupakan akibat dari ketegangan antara Israel dan Hamas, meskipun bukan pertama kalinya melakukan serangan, namun mereka belum pernah menargetkan tanker dan kapal kargo sebanyak ini, beberapa kapal mengalami kerusakan tetapi belum ada yang tenggelam dan belum ada laporan kerusakan besar (figure 2), namun ini meningkatkan ketegangan dan kekhawatiran perusahaan-perusahaan transportasi global. Perusahaan besar A.P. Moller-Maersk A/S menghentikan pelayaran melalui rute Laut Merah dan mengirim kapal-kapalnya melalui rute memutar di sepanjang pantai Afrika melalui Cape Town di Afrika Selatan, pengalihan rute ini berarti cost pengiriman yang lebih tinggi dan waktu pengiriman yang lebih lama (figure 3). 


Figure 2. Lokasi Serangan



Figure 3. Rute Memutar via Afrika Selatan
Source : Google Maps, Emtrade

Dampaknya, ketika perusahaan BP yang bergerak dalam industri minyak dan gas mengumumkan penghentian sementara pengiriman melalui Laut Merah pada 18 Desember, harga gas alam di Eropa melonjak hingga 13%, menandakan kekhawatiran pasar bahwa pasokan energi bisa terganggu, sanksi dari Amerika Serikat dan Eropa terhadap Rusia telah menjadikan Laut Merah semakin penting untuk perdagangan global, karena Russia saat ini menjual sebagian besar petroleumnya ke Asia, sehingga negara-negara Eropa cenderung membeli gas alam dari Asia sebagai pengganti supply dari Russia. 


Kenaikan Biaya Pengiriman. Biaya pengiriman kontainer 40ft dari Shanghai ke Rotterdam melonjak 44% tetapi tetap jauh di bawah level pada tahun 2021 dan 2022 selama pandemi terjadi. Tarif pengiriman dari Asia ke Mediterania dan Eropa juga meningkat, tarif untuk rute yang melalui Terusan Suez pada hari Minggu adalah $2,414 untuk kontainer 40ft naik 62% sejak akhir November (figure 4).


Figure 4. Grafik Harga Pengiriman Kontainer dari Asia


Dampak ke Pasar Saham. Hal ini menjadi katalis positif bagi emiten-emiten dari sektor transportasi laut, contohnya SMDR dan TMAS yang mengalami kenaikan harga 20%-30% dalam 2 hari selama 20-21 Desember 2023, namun perlu diketahui bahwa potensinya katalis ini hanya menjadi katalis jangka pendek, karena negara-negara seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Canada sudah berencana mengirimkan militernya ke Laut Merah.


Lalu, gimana potensi dan strategi trading saham saham pelayaran? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.


-MNF-


emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.

Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi