Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Resmi! TikTok Investasi Rp23 Triliun di Tokopedia, Apa Efeknya?

11 Des 2023, 15:33 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Menurut siaran pers 11 Desember 2023, PT Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mengumumkan bahwa bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah Tokopedia. Di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh Tokopedia. 


Dalam hal ini, TikTok berinvestasi pada Tokopedia senilai lebih dari US$1,5 miliar atau Rp23,25 triliun (kurs Rp15.500 per USD).


Transaksi tersebut terdiri dari:

  •  Investasi TikTok sebesar US$840 juta atau Rp13,2 triliun yang akan digunakan untuk mengambil bagian dan membayar secara penuh atas saham baru yang akan dikeluarkan oleh Tokopedia.

  • Tokopedia akan menerima Promissory Note dari TikTok sebesar US$1 miliar atau setara Rp15,7 triliun yang dapat digunakan untuk kebutuhan modal kerja di masa mendatang.

  • Tokopedia akan melakukan pembelian aset berupa kontrak bisnis dan hak eksklusif untuk memiliki dan mengoperasikan TikTok Shop di Indonesia dari TikTok dengan nilai pembelian sejumlah US$340 juta atau Rp5,3 triliun.


Dengan demikian kepemilikan GOTO di Tokopedia otomatis akan terdilusi dari 99,99% menjadi 24,99%. Hal ini dikarenakan TikTok membeli sebanyak 75,01% saham tokopedia. Adapun kepemilikan GOTO tidak akan mengalami pengurangan lebih lanjut melalui pendanaan yang diberikan oleh TikTok di masa mendatang kepada Tokopedia.


Diharapkan transaksi ini akan diselesaikan pada kuartal I/2024. Kerjasama yang dilakukan TikTok dan Tokopedia merupakan bagian dari strategi GOTO untuk memperkuat posisi keuangan dan perluasan cakupan pasar (total addressable market).


Selanjutnya akan dibentuk komite yang akan memfasilitasi transisi dan integrasi. Komite ini akan dipimpin oleh Patrick Walujo, dengan dukungan dari perwakilan PT Tokopedia dan TikTok.


Kerjasama ini akan dimulai dengan periode uji coba yang akan dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait. Program yang akan diperkenalkan selama periode uji coba ini adalah kampanye Beli Lokal, yang akan dimulai pada 12 Desember 2023, bersamaan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). 


Kampanye Beli Lokal akan hadir di aplikasi Tokopedia dan TikTok yang akan mempromosikan berbagai jenis merchant, terutama fokus pada produk-produk asli Indonesia. Program Beli Lokal di aplikasi TikTok memungkinkan penggunanya untuk berbelanja dan berinteraksi dengan produk-produk lokal.


Dengan penggabungan kedua bisnis tersebut, lebih dari 90% merchant adalah pelaku UMKM. Ke depannya, TikTok, Tokopedia, dan GOTO akan memberikan berbagai macam program pendukung untuk UMKM, termasuk meningkatkan jutaan lapangan pekerjaan baru dalam lima tahun mendatang.


Di sisi lain, GOTO akan menerima pendapatan berkelanjutan melalui pembagian pendapatan (revenue sharing) dari Tokopedia, sejalan dengan skala dan pertumbuhan Tokopedia. Namun, persentase pembagian pendapatan tersebut tidak diungkapkan.


Baca prospek selengkapnya di artikel berikut ini.


Baca juga: TikTok Gandeng Tokopedia, Bakal Jadi E-Commerce Terbesar di Indonesia?


Lalu, apakah saham GOTO saat ini cukup menarik? Bagaimana strategi tradingnya? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.


PROMO join/perpanjang VIP Emtrade 12 bulan, bonus 10 bulan, total dapat 22 bulan membership. Terbatas hanya sampai 12 Desember 2023!



Tap di sini untuk klaim promonya sekarang

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Jelang Lebaran, Gimana Potensi dan Kinerja Emiten Poultry Secara Historis?

4 Apr 2024, 11:55 WIB
article
ArtikelInsight

BEI Terapkan Mekanisme Full Call Auction, Simak Dampaknya ke Investor

26 Mar 2024, 12:18 WIB
article
ArtikelInsight

ADRO Punya Proyek EBT Jumbo, Begini Prospeknya

22 Mar 2024, 13:35 WIB
article
ArtikelInsight

Skema Right Issue INCO dan Proyek Jumbo yang Sedang Berlangsung

21 Mar 2024, 13:25 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi