Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Menelisik Potensi Ekonomi Makro di 2024: Inflasi, Suku Bunga AS, dan Ekonomi China

16 Des 2023, 12:19 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Trend Global 2024. Banyak lembaga global berpendapat sama, ada kekhawatiran yang meningkat tentang output ekonomi dunia di tahun mendatang yang merupakan efek dari tren suku bunga tinggi di banyak negara. Bank Dunia juga menjelaskan potensi meluasnya efek perlambatan konsumsi dan investasi di China selama 2024. 


Pengaruh Konsumsi China Terhadap Pertumbuhan GDP



Perlambatan konsumsi muncul dari lonjakan tingkat pengangguran. Ini akan berakibat pada penurunan yang cukup besar sebesar 0,5 poin persentase dalam pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) tahunan Cina yang berpotensi akan meluas. Mengingat peran China sebagai mitra dagang utama Indonesia, maka efek gelombang akan dirasakan dalam PDB Indonesia, yang diprediksi akan menurun sebesar 0,1 poin persentase.


Di sisi lain Federal Reserve memperkirakan inflasi mencapai target 2% pada 2025. Terkait suku bunga AS, ada potensi penurunan suku bunga dipercepat karena saat ini probabilitas penurunan ekonomi AS meningkat. Namun, jika anggota Federal Open Market Committee (FOMC) menilai adanya soft landing, maka potensinya suku bunga akan berada di level yang tinggi dalam waktu yang lebih lama.


US Core Inflation dalam trend turun


Fokus Risiko yang Berubah. Penanganan Inflasi dengan cara menaikan suku bunga terlihat sudah mulai selesai. Begitu juga di seluruh dunia. Akan tetapi fokus risiko berubah dari yang sebelumnya inflasi menjadi perlambatan pertumbuhan ekonomi, yang pada akhirnya dapat  membuat pasar keuangan menjadi lebih tidak stabil. Hal ini sebenarnya merupakan efek domino dari tingginya tingkat suku bunga, maka dalam fase kedua ini kebijakan fiskal diharapkan menjadi kunci perbaikan dengan cara memberikan likuiditas (bantuan/subsidi) untuk mempertahankan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Kenaikan Suku Bunga AS dalam 10 Tahun Kebelakang


Penurunan Suku Bunga untuk Mendorong Pertumbuhan. Meskipun pertumbuhan konsumsi melambat, ekonomi Indonesia diharapkan masih tumbuh 5% pada 2024. Di sisi lain ada potensi penurunan suku bunga pada Q2 2024. Jika suku bunga Fed dipotong pada waktu yang sama, ini bisa memberikan kesempatan bagi Rupiah untuk stabil, untuk saat ini suku bunga Bank Indonesia ada di level 6% sedangkan suku bunga The Fed ada di level 5.5%, hal ini menjadi salah satu pendorong penguatan rupiah karena posisi suku bunga Bank Indonesia lebih tinggi dari The Fed. Bank sentral di beberapa negara diantaranya Federal Reserve (Fed), Bank Sentral Eropa (ECB), Bank of Japan (BoJ), dan Bank of England (BoE) menyatakan tren kenaikan suku bunga berpotensi berakhir pada Q4 2024 walaupun tetap terbuka untuk meninjau kembali penyesuaian suku bunga berdasarkan data ekonomi yang ada.


Outlook Bank Sentral Besar di 2024



Ketahanan Ekonomi Nasional. PDB Indonesia berpotensi stabil di angka 5%. Penggerak utama pertumbuhan ini adalah konsumsi rumah tangga nasional yang tinggi. Adapun faktor pemilu yang bisa menjadi angin segar pertumbuhan ekonomi, walaupun jika dilihat dari segi investor ada potensi wait and see hasil pemilu.


Tren Konsumsi kembali ke sebelum pandemi



Angin segar juga datang dari tren konsumsi rumah tangga nasional yang kembali ke level sebelum pandemi pada Q3 2023. Dengan kondisi seperti ini, inflasi pada 2024 kemungkinan akan mencapai 3,1% pada akhir tahun. Angka tersebut masih dalam perkiraan Bank Indonesia di level 3+-1%, level 3,1% ini merupakan angka rata-rata inflasi dalam 5 tahun kebelakang.


Trend 5 Tahun Inflasi Indonesia



Risiko Utama 2024. Ada 3 faktor risiko utama di 2024 antara lain kelangkaan makanan seperti beras dan cabai yang berpotensi meningkatkan inflasi, kenaikan harga komoditas global, serta peningkatan permintaan di momen hari raya seperti Idul Fitri.


Lalu, gimana potensi dan strategi trading menanggapi kondisi ekonomi di 2024? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.


-MNF-

Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi