Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Menilik Peluang Pemulihan Kinerja SIDO di Kuartal 4, Apa Saja Pendorongnya?

5 Des 2023, 15:55 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Emiten produsen Tolak Angin PT Sido Muncul Tbk (SIDO) tampaknya mulai melihat peluang pemulihan pada penghujung tahun 2023. SIDO mengharapkan peningkatan positif pada kuartal IV/2023 didorong oleh perbaikan konsumsi masyarakat sebagai dampak dari pencairan bantuan sosial pemerintah serta normalisasi harga beras.


Perbaikan dari sisi belanja masyarakat juga didukung beberapa data perekonomian terbaru. Misalnya seperti Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) untuk bulan Oktober mengalami kenaikan menjadi 124,3, sementara peredaran uang M2 pada bulan yang sama juga meningkat sebesar 3,4% YoY menjadi Rp8.440 triliun. Hal ini berpotensi mendorong aktivitas perekonomian.


Selain itu, cuaca kemarau yang kian mereda pada kuartal IV/2023 menjadi faktor pendukung lain yang sekiranya dapat mendongkrak penjualan SIDO. Masuknya musim penghujan berpotensi meningkatkan penjualan produk-produk SIDO terutama Tolak Angin. Sekadar informasi, penurunan penjualan pada kuartal sebelumnya selain karena faktor daya beli masyarakat, juga karena cuaca yang kurang menguntungkan, yakni kemarau. 


Dengan dimulainya musim penghujan, harapannya panen tebu bisa pulih dan harga gula bisa turun. Sehingga ini tidak akan terlalu membebani SIDO. Di mana, kurang lebih 10% dari beban pokok penjualan berasal dari gula.


Kemudian pembelanjaan terkait kampanye pemilu juga berpotensi mendorong pemulihan SIDO di akhir tahun. Terlebih lagi, jika pemilu presiden berlangsung selama dua putaran, mengingat ada lebih dari 2 pasangan capres-cawapres.


Adapun biasanya SIDO menerapkan kenaikan harga di kuartal IV, yang kemudian mendorong distributor untuk menimbun produk. Perusahaan juga menyatakan bahwa penjualan di bulan Oktober meningkat 15%. Sehingga ada peluang kinerja secara top line yang lebih baik pada kuartal IV/2023, dengan perkiraan analis tumbuh 34% QoQ menjadi Rp949 miliar.


Meski begitu, panduan FY23 masih sama seperti sebelumnya, di mana SIDO memperkirakan penjualan dan laba bersih akan turun 10%. Proyeksi penurunan disebabkan oleh inflasi tinggi dalam setahun terakhir di tengah UMP yang naik moderat. Sehingga konsumsi masyarakat masih terbatas.


Untuk FY24, manajemen SIDO belum memberikan guidance yang konkret karena belum memfinalisasi anggaran tahunan. Namun, analis memberikan proyeksi kenaikan moderat sebesar 5% pada penjualan tahun 2024, efek perbaikan permintaan.


Baca juga: Pemilu Semakin Dekat, Apa Saja Saham yang Berpotensi Diuntungkan?

Sekilas Kinerja Keuangan 9M23

Per September 2023, laba bersih SIDO turun 18,47% menjadi Rp586,57 miliar. Hal ini dikarenakan penjualan perseroan terkoreksi 9,68% menjadi Rp2,36 triliun. 


Penyebabnya adalah penjualan seluruh segmen yang turun imbas lemahnya daya beli masyarakat dari lonjakan harga beras yang lebih dari 20%, Sehingga hal ini menyebabkan permintaan terhadap produk kesehatan konsumen tetap lemah karena pelanggan menjadi lebih selektif dalam prioritas pembelian mereka


Rinciannya, jamu herbal dan suplemen turun 12,13% menjadi Rp1,45 triliun, makanan dan minuman turun 2,61% menjadi Rp820,39 miliar, serta farmasi turun 25,43% menjadi Rp85,41 miliar.


Di sisi lain, SIDO juga mengalami pembengkakan beban penjualan dan pemasaran sebesar 6% dan beban lain Rp2,27 miliar (vs pendapatan lain-lain Rp24,16 miliar pada 9M22).


Meskipun kinerja pendapatan mengalami penurunan, SIDO memilih untuk terus ber pada investasi iklan dan promosi yang mengakibatkan biaya penjualan meningkat sebesar 8%. Ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek dan pangsa pasar. Dalam hal ini, pangsa pasar merek 'Tolak Angin' berhasil meningkat sebesar 2%, mencapai level 73% pada 9M23 (vs 71% pada 9M22).


Baca juga: Daya Beli Masyarakat Turun, Kinerja SIDO Kena Imbasnya


Lalu, bagaimana strategi trading saham SIDO? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

ACES: Diakumulasi Investor Kakap Hingga SSSG Kembali Tumbuh Positif

20 Feb 2024, 16:33 WIB
article
ArtikelInsight

Keluar dari MSCI, Indeks FTSE Siap Tampung CUAN

19 Feb 2024, 14:10 WIB
article
ArtikelInsight

Unboxing Saham Terkait Program Prabowo-Gibran, Seberapa Diuntungkan?

16 Feb 2024, 16:33 WIB
article
ArtikelInsight

Dukung Prabowo-Gibran, Intip Kinerja Emiten Thohir Bersaudara

15 Feb 2024, 16:19 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi